Tahun 2018 akan segera berakhir. Selain momen liburan tahun baru, ada satu hal yang juga dinanti-nantikan oleh banyak karyawan di penghujung tahun ini. Ya, apalagi kalau bukan bonus akhir tahun.

Faktanya, besaran bonus akhir tahun yang diterima setiap karyawan akan bervariasi. Hal tersebut tergantung dari beberapa faktor, semisal performa kerja, kebijakan perusahaan, hingga keuntungan yang diraup perusahaan di tahun tersebut.

Apakah Anda sudah menerimanya? Jika sudah, mau Anda apakan bonus akhir tahun itu?

Jika jawabannya dipakai untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif, sebaiknya pikirkan lagi keputusan Anda tersebut. Langkah terbaik, gunakanlah bonus akhir tahun untuk sederet hal yang bermanfaat.

Katie Brewer mengungkapkan, bonus yang diberikan perusahaan ada baiknya tak digunakan untuk berfoya-foya. “Pakailah 80 persen dari bonus tersebut untuk ‘dana serius’, sementara sisanya bisa digunakan untuk bersenang-senang,” ujar pendiri perusahaan financial planning Your Richest Life tersebut, seperti dilansir Business Insider.

Lantas, untuk apa saja bonus akhir tahun sebaiknya digunakan?

Sisihkan untuk dana darurat

Hidup itu penuh kejutan. Hari ini mungkin Anda bisa bersenang-senang, namun esok hari belum tentu. Bisa saja hal tak terduga terjadi, di mana akan menguras keuangan Anda. Karena itu, penting bagi Anda untuk memiliki dana darurat dalam bentuk tabungan yang notabene mudah dicairkan.

Jika setiap bulan Anda sudah menyisihkan dana darurat secara rutin namun dalam jumlah yang sedikit, sudah waktunya Anda menyisihkan lebih banyak lagi ketika menerima bonus akhir tahun. Dengan menerapkan strategi tersebut, Anda tak perlu pusing lagi saat ada kebutuhan penting yang sifatnya mendesak.

Sebagai informasi, dana darurat idealnya punya besaran tiga kali lipat dari pengeluaran setiap bulan. Misal, jika pengeluaran Anda sebulan 4 juta rupiah, itu artinya Anda harus punya dana darurat minimal 12 juta rupiah. Begitu seterusnya.

Bayar tagihan tahunan

Bonus akhir tahun yang Anda terima juga bisa digunakan untuk membayar tagihan tahunan yang kebetulan jatuh tempo. Misalnya saja pajak kendaraan atau premi asuransi. Dengan menggunakan dana tersebut, arus kas bulanan Anda tentu saja jadi tak terganggu. Tak hanya itu, membayar utang (jika ada) dengan bonus akhir tahun juga bisa jadi keputusan tepat.

Perkaya ilmu

Menggunakan bonus akhir tahun untuk memperkaya ilmu juga bisa jadi pilihan tepat. Ketimbang memakainya untuk hura-hura yang tak jelas juntrungannya, lebih baik gunakan uang tersebut untuk membeli buku atau mengikuti kursus yang bisa menambah keterampilan Anda. Dengan bertambahnya keterampilan, bukan tak mungkin hal tersebut bisa jadi ladang untuk menambah penghasilan.

Dana pensiun

Anda mungkin berpikiran, “Untuk apa persiapkan dana pensiun, toh hari tua juga masih lama”. Jika Anda punya pola pikir seperti itu, mulailah ubah saat ini juga. Pasalnya, hari tua tak bisa dihindari, sehingga Anda harus mempersiapkannya sedini mungkin.

Jika selama ini Anda tak pernah menyisihkan dana pensiun karena alasan anggaran terbatas, hadirnya bonus akhir tahun sejatinya bisa jadi jalan keluar. Sisihkanlah bonus yang Anda dapat untuk dana hari tua. Agar lebih maksimal, biasakan juga untuk mulai menyisihkan dana pensiun dari penghasilan yang diterima setiap bulan.

Dengan persiapan yang matang, bukan tak mungkin hari tua Anda akan menyenangkan, sebab Anda tak perlu lagi bekerja keras atau memikirkan cara mendapatkan uang. Satu hal yang tak kalah penting, uang yang sudah dikumpulkan selama ini juga bisa digunakan untuk biaya perjalanan ibadah keagamaan.

Investasi

Agar bonus akhir tahun tak terbuang sia-sia, gunakan saja untuk berinvestasi. Di usia yang masih produktif, Anda sangat disarankan untuk berinvestasi guna menambah penghasilan. Ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan keuntungan. Selengkapnya bisa dilihat di sini: Investasi itu Banyak Macamnya, ini 7 Jenis Investasi Paling Populer di Indonesia!

Dengan membiasakan diri berinvestasi sejak muda, kebebasan finansial pun bisa Anda raih di masa depan. Semakin dini Anda mulai berinvestasi, maka semakin besar pula compounding effect yang Anda rasakan.

Bagaimana, siap gunakan bonus akhir tahun untuk sederet hal penting di atas?