Blog

Mau Tahu Ciri-ciri P2P Lending Terbaik? Simak Penjelasannya di Bawah ini!

Danain-Ciri-ciri-peer-to-peer-lending-terbaik-Gambar orang buka laptop

Ciri-ciri P2P Lending Terbaik

Setiap orang tentu ingin mengembangkan dananya di P2P Lending yang aman, mudah, dan menguntungkan. Lantas, seperti apakah ciri-ciri P2P Lending terbaik?

Industri Financial Technology (Fintech) di Indonesia makin hari makin bertumbuh subur. Dari berbagai jenis Fintech yang beredar saat ini, satu model yang paling populer bisa dibilang adalah Fintech Peer to Peer Lending.

Sekadar informasi, Peer to Peer (P2P) Lending merupakan penyelenggara layanan keuangan yang mempertemukan Pendana dan Peminjam dalam sebuah platform berbasis teknologi. Fintech Lending juga disebut Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi atau yang disingkat LPMUBTI.

Pada prinsipnya, setiap orang (Pendana) tentu ingin mengembangkan dananya di P2P Lending terbaik. Karena itu, penting bagi siapapun untuk mencari tahu informasi lengkap mengenai platform P2P Lending yang akan dipilih.

Baca juga: Terungkap, Inilah Kondisi Nyata Industri P2P Lending di Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19!

Lantas, seperti apakah ciri-ciri P2P Lending terbaik? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Terdaftar atau berizin OJK

P2P Lending yang baik harus punya legalitas dari pemerintah. Dalam hal ini, penyelenggara harus memiliki status terdaftar/berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku regulator. Tak hanya itu, penyelenggara P2P Lending juga wajib mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia. Untuk mengetahui status P2P Lending yang terdaftar atau berizin, kamu bisa kunjungi website resmi OJK di ojk.go.id

Memiliki agunan

P2P Lending terbaik bisa dilihat dari apakah si penyelenggara memberikan syarat agunan atau tidak kepada pihak Peminjam. Perlu kamu tahu, sebagian besar platform P2P Lending tidak mensyaratkan agunan kepada pihak peminjamnya. Ini tentu sangat mengerikan, sebab risiko kamu selaku Pendana akan semakin besar. Solusi terbaik, pilihlah platform P2P Lending yang beragunan.

Imbal hasil menjanjikan

Secara garis besar, melakukan pendanaan di P2P Lending bisa dibilang lebih menguntungkan ketimbang berinvestasi di sejumlah instrumen konvensional. Umumnya, penyelenggara P2P Lending memberikan imbal hasil sebesar 8%-20% per tahun kepada para Pendananya. Meski begitu, ada pula yang memberikan imbal hasil jauh lebih menjanjikan, yakni 8%-120% per tahun. Nah, sebagai calon Pendana, kamu harus cermat dalam mencari informasi terkait keuntungan yang diberikan oleh penyelenggara P2P Lending.

Baca juga: Pakar Keuangan: P2P Lending bisa jadi Sarana untuk Mengembangkan Dana bagi Milenial!

TKB 90 selalu 100%

Untuk mengetahui P2P Lending terbaik, kamu bisa lihat dari TKB 90 alias tingkat keberhasilan dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu 90 hari. Jika P2P Lending yang kamu pilih mencantumkan angka 100% dalam kolom TKB 90, itu artinya platform tersebut masuk dalam kategori baik. Penjelasan singkatnya, tidak ada pendanaan yang bermasalah di platform P2P Lending tersebut.

Punya fitur Pendanaan Otomatis

Apakah platform P2P Lending yang kamu pilih menyediakan fitur Pendanaan Otomatis? Jika ya, itu berarti platform tersebut masuk dalam kategori P2P Lending terbaik. Perlu kamu tahu, P2P Lending yang baik selalu memberikan kemudahan dan keuntungan bagi para konsumennya.

Dengan adanya fitur tersebut, sistem akan menyebar dana yang kamu miliki secara otomatis ke sejumlah pendanaan yang tersedia. Sebagai Pendana, kamu hanya perlu menunggu pokok dan imbal hasil masuk ke dalam Saldo Tersedia, setelah pihak peminjam melakukan pelunasan.

Baca juga: Ini Dia, Sejarah Terbentuknya Platform Danain di Kancah P2P Lending Indonesia!

Di sisi lain, fitur Pendanaan Otomatis juga memungkinkan dana kamu makin berkembang karena adanya compounding effect alias ‘bunga-berbunga’. Penjelasan sederhananya seperti ini: Bunga yang diperoleh dari hasil pendanaan akan dikembangkan kembali, kemudian bunga yang dihasilkan akan menghasilkan bunga lagi, dan begitu seterusnya hingga dana kamu berkembang dengan maksimal.

Nah, jika kamu ingin melakukan pengembangan dana di P2P Lending, pilihlah platform yang memiliki sederet ciri di atas!

Leave a Reply