Blog

Simak Baik-baik, ini Tips Jual Beli Emas bagi Pemula agar Bisa Mendulang Untung!

Danain-tips_jual_beli_emas-gambar emas

Tips jual beli emas bagi pemula

Emas adalah komoditas dagang yang cukup aman karena harganya yang relatif stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu. Berikut kami jabarkan tips jual beli emas bagi pemula agar bisa untung di kemudian hari.

Apakah kamu punya rencana untuk terjun ke dunia jual beli emas dalam waktu dekat ini? Atau mungkin kamu memang tengah menjalaninya? Apapun itu, penting bagi kamu untuk mengetahui secara lengkap perihal keuntungan dan kerugian yang bisa didapat dari aktivitas tersebut.

Perlu diketahui, instrumen emas punya sederet keunggulan yang tak main-main, seperti harga yang cenderung naik, mudah dicairkan, dan cocok sekali untuk diversifikasi investasi. Adapun kelemahannya meliputi, butuh tempat penyimpanan yang aman, risiko hilang yang cukup tinggi, serta tidak menghasilkan pendapatan pasif layaknya saham atau obligasi.

Baca juga: Perhatikan Baik-baik, inilah Cara Gadai Emas di Perusahaan Pergadaian!

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk menjalankan aktivitas jual beli emas dan masih dalam kategori pemula, penting buat kamu untuk mengetahui beberapa tips di bawah ini agar bisa mendulang keuntungan di kemudian hari. Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Suara.com.

Perhatikan jarak antara waktu pembelian dan penjualan emas

Emas termasuk investasi jangka panjang. Karena itu, jangan pernah menjual emas yang baru dibeli dalam hitungan bulan atau satu tahun. Akan lebih baik jika kamu menyimpan produk tersebut dalam waktu lama, sehingga keuntungan yang diperoleh akan makin besar. Waktu terbaik yang disarankan untuk jual emas adalah tiga tahun atau lebih setelah pembelian.

Terus memonitor harga emas

Tips jual beli emas yang kedua, lakukanlah monitoring harga emas secara rutin melalui website resmi toko emas atau melalui aplikasi yang banyak tersedia di dunia maya. Dengan menerapkan langkah tersebut, kamu akan mudah memantau pergerakan harga emas, dan bisa melakukan penjualan dengan cepat saat harganya sudah merangkak naik.

Baca juga: Jangan Tertipu, ini Cara Mudah untuk Bedakan Emas Asli dan Emas Palsu!

Perhatikan kadar emas yang ingin dijual

Harga jual beli emas akan berbeda-beda, tergantung kadar dan berat emas yang kamu punya. Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik nilai karat emas sebelum melakukan penjualan. Jangan sampai kamu menjual emas 24 karat dengan harga emas 18 karat. Bukannya untung, kamu malah akan buntung jika melakukan kelalaian ini.

Jual di tempat pembelian

Perlu kamu tahu, tempat terbaik untuk menjual emas adalah di tempat kamu melakukan pembelian. Toko tersebut biasanya akan memberikan harga terbaik ketimbang di toko lain. Oh ya, agar harga emas semakin tinggi, jangan lupa juga sertakan surat pembelian emas atau sertifikat saat menjualnya.

Baca juga: Ancaman Resesi, Investasi Emas Lebih Cuan!

Survei harga emas di beberapa toko berbeda

Jika tempat pembelian emas kamu ternyata sulit dijangkau, tak ada salahnya untuk menjual emas tersebut ke toko lain yang lebih dekat. Akan tetapi, penting bagi kamu untuk melakukan survei terlebih dulu ke beberapa toko demi mendapatkan harga terbaik. Setelah itu, pilihlah toko emas dengan harga tertinggi, sehingga keuntungan yang kamu dapat bisa lebih maksimal.

Ya, itulah tips cerdas jual beli emas yang perlu diketahui oleh pemula. Adapun saran penting lainnya, jangan pernah membeli emas perhiasan sebagai instrumen investasi. Sekadar informasi, toko emas biasanya tak cuma menghitung kadar dan berat emas yang kamu beli, tapi juga mengenakan biaya untuk pembuatan perhiasan. Makin rumit bentuk emas, maka makin mahal juga biaya yang harus dikeluarkan. Solusi terbaik, belilah emas batangan jika ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply