Blog

Mau Cepat Kaya dan Beli Rumah? Ini Cara Menabung 100 Juta Setahun!

danain-Cara menabung 100 juta setahun-gambar tumpukan uang koin

Cara menabung 100 juta setahun

Bagaimana cara menabung 100 juta setahun? Benarkah ada cara instan yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya?

Bisa memiliki tabungan 100 juta rupiah hanya dalam waktu setahun mungkin terdengar mustahil bagi sebagian orang. Mengingat banyak dari kita yang hanya bekerja dan digaji dengan batas UMR daerah masing-masing. Belum lagi, dipotong untuk memenuhi kebutuhan hidup dan keperluan yang lain.

Meski begitu, kamu tak perlu putus asa. Sebab, di era digital seperti sekarang, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan jika memang ingin memiliki tabungan 100 juta rupiah dalam setahun. Kuncinya hanyalah konsisten dan mau bekerja keras.

Lantas, bagaimana cara menabung 100 juta setahun? Berikut beberapa di antaranya yang bisa kamu coba!

  1. Sisihkan penghasilan di awal

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung di awal ketika kamu menerima gaji. Jadi, sebelum uang gaji tersebut dibelanjakan banyak hal, kamu harus menyisihkannya sebagian terlebih dahulu untuk ditabung.

Baca juga: 4 Uang Kuno Termahal yang Perlu Kamu Tahu, Ada yang Mencapai Ratusan Juta Rupiah!

Tidak ada persentase yang pas untuk menentukan seberapa banyak uang yang harus ditabung. Semua hal tersebut dapat disesuaikan dengan preferensi, tujuan, kebutuhan, dan kondisi keuangan masing-masing tiap orang.

Tapi, jika kamu memiliki target menabung 100 juta rupiah dalam setahun, tentunya untuk mencapai hal tersebut, kamu harus menyisihkan banyak uang tiap bulan agar masuk ke dalam rekening tabungan.

  1. Kurangi belanja yang tidak perlu

Seringkali ketika baru menerima gaji, kita sudah terpikirkan untuk berbelanja banyak barang. Jika kamu sering berpikir hal ini, mulailah untuk lebih mengontrolnya. Bukan berarti kamu tidak boleh belanja memenuhi wishlist-mu.

Namun, untuk mencapai target finansialmu di masa mendatang, khususnya dalam menabung 100 juta rupiah setahun, kamu harus bisa memilah mana pengeluaran yang harus dilakukan dan mana yang sebaiknya ditahan.

Baca juga: Punya Budget Terbatas? Coba Tips Bangun Rumah 50 Juta Rupiah Berikut ini!

Misalnya, jika kamu tertarik untuk berganti hp baru hanya untuk mengikuti tren, padahal smartphone-mu yang sekarang sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan kerja dan bersosial media, maka sebaiknya kamu mengurungkan niat tersebut dan lebih baik fokus pada tujuan menabung 100 juta dalam setahun.

  1. Cari pekerjaan sampingan

Seperti yang telah kami singgung sebelumnya, cara menabung 100 juta setahun mungkin terdengar tidak realistis, terlebih dengan gaji yang hanya sebatas UMR.

Tetapi, perlu digaris bawahi bahwa tidak ada yang mustahil di dunia ini, selama kamu mau berusaha. Dalam hal ini, untuk mewujudkan tabungan 100 juta per tahun, bisa kamu lakukan dengan cara memiliki side hustle atau side job yang dapat memberikan kamu penghasilan tambahan.

Nantinya, penghasilan yang diperoleh dari kerja sampingan tersebut bisa seluruhnya kamu tabung untuk mempercepat mencapai target tabungan 100 juta dalam setahun.

  1. Investasikan tabunganmu

Agar uang yang kamu tabung tidak menganggur begitu saja di rekening bank, ada baiknya kamu meletakkan seluruh uang dingin tersebut ke dalam instrumen investasi yang menjanjikan, seperti saham atau reksa dana. Tentunya, harus disesuaikan dengan profil risiko kamu dalam berinvestasi, ya!

Dengan demikian, uang dingin yang kamu miliki tidak akan termakan oleh biaya administrasi bank tiap bulan ataupun tergerus oleh inflasi. Justru dana tersebut dapat memberikan penghasilan atau passive income dari instrumen investasi yang kamu jalankan.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Mendapatkan Uang 50 Juta dalam Sehari? Yuk, Simak Jawabannya di Bawah ini!

Sehingga, uangmu pun akan terus bertumbuh seiring berjalannya waktu dan mempermudah caramu dalam memiliki tabungan 100 juta dalam satu tahun.

Ya, itulah beberapa cara menabung 100 juta setahun yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang. Kamu hanya perlu konsisten dan berusaha keras untuk mewujudkan setiap target finansial yang telah kamu tentukan.

Leave a Reply