Jika ditanya tentang kesuksesan dan kekayaan, setiap orang tentu ingin meraihnya. Tapi, yang jadi masalah, tak semua orang bisa mencapai titik tersebut karena berbagai sebab.

Diungkapkan perencana keuangan bersertifikat sekaligus Presiden Vermillion Financial Advisors di South Barrington, Illinois, Mark La Spisa, pilihan dan keputusan yang kamu buat di usia 20-an bisa membuat kamu siap untuk kesuksesan finansial di usia 30 dan seterusnya. Meski demikian, faktanya, tak semua orang memikirkan hal tersebut ketika berusia 20-an.

“Uang sangat sederhana. Tapi, kebanyakan orang meresponsnya dan tidak berencana untuk itu. Padahal, dengan mengambil kendali dan buat beberapa keputusan cerdas sejak dini, kamu bisa menempatkan diri dalam posisi yang jauh lebih aman ke depannya,” ungkap Spisa.

Berikut 3 hal yang harus kamu lakukan di usia 20-an untuk bisa jadi jadi kaya di usia 30-an:

Kuasai arus kas kamu

Dikatakan Janet Stanzak, perencana keuangan bersertifikat dan pemilik pemberdayaan keuangan di Burnsville, Minnesota, mengembangkan kebiasaan pengelolaan uang dengan baik sangatlah penting. Menurut dia, di usia 20-an, kamu harus disiplin dalam mengelola keuangan.

Baca juga: Milenial, 5 hal ini Harus Kamu Lakukan jika Mau Kaya dalam 5 Tahun!

Pertama, lacak keuangan kamu untuk memastikan kamu benar-benar memahami ke mana uang pergi. Setelah itu, pertimbangkan dengan cermat prioritas kamu, sehingga kamu bisa mengeluarkan uang dengan bijak untuk sejumlah pengeluaran rutin, seperti sewa, utilitas, atau tagihan telepon, serta menjaga pengeluaran pada hal-hal yang menyenangkan sesuai dengan kemampuan.

Terkait hal itu, Stanzak menyarankan agar kamu menerapkan pola 50-30-20 dalam mengelola keuangan. Rinciannya, 50 persen untuk biaya kehidupan dasar atau pokok, 30 persen untuk pengeluaran diskresioner, serta 20 persen untuk tabungan dan investasi jangka panjang. Demikian dilansir CNBC.

Otomatiskan tabungan kamu

Stanzak menuturkan, jika kamu tidak berkomitmen untuk menabung, maka jangan heran jika uang kamu akan habis untuk pengeluaran lain. Karenanya, Stanzak menyarankan untuk membuat rekening khusus kemudian mengotomatiskan tabungan. Singkat kata, setiap tanggal gajian tiba, dana akan ditarik secara otomatis ke dalam rekening tersebut. Dengan begitu, kamu tak perlu lagi memikirkan soal tabungan dalam pengelolaan uang bulanan.

Hindari utang yang tak diperlukan

Agar bisa kaya di usia 30-an, kamu juga wajib menghindari utang yang sejatinya tak diperlukan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan membatasi penggunaan kartu kredit untuk pembelanjaan yang sifatnya impulsif.

Baca juga: Hati-hati, 3 Pengeluaran ‘Bodoh’ ini Bikin Generasi Milenial Sulit Kaya!

Selain itu, kamu juga dituntut cerdas ketika berutang untuk pembelian besar, seperti rumah atau mobil. Jika memang belum sanggup, sebaiknya jangan dipaksakan.

Solusi terbaik, gunakan uang yang kamu miliki untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, semisal untuk dana darurat, dana pensiun, atau investasi.

Ya, itulah 3 hal yang harus kamu lakukan jika ingin kaya di usia 30-an. Tak lupa, ahli keuangan juga menyarankan untuk mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin agar masa tua bisa bahagia. Makin cepat kamu mempersiapkannya, maka makin banyak juga manfaat yang bisa kamu dapat di kemudian hari.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan dana pensiun, seperti dengan menabung atau mengembangkan dana melalui P2P Lending. Selengkapnya, baca: Dana Pensiun itu Penting, Persiapkan Sedini Mungkin dengan Cara Mudah Ini!

Siap menerapkan tips di atas?