Blog

Tingkat Korupsi Rendah, Bagaimana Keadaan Ekonomi Penduduk Singapura?

danain-keadaan ekonomi penduduk Singapura-gambar bendera Singapura

Keadaan ekonomi penduduk Singapura

Singapura dikenal sebagai salah satu negara kecil yang maju dan memiliki persentase korupsi paling rendah dibanding negara ASEAN lain. Lantas, bagaimana keadaan ekonomi penduduk Singapura?

Sudah bukan rahasia lagi jika Singapura merupakan salah satu negara tetangga yang maju. Bahkan menurut data, ekonomi Singapura adalah salah satu yang paling kuat di Asia. Tak heran jika hal tersebut membuat Singapura sering mendapat julukan sebagai negeri Macan Asia.

Di tahun 2021 kemarin saja, negara kecil ini berhasil mencetak pertumbuhan ekonomi yang melebihi ekspektasi, yakni mencapai angka 7,1 persen. Hasil tersebut diperoleh Singapura setelah perjuangan panjang menghadapi resesi akibat pandemi yang sempat membuat ekonomi Singapura minus hingga 5,4 persen.

Lantas, dengan pertumbuhan ekonominya yang semakin melambung tinggi, bagaimana keadaan ekonomi penduduk Singapura sekarang?

Kondisi Ekonomi Penduduk Singapura Sekarang

Sejak bangkitnya kondisi perekonomian negeri Merlion itu, banyak industri yang semula terhambat kini mulai kembali beroperasi. Sebagai informasi, mayoritas penduduk Singapura bekerja dalam bidang industri pabrik dan jasa.

Baca juga: Kerap Ditanyakan, Apa itu Restrukturisasi Kredit dalam Dunia Ekonomi?

Tak hanya itu, Singapura juga dikenal sebagai salah satu negara yang mengandalkan sebagian besar pendapatannya dari sektor pariwisata. Sehingga meredanya pandemi virus corona sangat berdampak pada kemajuan industri bangsa mereka dari berbagai lini.

Bagaimana keadaan ekonomi penduduk Singapura sekarang pun perlahan terus mengalami peningkatan. Sejak kuartal awal tahun 2021 lalu, pertumbuhan ekonomi negara kecil ini sudah menunjukkan indikasi ke arah yang positif.

Hal ini didukung dengan kebijakan pemerintah Singapura yang cukup progresif dalam menghadapi kasus COVID-19. Bahkan, berdasarkan data yang rilis pada Agustus 2021 lalu, sebanyak 80 persen penduduk Singapura sudah divaksin seluruhnya.

Sektor Perekonomian Singapura

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh World Bank, sebanyak 17 persen penduduk Singapura menggantungkan hidupnya dengan bekerja di sektor industri atau pabrik. Sedangkan 12,4 persen yang lain bekerja dalam sektor jasa. Angka tersebut diperkirakan akan terus mengalami kenaikan seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk di negara itu.

Baca juga: 6 Contoh Ekonomi Kreatif yang Bisa Dilakukan oleh Kaum Milenial

Berikut beberapa bidang industri yang cukup berpengaruh untuk ekonomi Singapura:

  1. Pariwisata

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, salah satu sumber pemasukan negara ini sebagian besar berasal dari sektor pariwisata. Hal ini didukung dengan lokasi Singapura yang strategis serta menjadi pusat perdagangan.

Menurut data terbaru, sektor pariwisata di Singapura termasuk salah satu yang paling maju, bahkan hingga menduduki peringkat ke-5 di kancah internasional.

  1. Perbankan

Tak hanya jadi pusat perdagangan, Singapura juga turut menjadi pusat keuangan di Asia Tenggara. Jadi, jangan heran jika sektor perbankan di Singapura juga cukup menjamur dan maju.

  1. Elektronik

Salah satu komoditas ekspor utama Singapura adalah barang-barang elektronik. Industri yang bergerak di bidang ini menyumbang lebih banyak devisa untuk negara melalui aktivitas ekspornya yang cukup progresif.

Baca juga: Jangan Terlalu Panik, Resesi Bukan Krisis Ekonomi!

Menariknya, meskipun Singapura termasuk negara maju dengan segudang pencapaiannya yang brilian, namun negara tetangga kita ini tidak memiliki banyak sumber daya alam. Alhasil, Singapura juga banyak mengimpor barang-barang dari negara lain, salah satunya dari Indonesia.

Bagaimana keadaan ekonomi penduduk Singapura saat ini, seluruhnya dipengaruhi oleh kebijakan pemerintahnya yang tegas serta warganya yang lebih mudah untuk diarahkan.

Tak hanya itu, perlu kamu ketahui juga bahwa mayoritas penduduk Singapura memiliki daya saing yang unggul. Dengan sumber daya manusianya yang berkualitas tersebut, tidak heran jika Singapura menjadi salah satu negara maju yang layak dijadikan panutan bagi negara di Asia Tenggara lainnya.

Nah, itulah informasi mengenai bagaimana keadaan ekonomi penduduk Singapura di tahun 2022 ini, tepat setelah pandemi mereda.

Leave a Reply