Blog

Ini Dia, Jenis Hewan untuk Ternak yang Menguntungkan dalam Waktu Singkat!

Danain-ternak_yang_menguntungkan-gambar ilustrasi peternakan

Ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat

Apakah bisnis hewan ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat bisa dilakukan dengan mudah? Yuk, simak jawabannya di bawah ini!

Pada prinsipnya, sebuah bisnis ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat tidak lepas dari pemilihan hewan berdasarkan lokasinya. Kamu perlu menganalisis hewan apa yang cocok untuk dibudidayakan berdasarkan sektor pasar yang ditargetkan.

Tak hanya itu, modal dan perencanaan yang komprehensif juga harus kamu siapkan dengan baik dan benar. Karena itulah, penting untuk memahami beberapa rekomendasi jenis hewan yang menguntungkan dan bagaimana prospek penjualannya.

Berikut kami beberkan sederet rekomendasi hewan ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Peternakan Ayam

Ayam merupakan salah satu jenis hewan yang sangat mudah dipelihara dan cepat dipanen. Apalagi, hewan ini merupakan salah satu bahan pokok berbagai jenis olahan kuliner, baik yang tradisional maupun kekinian.

Baca juga: Untung Menjanjikan, 7 Ide Jualan Makanan dengan Modal 20 Ribu Rupiah ini Wajib Banget untuk Kamu Coba!

Kamu tak perlu khawatir ke mana akan menawarkannya. Jika memungkinkan, kamu dapat menjalin kerja sama dengan teman yang membuka usaha ayam geprek atau angkringan. Jadi, tak hanya bisa untung banyak, usahamu pun bisa kian terkenal.

Bagaimana cara memelihara ayam di lahan perkotaan? Kamu bisa memanfaatkan kandang minimalis yang bertumpuk untuk ayam negeri. Karena jenis ini cukup cepat gemuk, usia panennya juga kilat, meskipun harganya lebih terjangkau dibanding ayam kampung.

Budidaya Ikan Hias

Bukan hanya untuk dimakan, ada juga beberapa hewan yang saat ini banyak diternakkan. Ikan adalah salah satu jenis hewan untuk ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat. Jika fungsinya untuk hiasan, kamu dapat memilih jenis ikan cupang, arwana, maupun koi.

Cara membudidayakannya bisa di kolam tanah, semen, maupun kolam terpal yang bisa dibeli dengan mudah. Jika kamu tinggal di perkotaan, maka bisa menggunakan kolam terpal yang jauh lebih ringkas dan praktis untuk pembersihan dan pemindahannya.

Baca juga: Simak Baik-baik, Inilah Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan dengan Untung Menjanjikan!

Peternakan Kambing

Selain untuk sate kambing, hewan berkaki empat ini juga tak lepas dari beragam kebutuhan masyarakat atas prosesi keagamaan. Mulai dari untuk aqiqah, kurban, sampai acara lainnya. Sehingga, peternakan kambing cukup menguntungkan dan jika dilihat dari tingkat kemudahannya, ini cukup simple.

Namun, jenis hewan untuk ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat ini memang tak bisa dengan mudah hidup di area perkotaan. Setidaknya, kamu harus tinggal di pinggiran kota yang masih ada lahan kosongnya untuk memelihara kambing. Ini disebabkan cara makan dan kotorannya yang membutuhkan perlakuan khusus.

Peternakan Sapi

Apakah kamu punya lahan yang cukup luas di daerah pedesaan? Jika ya, maka jenis hewan untuk ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat ini akan sangat cocok untuk dijadikan ladang cuan. Perlu kamu tahu, daging sapi makin digemari oleh masyarakat di berbagai daerah. Dengan perkembangan ekonomi yang pesat, kini banyak orang sudah mampu membeli daging sapi atau mengonsumsinya di restoran tertentu.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Tips Jual Beli Emas bagi Pemula agar Bisa Mendulang Untung!

Karena itulah, kamu bisa mencoba jenis hewan untuk ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat satu ini. Sebaiknya, pilih jenis sapi yang sesuai dengan rata-rata kebutuhan dan tidak terlalu banyak membutuhkan biaya besar dalam perawatannya.

Budidaya Ikan untuk Olahan Kuliner

Ikan juga merupakan jenis hewan yang cocok untuk kamu pilih sebagai lahan bisnis. Mengapa demikian? Karena usia panen ikan cukup muda, dan saat ini sangat banyak olahan kuliner di restoran yang bahan bakunya adalah ikan.

Kamu bisa memelihara ikan di tambak atau kolam. Ini tergantung dari jenis ikannya, apakah lele, belut, mujair, gurame, atau yang lainnya. Kamu pun bisa bekerja sama dengan restoran untuk menyediakan bahan baku dari jenis dan kualitas bibit tertentu.

Manakah jenis hewan untuk ternak yang menguntungkan dalam waktu singkat yang menurutmu paling cocok? Yuk, ajak temanmu untuk membaca artikel ini, karena bisa saja mereka akan dapat inspirasi usaha kekinian dari bidang peternakan!

Leave a Reply