Salah satu cara sederhana untuk tingkatkan tabungan dan membangun lebih banyak kekayaan adalah dengan mengirit pengeluaran. Karena itu, penting bagi kamu untuk mengidentifikasi pengeluaran-pengeluaran apa saja yang berpotensi besar menguras isi tabungan.

Berikut 10 pengeluaran tak ‘berguna’ yang tanpa disadari akan mengurangi jumlah tabungan kamu:

Biaya ATM

Kamu akan dikenakan sejumlah biaya ketika menarik uang di luar jaringan ATM yang kamu gunakan. Perlu dipahami, tak ada alasan untuk mengeluarkan biaya ini terus menerus, sebab isi tabungan kamu akan terkuras secara perlahan. Solusi terbaik, gunakanlah ATM yang sesuai dengan bank tempatmu menyimpan uang.

Biaya keterlambatan

Ini sama halnya dengan biaya ATM. Biaya keterlambatan juga termasuk ‘penghisap’ uang yang tak berguna. Karena itu, aturlah pembayaran otomatis secara online untuk tagihan tetap, seperti internet atau asuransi. Sementara untuk tagihan yang tak bisa dibayar online, seperti biaya kost, kamu bisa atur pengingat di kalender agar waktu pembayaran bisa selalu tepat waktu.

Langganan yang kurang digunakan

Diungkapkan David Pogue, tak ada yang membuat perusahaan lebih bahagia daripada membuat seseorang mendaftar untuk berlangganan.

“Jutaan orang mendaftar untuk uji coba gratis selama 30 hari. Awalnya mereka berniat untuk membatalkannya setelah masa itu, namun kemudian lupa. Atau mereka mendaftar untuk layanan tertentu akan tetapi sudah lama tak menggunakannya,” ujar kolumnis teknologi untuk Yahoo ini.

Terkait hal itu, Pogue menyarankan agar kamu memeriksa transaksi kartu kredit terakhir dan cari tahu apa saja yang kamu bayar. Apakah itu langganan majalah, perangkat lunak, atau layanan online lainnya. Setelah itu, tanyakan pada diri kamu mana yang kira-kira bisa dihentikan atau dibatalkan. Dengan begitu, kamu bisa menghemat uang yang dimiliki.

Baca juga: Hati-hati, 3 Pengeluaran ‘Bodoh’ ini Bikin Generasi Milenial Sulit Kaya!

Beli makan siang tiap hari

Setiap hari beli makan siang di luar akan membuat uang tabungan kamu jadi cepat habis. Padahal, anggaran makan kamu akan lebih baik jika kamu selalu menyiapkannya sendiri di rumah.

Sebenarnya, tak masalah jika sesekali kamu makan di luar untuk memanjakan diri, tapi jangan terlalu sering. Intinya, membawa bekal dari rumah merupakan salah satu cara ampuh untuk menghemat pengeluaran.

 Air botol

Setiap bawa bekal makan siang, biasakan juga untuk mengisi air botol di rumah. “Kebanyakan orang beli air kemasan dengan alasan kenyamanan. Padahal, jika kamu bawa air sendiri dari rumah, kamu tak akan mengeluarkan apa-apa, sehingga pengeluaranmu pun bisa ditekan,” terang Pogue seperti dilansir CNBC.

Keanggotaan gym yang tak digunakan

Punya kartu anggota gym tampaknya bikin pengeluaran kamu jadi lebih sedikit ketimbang tidak memiliki kartu anggota. Ya, hal tersebut memang tak ada salahnya. Tapi, jika kartu tersebut jarang atau malah tak digunakan sama sekali, itu justru bikin pengeluaran kamu jadi sia-sia.

Jika memang kamu jarang olahraga, sudah saatnya untuk hentikan keanggotaan tersebut. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan jika sewaktu-waktu kamu ingin berolahraga, seperti latihan di rumah memanfaatkan YouTube, berjalan, bersepeda, hiking, atau bergabung dengan klub lari.

Beli kopi di pagi hari

Sama halnya dengan makan siang di luar, beli kopi di pagi hari juga bisa menguras uang tabunganmu jika dilakukan setiap hari. Alih-alih membelinya di kedai kopi, ada baiknya jika kamu buat kopi sendiri di rumah untuk menekan pengeluaran.

Baca juga: Hati-hati, 5 Masalah ini Bakal Mengintai jika Kamu Punya Banyak Kartu Kredit!

TV kabel

Berlangganan TV kabel tidaklah murah. Di Amerika, kata Pogue, rata-rata tagihan bisa mencapai 100 dolar AS. Itu jumlah yang besar jika sebenarnya kamu jarang menggunakannya. Karena itu, pertimbangkan lagi untuk berhenti berlangganan dan cari layanan yang lebih murah, seperti Netflix.

Belanja berlebihan

Hindarilah belanja berlebihan! Pasalnya, tiap kali kamu membuang bahan makanan yang sudah dibeli, uang yang kamu keluarkan akan sia-sia.

Sebelum belanja, sebaiknya pikirkan makanan apa saja yang ingin kamu buat dalam minggu ini, kemudian tuliskan bahan-bahan yang kamu butuhkan. Ketika pergi ke supermarket, patuhilah daftar belanjaan yang sudah kamu buat.

Pembelian impulsif

Ketika di toko kelontong atau supermarket, penjual biasanya punya cara tertentu untuk ‘menipu’ kamu agar menghabiskan uang tanpa berpikir. Salah satu caranya sebut saja dengan menaruh produk-produk menggoda, seperti soda dingin, permen, atau aksesoris lucu di sekitar pintu keluar. Agar tabunganmu tak terkuras, kendalikanlah diri kamu agar bisa terhindar dari pembelian impulsif tersebut.

 

Ya, itulah beberapa pengeluaran yang sebenarnya tak ‘berguna’ yang berpotensi bikin habis isi tabunganmu. Sebagai orang bijak, sebaiknya hindari sederet pengeluaran tadi agar rekeningmu terus bertambah. Setelahnya, kamu bisa gunakan uang yang dimiliki untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti melakukan pengembangan dana di platform Danain. Keuntungannya, baca: Catat, Ini Segudang Keuntungan Nabung di Danain Ketimbang di P2P Lending Lain!