Blog

Mau Omset Meningkat? Yuk, Intip Ide Kreatif untuk Meningkatkan Penjualan Berikut ini!

danain-Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan-gambar orang kreatif

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan

Apa saja ide kreatif untuk meningkatkan penjualan?

Setiap bisnis memiliki target penjualan yang berbeda-beda, hingga berupaya menaikkan angka penjualan setiap bulannya melalui ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Jika kamu sedang berupaya menaikkan angka penjualan dan penasaran dengan ide kreatif yang dimaksud, artikel berikut sangat tepat untuk disimak.

Tawarkan Sampel Makanan

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang satu ini cocok sekali diterapkan dalam bisnis kuliner maupun F&B (food and beverage). Kamu bisa menawarkan sampel makanan ke calon pelanggan di depan pintu restoran.

Kuncinya, makanan yang kamu sajikan harus enak dan berkualitas, agar orang-orang tertarik mengunjungi restoran yang kamu punya dan memesan menu yang telah dicicipi. Sebaiknya, tawarkan sampel makanan dalam kondisi segar dan enak, meskipun didiamkan agak lama.

Menerapkan Harga Normal Diikuti Tambahan Produk Maupun Jasa

Hal seperti ini cocok diterapkan pada model B2B (business to business). Jadi, kamu menawarkan harga dasar produk maupun jasa, dengan tambahan berbagai layanan gratis.

Baca juga: Agar Penjualan bisa Optimal, 10 Cara Menawarkan Produk ini Wajib Kamu Tahu dan Terapkan!

Ide promosi kreatif ini bisa menggunakan embel-embel free atau tambahan produk maupun layanan, agar dapat men-trigger psikologis target audiens. Contoh, pelanggan akan mendapat totebag gratis ketika membeli 10 barang.

Mengadakan Giveaway

Kamu bisa mengadakan giveaway di media sosial, dengan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi calon penerima giveaway. Hadiah dari giveaway bisa berbentuk tiket gratis maupun potongan harga tertentu, dan lain sebagainya.

Hampir semua orang suka mendapatkan hadiah. Ketika mengadakan giveaway, sertakan hashtag atau mengajak teman, agar menarik perhatian lebih banyak target audiens.

Giveaway bisa jadi ajang meningkatkan engagement dengan konsumen, menarik perhatian lebih banyak calon pelanggan, serta mendongkrak brand awareness.

Menjadi Sponsor Komunitas Lokal

Menjadi sponsor maupun mendukung komunitas lokal juga merupakan salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan. Langkah tersebut bisa jadi ajang meningkatkan promosi brand secara kreatif, agar bisnis kamu semakin dikenal oleh banyak orang.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

Hal ini juga menunjukkan bahwa bisnis kamu berkomitmen dan peduli terhadap komunitas lokal. Misal, kamu jadi sponsor tim olahraga lokal. Sebagai pertimbangan, logo bisnis kamu bisa dicantumkan pada kostum maupun perlengkapan olahraganya.

Melakukan Pembaharuan pada Website Bisnis

Seiring perkembangan teknologi, maka keberadaan website sangat penting untuk mendukung bisnis. Jika kamu sudah memiliki website bisnis, sebaiknya perbarui situs tersebut dengan menyajikan informasi produk terbaru.

Kamu bisa menambahkan penjelasan pada setiap produk secara detail, kemudian menambahkan informasi mengenai bisnis yang dijalankan secara lengkap. Hal penting yang jangan sampai terlewat adalah mencantumkan informasi kontak pada website, seperti nomor telepon, email, dan alamat bisnis.

Menawarkan Program Member

Loyalitas pelanggan bisa jadi kunci penjualan. Oleh karena itu, tak heran jika banyak bisnis yang mengumpulkan para pelanggannya dalam klub loyalitas maupun member. Tak sekadar menjadikan pelanggan sebagai member, kamu juga perlu memberikan promo, seperti hadiah saat pelanggan mendaftarkan diri sebagai member.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan penawaran khusus yang hanya tersedia dalam program member. Misal, potongan harga khusus member.

Menjalin Kerjasama dengan Influencer

Ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang selanjutnya adalah menggandeng influencer maupun brand ambassador. Bijaklah dalam memilih influencer, serta perlu disesuaikan dengan jenis produk yang ingin dipromosikan.

Baca juga: 6 Inspirasi dan Contoh Bisnis Ekspor Modal Kecil yang Perlu Kamu Tahu

Pastikan followers dari influencer tersebut sesuai dengan target audiens kamu, agar semakin besar peluang memperoleh pelanggan baru.

Secara keseluruhan, menemukan ide kreatif untuk meningkatkan penjualan bukan hal yang mudah, namun ide-ide kreatif yang telah diulas bisa kamu coba. Kamu bisa memilih beberapa ide kreatif yang cocok dengan bisnis yang sedang dijalankan. Selamat mencoba!

Leave a Reply