Blog

Jangan Asal Bikin, ini Contoh Email untuk Kepentingan Bisnis yang Terbaik!

danain-Contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik-gambar seseorang membuka laptop

Contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik

Kemajuan teknologi telah membawa perubahan yang sangat besar di berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali dalam dunia bisnis. Pada kesempatan ini, kami akan membeberkan contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik yang perlu diketahui!

Sebelum hadirnya era digital, semua kegiatan bisnis dijalankan dengan cara konvensional. Setiap pertemuan bisnis dilakukan dengan tatap muka dan segala bentuk surat menyurat selalu mengandalkan dokumen fisik.

Akan tetapi, di zaman yang serba digital seperti saat ini, aktivitas bisnis sudah bisa dilakukan secara online. Terkhusus perihal surat menyurat, sudah ada layanan email yang akan mempermudahnya.

Meski begitu, masih banyak pihak yang belum paham dengan pentingnya email untuk urusan bisnis, mulai dari pemilihan nama email hingga cara mengirim email yang profesional. Padahal, email bisnis sama halnya dengan surat formal fisik yang mewakili lembaga atau perusahaan.

Baca juga: Luaskan Pasar Bisnis dengan Menerapkan Cara Ekspor Barang

Lantas, seperti apa contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber!

HAL PENTING SEBELUM MENGIRIM EMAIL BISNIS

Sebelum mengetahui contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik, penting bagi kamu untuk memperhatikan sejumlah hal sebelum mengirimkan email bisnis kepada pihak lain, di antaranya:

  1. Subjek harus jelas

Jangan pernah menulis subjek email yang bertele-tele! Hal ini hanya akan membuat email yang kamu kirim diabaikan. Sebaiknya, tulis subjek email dengan singkat dan jelas. Misal, ingin mengirim email penawaran kerja sama. Kamu cukup menulis subjek email “Penawaran Kerja Sama (Nama Perusahaan Kamu)”

  1. Perkenalkan diri

Kamu wajib perkenalkan diri, terlebih jika email yang kamu kirimkan baru pertama kali. Sebutkan nama lengkap dan posisi kamu di perusahaan sebelum mengutarakan maksud dan tujuan.

  1. Sampaikan maksud pengiriman email

Setelah memperkenalkan diri, sampaikanlah tujuan kamu mengirimkan email tersebut. Lagi-lagi jangan bertele-tele, sebab penerima email mungkin saja tak punya banyak waktu untuk membacanya apabila terlalu panjang. Jangan lupa juga, tulis kalimat dengan bahasa yang sopan, tapi tetap lugas!

Baca juga: Contoh Perhitungan Omset, Pebisnis Pemula Harus Tahu!

  1. Cek lagi sebelum dikirim

Sebelum menekan tombol kirim, penting bagi kamu untuk mengecek ulang tulisan yang sudah dibuat. Jangan sampai ada kesalahan dalam penulisan, apalagi terkait nama dan jabatan yang dituju, termasuk lampiran. Jika semua sudah aman, barulah email tersebut bisa kamu kirim.

CONTOH EMAIL UNTUK KEPENTINGAN BISNIS YANG TERBAIK

Agar tidak salah dalam mengirim email bisnis, berikut ini ada beberapa contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik yang bisa kamu tiru. Yuk, simak baik-baik!

  1. Email penawaran kerja sama

Subjek: Penawaran produk PT Citra

Isi Email:

 

Kepada PT Surya,

 

Kami PT Citra adalah perusahaan yang bergerak di bidang katering untuk berbagai jenis acara. Melalui email ini, kami ingin menyampaikan penawaran produk yang dapat digunakan oleh PT Surya untuk keperluan konsumsi karyawan dan acara lainnya.

Kami menyediakan beragam jenis makanan yang lezat dan berkualitas. Untuk lebih lengkapnya, kami melampirkan dokumen rincian jenis makanan beserta harga.

Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih. Besar harapan kami untuk dapat bekerja sama dengan PT Surya.

 

Hormat saya,

 

Citra Kusuma

CEO PT Citra

 

Baca juga: Penting untuk Diketahui, ini Pengaruh Kemerosotan Nilai Uang Terhadap Bisnis!

  1. Email undangan meeting

Subjek: Undangan meeting PT Sinar

Isi Email:

 

Kepada PT Bahagia

Seperti yang telah disampaikan pada email sebelumnya, kami tertarik untuk menggunakan jasa PT Bahagia dalam pengerjaan proyek pembuatan jalan di Perumahan Asri. Bersama email ini, kami PT Sinar mengundang Anda untuk hadir dalam meeting koordinasi pada:

Tempat   : Gedung Cakra

Tanggal   : 12 Mei 2022

Waktu    : 11.00 – 14.00 WIB

Demikian undangan meeting ini disampaikan. Jika ada pertanyaan lebih lanjut, silakan membalas email ini.

Hormat saya,

Joko Susanto

CEO PT Sinar

Ya, itulah contoh email untuk kepentingan bisnis yang terbaik yang bisa kamu tiru. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply