Blog

Cara Mengatasi Deflasi yang Menimpa Suatu Negara

danain-cara mengatasi deflasi-gambar tumpukan koin

Cara mengatasi deflasi

Bagaimana cara mengatasi deflasi yang makin hari makin memengaruhi kondisi ekonomi?

Memahami cara mengatasi deflasi merupakan bentuk pemikiran yang sangat luar biasa. Penurunan harga yang berlangsung secara cepat memang terlihat menguntungkan apabila ditinjau secara sekilas. Akan tetapi, tidak untuk sistem perekonomian masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, apa sih deflasi itu?  Untuk mengetahui penjelasan lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini sampai tuntas!

Pengertian Deflasi

Sebelum menuju informasi terkait cara mengatasi deflasi, penting untuk tahu terlebih dahulu pengertian dari deflasi. Jika dijelaskan secara singkat, pengertian deflasi adalah bentuk dari adanya penurunan tingkat inflasi. Namun terdapat waktu-waktu tertentu yang perlu diperhatikan dengan baik.

Pada dasarnya, deflasi merupakan salah satu kondisi di mana harga barang serta jasa mengalami penurunan secara besar-besaran. Terlebih lagi jika dilakukan dalam jangka waktu yang panjang atau dilakukan penurunan harga secara langsung atau bersamaan.

Baca juga: Ngeri, ini Sederet Dampak Inflasi terhadap Perekonomian!

Memang, jika dipantau secara sekilas, hal ini sangat menguntungkan bagi masyarakat. Dengan begitu, akan mulai banyak masyarakat yang membeli barang sebagai stock.

Kegiatan ini berbeda dengan dampak yang terjadi berdasarkan kegiatan tersebut, di mana setiap pengusaha akan dirugikan karena terus menjualnya dengan harga murah. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir adanya kerugian, pelaku usaha atau bisnis akan terus melakukan proses jual beli yang ditawarkan dengan harga murah karena tidak ada pilihan lain.

Dampak yang Diberikan Deflasi

Seperti yang telah dipaparkan tadi, deflasi harus segera ditangani. Apabila cara mengatasi deflasi tidak dilakukan, maka kemungkinan besar pebisnis akan mengalami resesi serta kesulitan pada ekonomi.

Deflasi yang berarti keadaan harga terus menerus turun menjadikan para pengusaha jadi rugi. Misalnya saja, ia membeli stok barang dengan harga murah, tapi karena terjadi deflasi maka ia harus menjualnya dengan harga yang sama atau bahkan lebih murah. Dampaknya, jika menjual dengan harga yang sama dengan ia membeli stok, maka tidak akan mendapat untung, terlebih lagi jika menjual dengan harga lebih murah karena deflasi, maka ia akan rugi.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Cara Menghitung Laju Inflasi dengan Metode Sederhana!

Selain itu, dampak negatif yang diberikan adalah adanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) secara besar-besaran. Sehingga, banyak masyarakat yang mulai kehilangan pekerjaan hingga menganggur. Pada dasarnya, pendapatan bisnis atau perusahaan cenderung mulai menurun ketika harga dari setiap barang juga ikut turun.

Cara Mengatasi Deflasi dengan Mudah

Salah satu cara untuk mengatasi deflasi adalah mengimplementasikan kebijakan moneter. Kebijakan ini merupakan salah satu peraturan Bank Indonesia yang akan menambah jumlah uang beredar di masyarakat.

Selain itu, dapat pula diatasi melalui kebijakan politik diskonto. Ketika tingkat suku bunga menjadi turun, hal tersebut akan membuat uang beredar makin bertambah. Pasalnya, jika bunga rendah, maka kecenderungan untuk menabung ikut rendah, sehingga uang yang beredar akan bertambah. Dampak lainnya adalah jumlah orang yang mengajukan pinjaman akan meningkat, sehingga membuat uang yang beredar ikut bertambah.

Baca juga: Wajib Paham, ini Jenis-jenis Inflasi Berdasarkan Tingkat Keparahannya!

Cara lainnya yakni dengan menerapkan kebijakan non moneter. Meskipun pemerintah telah mencoba untuk menerapkan cara mengatasi deflasi ini, namun tanpa adanya dukungan dari masyarakat tentu tidak ada artinya. Meskipun deflasi juga punya dampak positif, akan tetapi bukan jadi alasan untuk suatu negara dapat tenang begitu saja tanpa adanya tindakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Leave a Reply