Blog

Nggak Usah Bingung, ini Arti PO dalam Jual Beli!

danain-arti PO dalam jual beli-gambar penjual onkine shop

arti PO dalam jual beli

Istilah PO tentu sudah tak asing bagi para pelaku usaha. Lantas, apa arti PO dalam jual beli yang sesungguhnya?

Dalam transaksi jual beli, masyarakat kadang akan dihadapkan dengan berbagai istilah atau singkatan yang kurang familiar di telinga. Salah satu yang sering muncul sebut saja istilah PO alias Purchase Order.

Yang jadi pertanyaan, apa arti PO dalam jual beli yang sesungguhnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

PENJELASAN LENGKAP TENTANG PO

Mengutip laman Kompas.com, PO merupakan sebuah dokumen yang dibuat oleh pembeli dan dikirimkan kepada penjual. Dokumen ini bersifat mengikat dan sah secara hukum.

Dokumen PO berisi informasi tentang jumlah dan jenis barang yang akan dipesan oleh pembeli. Dengan adanya dokumen PO, maka pembeli menyatakan komitmennya untuk membeli barang atau jasa sesuai kesepakatan.

Baca juga: 6 Inspirasi dan Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Perlu Kamu Tahu

Adapun penjelasan lainnya, PO merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak pembeli yang berkomitmen untuk membayar penjual atas penjualan produk atau layanan tertentu yang akan dikirimkan di masa mendatang.

Pada prinsipnya, setiap PO memiliki nomor unik yang akan membantu pembeli dan penjual melacak pengiriman dan pembayaran. Singkat kata, arti PO dalam jual beli adalah bukti pemesanan barang dari supplier oleh konsumen atau bisa juga disebut dokumen kontrak.

FORMAT PO

Membuat dokumen PO tak boleh sembarangan. Ada sejumlah prosedur dalam pembuatan PO di masing-masing perusahaan. Lazimnya, dokumen PO berisi nama pembeli, alamat pembeli, nomor telepon pembeli, tanggal pembuatan, nomor PO, detail pemesanan, hingga metode pengiriman.

MANFAAT PO

Membuat PO dalam transaksi jual beli memang akan membuat proses pembelian jadi lebih lama. Namun, di balik itu, ada sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh pembeli dan penjual. Di antaranya adalah meminimalisir kesalahan pemesanan, memberikan informasi secara terperinci, membuat transaksi berjalan lebih akurat, tracking pesanan jadi lebih mudah, dan mempermudah penjual dalam memproses pesanan.

Baca juga: Kupas Tuntas Jenis Bisnis Jasa Terlaris yang Cocok Buat Kaum Milenial

KARAKTERISTIK PO

PO memiliki karakteristik yang berbeda dengan faktur. Dalam hal ini, PO dibuat oleh pihak pembeli, dibuat sebelum membeli, mencantumkan barang yang dibeli, serta mencantumkan rincian pembayaran yang akan dilakukan. Sementara faktur dibuat oleh pihak penjual, dibuat setelah proses pembelian, bentuknya berupa dokumen konfirmasi barang terkirim, serta memerlukan pembayaran pada tanggal tertentu.

ARTI PO DALAM JUAL BELI ONLINE

Arti PO dalam jual beli online sedikit berbeda dengan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika PO sebelumnya adalah Purchase Order, maka PO dalam jual beli online, seperti di media sosial atau marketplace memiliki arti Pre Order.

Dalam konteks jual beli daring, PO merujuk pada istilah saat pembeli harus menunggu barang siap dikirim dalam beberapa hari ke depan. Di marketplace, pembeli akan melakukan pembayaran terlebih dahulu dan setelah siap, barulah barang akan dikirim kepada pembeli.

Pada umumnya, maksimal PO adalah tujuh hari. PO akan diterapkan untuk sejumlah produk yang sulit untuk didapat atau produk yang bersifat custom alias dibuat sesuai permintaan pembeli.

ARTI PO LAINNYA

Selain Purchase Order dan Pre Order, masih ada lagi istilah PO di dunia jual beli online yang perlu kamu tahu, yakni Pay Out. Dalam konteks transkasi online, hal ini merujuk pada pembayaran yang dilakukan oleh marketplace kepada toko online di platform-nya.

Perlu dipahami, dalam transaksi di dunia e-commerce, uang dari pembeli tidak langsung diterima oleh penjual, melainkan ditahan dulu oleh pihak marketplace. Hal ini untuk melindungi pembeli dari kemungkinan penipuan.

Baca juga: Yuk, Coba Bisnis Jarang Pesaing yang Peluangnya Besar Ini!

Jadi, setelah pembeli menerima barang dan melakukan konfirmasi, barulah uang akan diteruskan ke akun penjual. Di sinilah penjual bisa melakukan Pay Out untuk menarik dana ke rekening bank miliknya.

Ya, itulah arti PO dalam jual beli yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply