Blog

Beda Jauh dari Indonesia, ini Gaji UMR di Amerika Serikat!

danain-Gaji UMR di Amerika Serikat-gambar uang dolar

Gaji UMR di Amerika Serikat

Upah minimum di setiap negara dan daerah akan berbeda satu sama lain, tak terkecuali di Negeri Paman Sam. Lantas, berapa gaji UMR di Amerika Serikat?

Upah minimum adalah sebuah standar yang digunakan oleh pengusaha untuk memberikan upah kepada para pekerja di suatu daerah. Informasi seputar upah minimum kerap dicari oleh masyarakat, khususnya oleh pencari kerja. Tujuannya, untuk memastikan apakah upah yang diterima sudah sesuai atau belum dengan standar gaji yang berlaku di daerahnya.

Selain itu, ada pula yang sengaja mencari informasi terkait upah minimum untuk membandingkan besaran gaji yang berlaku di daerah lain, guna mencari peluang kerja baru.

Nah, bicara upah minimum, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Sebenarnya, berapa sih gaji UMR di Amerika Serikat?

Baca juga: Jadi Profesi Idaman, Berapa Gaji Pilot per Bulan di Indonesia dan Luar Negeri?

Kenapa Amerika Serikat? Maklum, banyak warga negara kita yang ingin bekerja di sana, lantaran gaji yang diberikan jauh lebih besar ketimbang di Indonesia. Yuk, simak besarannya pada ulasan berikut ini!

GAJI UMR DI AMERIKA SERIKAT

Mengutip Okezone.com, gaji UMR di Amerika Serikat tertinggi ada di wilayah New York. Pekerja di sana akan dibayar 15 dolar AS per jam atau setara Rp 200 ribuan lebih.

Jika kamu bekerja selama 8 jam dalam sehari, maka penghasilan yang diperoleh adalah sekitar Rp 1,8 juta per hari. Dengan hitungan seperti itu, maka penghasilan kamu dalam sebulan bisa mencapai Rp 36 juta, dengan catatan seminggu kamu bekerja selama 5 hari.

Berikutnya, upah minimum tertinggi kedua di Amerika Serikat ada di wilayah Washington DC. Kalau kamu bekerja di sana, kamu akan mendapatkan upah sebesar 14,50 dolar AS per jamnya. Dengan hitungan kerja seperti di atas, maka penghasilan kamu dalam sebulan bisa mencapai Rp 35 juta.

Sementara itu, upah minimum di wilayah California juga tak kalah tinggi. Menurut data, pekerja di sana akan mendapatkan upah sebesar 13,50 dolar AS setiap jamnya.

ATURAN KERJA DI AMERIKA SERIKAT

Untuk diketahui, ada aturan resmi yang berlaku di Amerika Serikat terkait waktu kerja. Maksimal jam kerja di negara tersebut hanya 8 jam dalam sehari atau 40 jam dalam seminggu.

Baca juga: Cerdaskan Anak Bangsa, Berapa Gaji Dosen Swasta di Indonesia?

Kalau lebih dari 8 jam, maka pekerja akan diberikan tambahan gaji sebesar 1,5 kali lebih besar dari gaji normal. Begitu pun jika bekerja di hari besar atau tanggal merah. Adapun pembayaran gaji biasanya akan diberikan per 2 minggu sekali, tergantung kesepakatan dengan perusahaan.

NEGARA DENGAN GAJI TERTINGGI DI DUNIA

Oh ya, meski gaji umr di Amerika Serikat terbilang besar, namun ternyata mereka bukan yang tertinggi di dunia. Lalu, negara manakah yang memberikan gaji tertinggi bagi para pekerjanya?

Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir laman Bisnis.com:

  1. Luxemburg : 68.681 dolar AS per tahun.
  2. Islandia : 68.006 dolar AS per tahun.
  3. Swiss : 66.567 dolar AS per tahun
  4. Amerika Serikat : 65.836 dolar AS per tahun.
  5. Denmark : 57.150 dolar AS per tahun.
  6. Belanda : 56.552 dolar AS per tahun.

Baca juga: Biaya Kuliahnya Tinggi, Berapa Gaji Dokter Gigi di Indonesia?

  1. Jerman : 56.000 dolar AS per tahun.
  2. Belgia : 55.590 dolar AS per tahun.
  3. Australia : 54.401 dolar AS per tahun.
  4. Norwegia : 54.027 AS per tahun.

Ya, itulah gaji UMR di Amerika Serikat dan sejumlah negara lain. Tertarik mencari peruntungan di negara-negara tersebut?

Leave a Reply