Blog

Nggak Perlu Repot, Ini Cara Mengecek Harga Emas Paling Mudah!

Danain-cara_mengecek_harga_emas-gambar orang sedang membuka hp

Cara mengecek harga emas ter-update

Cara mengecek harga emas sudah bisa dilakukan dengan mudah, tak perlu lagi harus datang ke toko emas. Kamu bisa mengetahui harga emas ter-update melalui cara-cara berikut ini.

Emas jadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Hal ini karena harga emas terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu, serta menjadi salah satu aset yang aman untuk disimpan dalam jangka panjang.

Bagi pemilik modal yang tak berani ambil risiko untuk berinvestasi di reksa dana, obligasi, maupun saham, emas bisa diandalan untuk menahan nilai aset agar tidak tergerus oleh inflasi. Pasalnya, emas telah sejak lama menjadi salah satu aset safe haven atau aset yang tidak akan terpengaruh meskipun kondisi ekonomi sedang bergejolak.

Nah, buat kamu yang saat ini tertarik untuk berinvestasi namun tak berani ambil risiko tinggi, investasi emas bisa dijadikan opsi untuk memulai langkah tersebut.

Baca juga: Jangan Asal Beli, Ketahui Dulu Model Cincin Emas Terbaru yang Sedang Tren di Tahun 2021 ini!

Adapun untuk memudahkanmu dalam berinvestasi emas dan meraup untung besar, penting bagi kamu untuk mengetahui harga jual dan belinya saat ini.  Berikut beberapa cara mengecek harga emas yang bisa kamu lakukan tanpa harus pergi ke toko emas.

CARA MENGECEK HARGA EMAS PALING UPDATE

1. Cek di situs resmi Sahabat Pegadaian

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengecek harga emas terkini adalah dengan membuka situs resmi Sahabat Pegadaian di https://sahabatpegadaian.com/ .

Selanjutnya, klik menu “Simulasi” dan pilih “Harga Emas”. Kamu akan langsung diarahkan pada halaman khusus dengan tabel harga emas ter-update sesuai tanggal berlakunya.

Sekadar informasi, kamu hanya bisa melihat harga emas ANTAM pada halaman ini, tidak ada jenis emas dari merek lain. Jadi, buat kamu yang ingin membeli emas selain dari PT Antam (Aneka Tambang) Tbk, kamu mungkin bisa mencoba cara yang lainnya.

Selain menggunakan situs resminya, kamu juga bisa mengunduh aplikasi Sahabat Pegadaian di smartphone untuk mengikuti informasi pergerakan harga emas tiap harinya.

2. Cek harga emas di situs IndoGold

Berikutnya, kamu juga bisa melakukan pengecekan harga emas di situs lain, seperti IndoGold.id. IndoGold merupakan sebuah platform khusus yang bisa digunakan oleh pemilik modal untuk melakukan jual beli emas mulai dari Rp 10 ribu. Platform ini sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Baca juga: Sama-sama Emas Batangan, Apa Sih Perbedaan Emas Antam dan UBS?

Di situs resminya, kamu bisa melihat harga emas terkini setiap saat. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengunjungi situs https://www.indogold.id/, lalu pilih menu “Harga Emas” yang tertera di bagian navigasi atas.

Selanjutnya, kamu akan melihat tampilan harga emas pada hari itu, lengkap dengan grafik harga jual dan belinya yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

3. Cara mengecek harga emas di situs Harga-emas.org

Harga-emas.org menjadi salah satu situs yang dapat menampilkan harga emas secara general, mulai dari emas Antam, emas UBS, hingga harga emas dunia.

Situs ini menunjukkan informasi harga emas dalam tampilan yang lebih lengkap dengan grafik yang bisa kamu tinjau lebih dari 10 tahun. Kamu juga bisa melakukan perbandingan antara harga emas dunia saat ini dengan laju kenaikan kurs dolar. Dengan demikian, kamu bisa tahu waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

4. Cek harga emas di website Kitco

Terakhir, cara mengecek harga emas yang bisa kamu coba adalah dengan melihatnya di website Kitco.com. Situs ini cocok buat kamu yang ingin terus mendapatkan informasi terkini soal harga emas dunia atau logam mulia yang lain, seperti perak dan platinum.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Tips Jual Beli Emas bagi Pemula agar Bisa Mendulang Untung!

Tampilannya yang sederhana membuat situs ini mudah untuk dipahami, meskipun bagi orang awam yang pertama kali mengunjunginya. Hanya saja, karena Kitco.com merupakan situs internasional dan khusus membahas harga logam mulia dunia, kamu tidak akan menemukan grafik emas Antam, PAMP, UBS, ataupun merek emas lokal yang lainnya.

Leave a Reply