Blog

Agar Hidup Lebih Teratur, ini Cara Mengatur Waktu dengan Baik!

danain-Cara mengatur waktu dengan baik-gambar orang di pantai

Cara mengatur waktu dengan baik

Setiap manusia diberikan waktu yang jumlahnya sama di dunia ini. Jadi, jangan pernah beranggapan bahwa kamu tidak punya waktu untuk mengejar impian atau mengerjakan sesuatu hal. Dalam kesempatan ini, kami akan membeberkan cara mengatur waktu dengan baik agar hidup jadi lebih teratur.

Memanfaatkan dan mengelola waktu dengan baik punya sederet manfaat yang luar biasa. Di antaranya sebut saja bisa meningkatkan reputasi diri, menghindari stres, meminimalisir terjadinya masalah, hingga meningkatkan kedisiplinan.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengatur waktu dengan baik? Berikut kami bocorkan kuncinya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

Tentukan prioritas

Cara mengatur waktu dengan baik yang pertama adalah dengan menentukan prioritas. Buatlah daftar pekerjaan berdasarkan kategori. Jika sudah, kerjakan terlebih dulu yang sifatnya mendesak. Setelah itu, lanjutkan pekerjaan lain yang lebih mudah, sehingga waktumu jadi lebih tertata.

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Bagaimana Cara Memanfaatkan Waktu dengan Baik agar Hidup jadi Lebih Bermakna?

Susun rencana yang ingin dilakukan

Setelah menentukan prioritas, susunlah rencana atau kegiatan selanjutnya yang ingin dilakukan. Hal ini penting agar aktivitas kamu lebih terarah. Contoh, setelah menyelesaikan tugas A, kamu bisa lanjutkan mengerjakan tugas B, C, dan seterusnya.

Fokus pada yang dilakukan

Kunci sukses mengatur waktu tak hanya terletak pada jadwal yang telah disusun, melainkan juga butuh sikap fokus dan niat yang tinggi. Tanpa kedua hal itu, rencana yang ditelah dibuat tak akan berjalan dengan maksimal. Fokus artinya tertuju pada hal yang diutamakan, sementara niat berarti kemauan untuk melakukan kegiatan yang sudah ditentukan.

Mendisiplinkan diri

Agar sukses mengatur waktu, kamu perlu mendisiplinkan diri sendiri. Terkadang, banyak orang menunda-nunda pekerjaan, sehingga pekerjaan jadi menumpuk dan menimbulkan stres. Hindari hal tersebut, cobalah untuk disiplin diri dengan mengerjakan pekerjaan sesuai jadwal!

Berani katakan tidak untuk hal tidak penting

Saat ada teman yang mengajak main, kamu mungkin akan merasa tidak enak dan sungkan untuk menolaknya. Namun demikian, kamu harus berani katakan ‘tidak’ untuk hal-hal yang bukan prioritas. Ingat, jangan pernah buang waktumu untuk sesuatu yang tidak penting!

Baca juga: CEO Apple: Jangan Buang Waktu Urusi Masalah Orang Lain jika Ingin Sukses

Hindari sikap overthinking

Cara mengatur waktu dengan baik berikutnya adalah dengan menghindari sikap overthinking. Seringkali, overthinking akan menghambat kamu dalam melakukan pekerjaan. Beban kerja yang sudah ada di depan mata kadang kala jadi terbengkalai karena terlalu banyak memikirkan hal-hal yang seharusnya tidak perlu dipikirkan.

Poin penting dalam hal ini, buanglah jauh-jauh semua hal negatif yang mengganggu pikiran kamu. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan.

Jaga pola hidup sehat

Untuk memaksimalkan waktu yang dimiliki, kamu harus punya tubuh yang sehat dan tidak mudah sakit. Karena itu, penting bagi kamu untuk menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian. Istirahatlah dengan cukup dan selalu konsumsi makan bergizi. Tubuh yang sehat akan memberikan kekuatan maksimal untuk menghadapi beban pekerjaan.

Ya, itulah sederet cara mengatur waktu dengan baik yang bisa kamu terapkan. Ingat, mengatur waktu bisa dilatih dan ditanamkan sejak dini. Jika rutin dilakukan, kebiasaan mengatur waktu akan berdampak positif untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

Baca juga: Wajib Tahu, ini Cara Agar Usaha Maju dan Berkembang dari Waktu ke Waktu!

Selain itu, hargailah waktu yang kamu punya, sebab waktu tak bisa diulang. Jangan pernah habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, seperti bermalas-malasan atau sibuk bermain gadget.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply