Semua orang tentu akan merasakan yang namanya masa pensiun. Karena itu, penting bagi siapapun untuk mempersiapkan masa tersebut sebaik dan semaksimal mungkin. Satu hal yang paling utama adalah terkait dana pensiun.

Bicara pensiun, ada fakta menarik yang perlu Anda tahu. Natixis Investment Managers telah melakukan riset terkait pensiun di berbagai negara berdasarkan keuangan, kesejahteraan materi, kesehatan, dan kualitas hidup. Hasilnya, mereka menemukan 10 negara yang memiliki jaminan pensiun terbaik di dunia.

Menurut wakil presiden eksekutif strategi pensiun di Natixis Investment Managers Ed Farrington, negara-negara yang masuk dalam daftar tersebut memiliki kesamaan satu sama lain. Mereka punya ketimpangan pendapatan yang rendah, layanan kesehatan yang memadai, serta program sosial yang tergolong kuat.

Baca juga: Pensiun di Usia Muda, Kenapa Tidak? Ini Trik Cerdas agar bisa Bahagia Meski Sudah Tak Lagi Bekerja!

Di sini, Amerika Serikat yang masuk kategori negara maju tidak termasuk di dalamnya. Negeri Paman Sam tersebut diklaim memiliki kesenjangan pendapatan yang lebar, biaya kesehatan yang tinggi, serta sulit untuk bisa menemukan tempat yang aman bagi para pensiunan. Demikian dilansir CNBC.

Berikut 10 negara dengan jaminan pensiun terbaik di dunia, menurut Natixis Investment Managers:

#10 Belanda

Skor global retirement index: 76%

#9 Kanada

Skor global retirement index: 77%

#8 Denmark

Skor global retirement index: 77%

#7 Irlandia

Skor global retirement index: 77%

#6 Australia

Skor global retirement index: 78%

#5 Selandia Baru

Skor global retirement index: 78%

#4 Swedia

Skor global retirement index: 78%

#3 Norwegia

Skor global retirement index: 81%

#2 Islandia

Skor global retirement index: 84%

#1 Swiss

Skor global retirement index: 84%

Sebagai informasi, pemeringkatan tersebut dilakukan Natixis dengan menggabungkan skor kategori. Sayang, seperti halnya Amerika, Indonesia pun tidak masuk dalam daftar negara dengan jaminan pensiun terbaik.

 

Fakta pensiun di Indonesia

Di Indonesia, rata-rata usia pensiun seseorang umumnya berada di angka 55 hingga 60 tahun. Sementara di Amerika Serikat 63 tahun, China 55 tahun, Uni Emirat Arab 47 tahun, dan Norwegia 67 tahun. Di sisi lain, terjadi peningkatan usia rata-rata pensiun di seluruh dunia. Alasannya, masyarakat cenderung semakin sehat dan hidup lebih lama.

Fakta lain menyebutkan, hanya sedikit masyarakat Indonesia yang peduli akan dana hari tua. Sebagian besar seolah tak mau tahu akan hal itu. Mereka cenderung beranggapan bahwa dana pensiun bisa dikumpulkan saat mendekati masa pensiun. Anggapan tersebut sejatinya salah besar, sebab dana pensiun akan lebih baik jika dipersiapkan sejak masih muda.

Banyaknya masyarakat yang menyepelekan dana hari tua bisa dibilang sangat mengkhawatirkan, sebab hal tersebut bisa membuat angka kemiskinan, terutama pada kalangan lanjut usia, di Indonesia makin meningkat. Padahal, salah satu indikator kemajuan sebuah negara adalah jika warganya terbiasa mempersiapkan dana pensiun sejak muda dan mampu membiayai masa tuanya dengan mandiri.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih produktif, tak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan dana pensiun sesegera mungkin. Ingin tahu cara mudahnya? Baca: Dana Pensiun itu Penting, Persiapkan Sedini Mungkin dengan Cara Mudah Ini!

Begitu pun jika Anda ingin memutuskan untuk pensiun dini. Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dan lakukan sebelum masuk ke tahap tersebut. Selengkapnya, baca: Ingin Pensiun Muda? Sederet Hal ini Penting untuk Kamu Persiapkan dan Lakukan!

Ingat, jangan pernah menyusahkan anak-cucu ketika masa pensiun nanti. Jadilah pribadi yang mandiri tanpa bergantung pada orang lain. Dengan mempersiapkan dana pensiun dengan matang, hari tua Anda pun akan sejahtera.