Blog

Jadi Profesi Idaman, Berapa Gaji Pilot per Bulan di Indonesia dan Luar Negeri?

danain-berapa gaji pilot per bulan-gambar ilustrasi seorang pilot

Berapa gaji pilot per bulan?

Bekerja sebagai pilot punya risiko yang sangat besar. Hal itu sejalan dengan penghasilannya yang terbilang fantasis. Lantas, berapa gaji pilot per bulan di Indonesia dan luar negeri?

Selama ini, banyak orang yang bercita-cita menjadi seorang pilot. Selain dianggap bergengsi, pekerjaan sebagai pilot juga dinilai bisa membuat hidup seseorang sejahtera, lantaran penghasilan yang didapat sangat menggiurkan.

Lalu, berapa gaji pilot per bulan di Tanah Air dan mancanegara? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Katadata.co.id!

GAJI PILOT DI INDONESIA

Sama halnya profesi lain pada umumnya, gaji seorang pilot akan disesuaikan dengan jabatan yang diemban. Inilah perkiraan gaji pilot di Indonesia sesuai tingkatannya:

First Office (FO)

Ini merupakan jenjang karier pertama setelah lulus dari sekolah pilot. Umumnya, seorang FO baru diperbolehkan menerbangkan pesawat kecil dan didampingi oleh kapten. Gaji yang didapat berkisar antara Rp 15 – 20 juta per bulan.

Baca juga: Wajib Paham, ini Cara Menolak Tawaran Kerja karena Gaji Tidak Sesuai!

Co-pilot

Tugas co-pilot adalah mendampingi dan mewakili kapten selama penerbangan. Co-pilot harus punya kemampuan yang sama dengan kapten pesawat, sebab jika kapten tak bisa melaksanakan tugasnya karena alasan tertentu, maka co-pilot lah yang akan menggantikannya. Gaji seorang co-pilot ada di kisaran Rp 30 – 40 juta per bulan.

Kapten

Kapten bertanggung jawab penuh atas keamanan dan keselamatan para penumpang selama penerbangan. Tak heran jika pilot akan mendapat gaji yang jauh lebih besar daripada awak kabin lainnya. Rata-rata gaji pilot per bulan adalah di atas Rp 45 juta.

GAJI PILOT GARUDA INDONESIA

Garuda Indonesia adalah maskapai penerbangan milik negara. Sebagai maskapai pelat merah, Garuda Indonesia punya regulasi tersendiri perihal gaji pilot.

Menurut kabar, gaji pilot pemula di Garuda Indonesia mencapai Rp 60 juta setiap bulan. Adapun untuk pilot senior, gaji yang diterima berkisar antara Rp 100 – 150 juta per bulan.

Baca juga: Agar Gaji tak Cepat Habis, ini Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi dengan Baik dan Benar!

GAJI PILOT DI NEGARA LAIN

Berapa gaji pilot per bulan di Indonesia sudah terjawab, kini giliran kami membeberkan gaji pilot di luar negeri yang notabene tertinggi di dunia. Berikut daftarnya, sebagaimana dilansir Detik.com:

China

Seorang pilot di China bisa memperoleh gaji 25.000 dolar AS atau sekitar Rp 350 juta lebih setiap bulannya. Selain itu, mereka juga berhak atas bonus akhir kontrak sebesar 80.000 dolar AS atau setara Rp 1,14 miliar.

Belanda

Maskapai penerbangan terbesar di Belanda adalah KLM. Kabarnya, gaji pilot di perusahaan tersebut mencapai 218.500 euro per tahun atau setara Rp 3,53 miliar.

Perancis

Negara dengan gaji pilot tertinggi selanjutnya adalah Perancis. Pilot senior di negara tersebut diketahui mendapatkan gaji sebesar 208.000 euro per tahun atau sekitar Rp 3,36 miliar.

Irlandia

Ryanair merupakan maskapai penerbangan besar di Irlandia. Gaji pilot di maskapai tersebut juga terbilang besar, yakni sekitar 200.000 euro per tahun atau setara Rp 3,24 miliar.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Mudah Gaji Tinggi yang Bisa Kamu Coba

Kanada

Di daftar terakhir ada Kanada. Pilot pemula di negara tersebut bisa mendapatkan gaji sebesar CAD 50.000 hingga CAD 62.000. Adapun untuk pilot senior dengan pengalaman lebih dari 12 tahun bisa membawa pulang uang sebesar CAD 300.000 per tahun atau setara Rp  3,39 miliar.

Ya, itulah ulasan lengkap mengenai berapa gaji pilot per bulan di Indonesia dan negara lain. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply