Setiap pemimpin atau atasan di sebuah perusahaan tentu punya sifat dan karakter yang berbeda satu sama lain. Ada atasan yang sangat formal, santai, murah senyum, bahkan ada pula yang galak, sampai-sampai ditakuti oleh para karyawannya.

Sebaliknya, setiap karyawan juga tentu memiliki pandangan dan penilaian yang berbeda terhadap atasannya. Ada karyawan yang menganggap bahwa bosnya tersebut hebat, cerdas, bahkan ada pula yang menganggap biasa-biasa saja. Hal tersebut tentu saja tergantung pada bagaimana cara sang atasan memimpin perusahaan.

Pada kesempatan ini, kami ingin mengulas ciri-ciri pemimpin hebat dalam sebuah organisasi. Selain memiliki kemampuan untuk membawa perusahaan menuju kesuksesan dengan strateginya yang cerdas, atasan yang hebat juga punya ciri-ciri lain yang melekat dalam dirinya. Apa saja itu?

Berikut 12 tanda Anda punya atasan yang hebat:

Bertindak sebagai mentor

Apakah atasan Anda kerap bertindak sebagai mentor? Jika ya, berarti Anda punya atasan yang hebat di tempat kerja. Perlu Anda tahu, pemimpin yang sekaligus bisa menjadi pembimbing mampu membawa Anda menuju ke arah yang lebih baik. Atasan seperti itu dapat melihat tugasnya lebih dari sekedar pemimpin di perusahaan. Ia akan selalu berusaha meningkatkan kemampuan karyawannya, membantu mengatasi masalah, serta tak sungkan mendorong para karyawan untuk lebih sukses dari dirinya.

Fokus pada keunggulan karyawan dan tak mempermalukan saat berbuat salah

Atasan yang hebat akan memahami kelemahan karyawan dan fokus pada keunggulannya. Sekalipun Anda berbuat salah, dia tak akan mempermalukan Anda di depan orang banyak. Ia akan menganggap kesalahan Anda sebagai kesalahnnya juga. Ia pun akan memikirkan solusi terbaik untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Mengenali pribadi karyawan

Mau mengenal pribadi karyawan juga merupakan ciri-ciri atasan yang hebat. Ia tak sungkan untuk mendengarkan cerita Anda, serta berusaha mengenal  Anda sebagai pribadi dan bukan sekedar rekan kerja. Atasan hebat sadar betul pentingnya membangun hubungan baik dengan karyawan. Demikian dilansir Liputan6.com.

Memberikan kesempatan karyawan untuk berkembang

Atasan yang hebat akan selalu menghargai kemampuan karyawannya dan selalu memberikan motivasi untuk maju. Ia juga tak menutup mata untuk memberikan kesempatan pada karyawan agar bisa berkembang.

Ramah dan rendah hati

Jika atasan Anda merupakan orang yang ramah dan rendah hati, bisa dipastikan ia adalah atasan yang hebat. Ia akan menunjukkan sikap yang sama kepada seluruh karyawan, termasuk kepada jabatan yang paling rendah. Begitu kata CEO GE Indonesia Handry Satriago.

Baca juga: Ingin Karier Cemerlang di Kantor? Coba Raih Perhatian Atasan dengan 8 Cara ini!

Pendengar yang baik

Ini juga merupakan tanda jika Anda memiliki atasan yang hebat. Setiap kali ada masalah, atasan Anda akan menjadi pendengar yang baik dan selalu hadir memberikan solusi.

Adil terhadap semua karyawan

Atasan yang hebat juga selalu bersikap adil dan memiliki empati yang sama terhadap semua karyawan. Ia tak membeda-bedakan antara satu karyawan dengan karyawan yang lain.

Konsisten dengan yang dikatakan

Apabila bos Anda mengatakan sesuatu dan ia menjalankannya tanpa kurang sedikit pun, itu artinya atasan Anda adalah pribadi yang hebat. Atasan yang hebat adalah atasan yang menepati janjinya dan tidak melupakan omongannya begitu saja.

Tetap tenang meski sedang ada masalah

Ketika ada masalah melanda perusahaan, atasan Anda tetap tenang dan tidak meluapkan emosinya di hadapan karyawan. Ia mampu mengendalikan diri dan tak membiarkan amarahnya memengaruhi mood-nya bekerja. Itulah tanda lain jika atasan Anda adalah orang yang hebat.

Suka berdiskusi

Atasan Anda termasuk orang yang hebat jika dirinya selalu berdiskusi dengan karyawan sebelum memutuskan suatu kebijakan. Ia tak sungkan meminta saran dari para karyawannya agar keputusan yang diambil tidak berat sebelah.

Baca juga: Gaji di Kantor Tak Kunjung Naik? Tenang, ini Cara Cerdas Dapatkan Penghasilan Tambahan tanpa Harus Kerja Keras!

Membuat lingkungan kerja menyenangkan

Atasan hebat mampu membuat timnya di kantor solid antara satu dengan yang lain. Ia juga sanggup menciptakan suasana kerja yang menyenangkan, meskipun pekerjaan yang dilakukan membosankan.

Paham pentingnya pengakuan

Atasan Anda bisa dikatakan hebat apabila dirinya paham pentingnya pengakuan. Ketika ada karyawan yang bekerja dengan sangat baik dan berprestasi, ia tak ragu memberikan apresiasi bahkan memberikan pujian di hadapan karyawan lain.

Nah, jika Anda menemukan sederet tanda di atas pada diri bos Anda di tempat kerja, bersyukurlah dengan hal tersebut. Pasalnya, Anda sudah bekerja dengan orang yang tepat secara prinsip berorganisasi. Dengan demikian, sudah sepantasnya Anda menjalankan pekerjaan yang diberikan dengan profesional.