Blog

Luaskan Pasar Bisnis dengan Menerapkan Cara Ekspor Barang

danain-cara ekspor barang-gambar proses ekspor barang

Cara ekspor barang

Apa saja persiapan dan cara ekspor barang?

Setiap pengusaha pasti memimpikan produknya bisa diekspor yang berarti menembus pasar internasional. Maka dari itu, pengusaha perlu memahami cara ekspor barang. Terdapat persyaratan dan proses yang perlu dijalankan agar ekspor barang bisa dilakukan. Kamu bisa menyimaknya dalam pembahasan berikut ini.

Definisi Ekspor

Sebelum mengetahui cara ekspor barang, kamu perlu tahu makna dari ekspor. Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 2021, ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang yang berasal dari daerah pabean.

Daerah pabean merupakan daerah milik Indonesia yang mencakup daratan, perairan, udara, serta daerah yang termasuk Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE). Intinya, ekspor adalah aktivitas menjual barang atau jasa ke luar negeri. Pihak yang melakukan ekspor disebut eksportir.

Baca juga: Penting untuk Kelangsungan Bisnis, ini Definisi Akta Pendirian Perusahaan yang Perlu Diketahui!

Manfaat ekspor adalah menambah devisa negara, memperkenalkan produk dalam negeri, memperluas produksi, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Manfaat lainnya adalah menambah lapangan pekerjaan dan menjalin kerjasama antarnegara.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Ekspor Barang

Ada beberapa persiapan dan persyaratan yang perlu dilakukan sebelum menerapkan cara ekspor barang. Pertama, kamu telah memiliki dokumen purchase order, yaitu bukti permintaan barang dari pembeli yang berada di luar negeri.

Dokumen ini menjadi persyaratan membuat dokumen invoice atau surat penagihan ke pembeli. Kedua, membuat perencanaan ekspor dengan teliti dan detail, agar memudahkan langkah ke depannya.

Hal-hal yang perlu dirancang serta didiskusikan ke calon importir, seperti produk yang akan diekspor dan menentukan klasifikasi produk. Selain itu, negara yang menjadi tujuan ekspor, jalur mengirim barang, pengepakan produk, fumigasi (bebas hama), dan menentukan jadwal ekspor.

Hal lainnya seperti mempersiapkan Surat Keterangan Asal (SKA) dan Surat Pemberitahuan Ekspor (PEB). Ketiga, mempersiapkan dokumen ekspor, dokumen penunjang pertama yaitu packing list, terdiri dari nomor packing list, tanggal dibuatnya packing list.

Informasi lainnya dari packing list, yaitu data lengkap eksportir dan importir, nomor PO, nama lengkap barang, jumlah barang. Ada juga berat kotor dan bersih barang.

Baca juga: Kupas Tuntas Jenis Bisnis Jasa Terlaris yang Cocok Buat Kaum Milenial

Dokumen kedua yaitu commercial invoice, terdiri dari nomor invoice, data eksportir dan importir secara lengkap, nomor PO. Komponen lainnya adalah nama barang, jumlah barang, hingga harga barang per unit, serta harga total.

Dokumen ketiga yaitu bukti bayar bea keluar, yang perlu dimiliki agar bisa terkirim ke luar negeri. Pendukung dokumen ini adalah pengajuan PEB yang sudah disetujui dan pembayaran atas bea keluar.

Tahapan Ekspor Barang bagi Pengusaha Pemula

Setelah mempersiapkan persyaratan dalam ekspor barang, saatnya kamu menyimak cara ekspor barang untuk memperluas pasar. Pertama, menetapkan negara tujuan, yaitu menganalisa karakter serta budaya masyarakat suatu negara, untuk keperluan analisis pasar serta target pasar.

Kedua, mendaftarkan bisnis kamu ke portal bisnis internasional. Dengan melakukan hal tersebut, maka membuka peluang kamu memperoleh pembeli dari negara lain. Misalnya seperti portal bisnis internasional Amazon.

Ketiga, melengkapi dokumen serta memakai fasilitas pemerintah. Kamu bisa melengkapi dokumen-dokumen yang telah dipaparkan sebelumnya. Bisa juga memanfaatkan fasilitas yang disediakan pemerintah melalui https://djpen.kemendag.go.id, agar bisnis lokal dapat dipasarkan ke luar negeri.

Baca juga: Keren, Ternyata ini Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis!

Kemudian, penuhi persyaratan serta mempersiapkan hal-hal yang diperlukan sebagai bagian proses ekspor. Jika sudah dipersiapkan, maka proses ekspor baru bisa diselenggarakan.

Untuk melaksanakan cara ekspor barang, kamu perlu mempersiapkan beberapa dokumen untuk memperlancar proses ekspor barang. Dengan melakukan ekspor, kamu berpeluang mendapatkan pasar lebih luas dan menjadikan produk kamu semakin dikenal hingga ke luar negeri.

Leave a Reply