Blog

Nggak Perlu Repot, Ini Cara Mudah Cek Kartu Keluarga Online!

Danain-cara_cek_kartu_keluarga_online-gambar orang membuka laptop

Cara cek Kartu Keluarga online dengan mudah

Butuh nomor Kartu Keluarga tapi tidak menghafalnya? Coba cek Kartu Keluarga online dengan cara berikut ini!

Kartu Keluarga atau yang sering disebut dengan KK merupakan salah satu dokumen resmi negara yang wajib dimiliki oleh setiap keluarga. Tujuan dari kepemilikan kartu ini adalah untuk menunjukkan bukti sah atas status keluarga dan kepemilikan anggota keluarga.

Kartu Keluarga juga menjadi salah satu modal penting untuk membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP). Di mana nantinya, identitas yang tercantum di KTP akan mengacu pada identitas yang terdapat di Kartu Keluarga, mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK), alamat tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Di sisi lain, Kartu Keluarga juga sering menjadi dokumen yang dibutuhkan dalam berbagai macam situasi. Misalnya, saat akan membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) atau produk asuransi lain, syarat pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan masih banyak yang lainnya.

CARA MUDAH CEK KARTU KELUARGA ONLINE

Setidaknya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek Kartu Keluarga online secara mudah, antara lain:

1. Lewat Media Sosial Resmi Dukcapil

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk cek Kartu Keluarga online adalah dengan mengunjungi akun media sosial resmi milik Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Dalam hal ini, kamu bisa mengunjungi Instagram, Facebook, atau Twitter resmi mereka.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Cara Membuat Kartu Keluarga Online!

Untuk mengetahui akun resmi Dukcapil, pastikan akun tersebut memiliki tanda verified atau checklist berwarna biru. Jangan sampai menghubungi akun Dukcapil palsu yang justru dapat menyalahgunakan data-datamu.

Berikut adalah akun resmi Dukcapil sesuai dengan platform media sosial yang mereka gunakan:

Instagram : @dukcapilkemendagri

Facebook : Ditjen Dukcapil

Twitter : @ccdukcapil

Untuk melakukan pengecekan nomor Kartu Keluarga, pastikan kamu menanyakannya melalui direct message atau pesan pribadi agar keamanan datamu tetap terjamin dan tidak disalahgunakan.

2. Cek Kartu Keluarga Online via Email

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghubungi call center Dukcapil melalui layanan email mereka di callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id. Dalam hal ini, kamu hanya perlu mengirimkan NIK KTP beserta data diri lainnya, seperti nama lengkap, alamat, dan tanggal lahir.

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan tujuan meminta nomor Kartu Keluarga tersebut. Jangan lupa mengisi subjek atau judul di email yang akan kamu kirimkan untuk memperbesar peluang cepat dibalas.

Baca juga: Kartu BPJS Ketenagakerjaan Kamu Hilang? Begini Cara Mengurusnya!

Setelah semua langkah tersebut selesai kamu lakukan, kamu hanya perlu menunggu respons dari pihak Dukcapil. Biasanya, hal ini akan memakan waktu 1×24 jam kerja.

3. Cek Nomor Kartu Keluarga melalui Whatsapp

Selanjutnya, kamu juga bisa menggunakan media sosial seperti Whatsapp untuk melakukan cek nomor Kartu Keluarga secara online di nomor 08118005373.

Nomor tersebut merupakan nomor Whatsapp resmi Dukcapil, seperti yang kami kutip dari website resminya. Kamu bisa menghubunginya sewaktu-waktu dan menanyakan hal seputar data kependudukan, pengurusan NIK, pengecekan nomor Kartu Keluarga dan lain sebagainya.

Namun, kamu harus bersabar menunggu respons dari mereka, sebab seperti dilansir dari situs resminya, pihak Dukcapil menerima setidaknya 4 sampai 6 ribu pesan setiap harinya. Sehingga, akan butuh waktu untuk membalasnya satu persatu.

4. Cek Kartu Keluarga dengan Layanan Hotline Dukcapil

Terakhir, jika kamu memang terburu-buru atau butuh segera nomor Kartu Keluarga tersebut, kamu bisa langsung menghubungi call center Dukcapil melalui layanan telepon yang disediakan di nomor 1500537.

Layanan telepon ini akan lebih cepat mendapatkan respons daripada kamu menghubunginya melalui beberapa cara di atas. Jadi, buat kamu yang memiliki kebutuhan urgent, kamu bisa menggunakan cara ini sebagai solusi.

Baca juga: Hati-hati, 5 Masalah ini Bakal Mengintai jika Kamu Punya Banyak Kartu Kredit!

Secara umum, kamu hanya akan diberikan pertanyaan mengenai tujuan permintaan nomor Kartu Keluarga, NIK, nama lengkap, dan data diri lainnya.

Ya, itulah beberapa cara cek Kartu Keluarga online yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Buat kamu yang tinggal jauh dari keluarga, beberapa cara di atas tentu akan sangat membantu, terlebih jika Kartu Keluarga kamu hilang, terselip, atau lupa menaruhnya.

Leave a Reply