Blog

Mau Tahu Cara Jadi Pengusaha Sukses? Simak Rahasianya di Bawah ini

Danain-Cara_jadi_pengusaha_sukses-gambar pengusaha sukses

Cara jadi pengusaha sukses

Menjadi pengusaha yang berhasil adalah impian banyak orang. Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara jadi pengusaha sukses?

Pada prinsipnya, menjadi pengusaha membuka peluang bagi seseorang untuk mendapatkan penghasilan yang terbilang besar. Di sisi lain, jadi pengusaha juga bisa membuka lapangan kerja bagi banyak orang, sekaligus mampu meningkatkan perekonomian di suatu negara.

Nah, pada kesempatan ini, kami akan membeberkan sebuah rahasia yang perlu diketahui oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang ingin terjun menjadi pengusaha dan berhasil di bidang tersebut. Langsung saja, berikut sederet cara jadi pengusaha sukses, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Pilih jenis usaha yang sesuai minat

Meski terdengar klasik, namun menjalankan bisnis yang sesuai minat memang terbukti ampuh untuk membuat seseorang menjadi sukses. Ketertarikan yang tinggi terhadap suatu hal akan membuat kamu tetap berenergi saat melakoninya. Inilah cara jadi pengusaha sukses yang pertama!

Jangan takut ambil risiko

Pendiri Amazon Jeff Bezos mengatakan, jika ingin jadi pengusaha sukses, bersiaplah untuk ambil risiko besar dan gagal dalam bisnis. “Kami mengambil risiko setiap saat, kami selalu berbicara tentang kegagalan. Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakkan jarum. Jika tidak, kita tidak akan cukup berayun. Kamu harus benar-benar berayun keras dan gagal, tapi tidak apa-apa,” jelasnya.

Baca juga: Mau jadi Pengusaha, ini 4 Jenis SIUP yang Perlu Kamu Tahu!

Siap untuk berkorban

Meraih kesuksesan bukanlah perkara mudah, butuh perjuangan ekstra untuk bisa mewujudkannya. Kalau kamu ingin jadi pengusaha sukses, kamu harus mengorbankan waktu dan uang yang dimiliki.

Manfaatkan dunia maya

Cara jadi pengusaha sukses yang berikutnya adalah harus pandai dalam memanfaatkan dunia maya. Gunakanlah fasilitas tersebut sebaik mungkin untuk mencari info sebanyak-banyaknya, sehingga bisa menginspirasi kamu untuk segera memulai usaha.

Pelajari strategi promosi

Sebuah usaha akan bisa berhasil kalau kamu tahu cara mempromosikannya. Dengan strategi promosi yang tepat, masyarakat luas akan tahu tentang jenis usaha yang sedang kamu jalankan. Di masa sekarang, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi bisa jadi pilihan cermat.

Baca juga: Pernah Putus Sekolah, Pria ini Sukses jadi Pengusaha Bergelar Miliarder!

Latih kemampuan komunikasi

Kesuksesan sebuah usaha juga dipengaruhi oleh kemampuan komunikasi sang pemilik. Coba pikir baik-baik, bagaimana bisa kamu menawarkan sebuah produk, kalau kamu sendiri tidak tahu cara mengomunikasikannya?

“Satu-satunya cara untuk jadi orang yang bernilai 50 persen lebih baik dari sekarang adalah dengan mengasah kemampuan komunikasi, baik lisan maupun tulisan. Kalau seseorang tidak dapat berkomunikasi, itu sama halnya dengan mengedipkan mata pada wanita dalam kegelapan. Tak ada gunanya sama sekali. Kamu bisa memiliki kecerdasan di dunia, tapi kamu juga harus bisa mentransmisikannya dengan berkomunikasi,” terang miliarder kenamaan Warren Buffett.

Perluas networking

Cara jadi pengusaha sukses yang selanjutnya adalah harus bisa memperluas networking alias jaringan. Perlu diketahui, dalam dunia usaha, networking harus selalu diperluas dan dijaga kedekatannya. Tujuannya hanya satu, yakni agar usaha kamu selalu mendapatkan banyak peluang.

Selalu berpikir positif

Berpikir positif adalah langkah awal untuk menuju kesuksesan. Dengan mengamalkan sikap tersebut, kamu akan mampu menghadapi semua masalah yang ada di depan mata dengan kepala dingin.

 

Baca juga: Bob Sadino, Pengusaha Nyentrik yang Pernah Dimarahi Paspampres!

Temukan mentor yang tepat

Menjalankan sebuah usaha butuh keterampilan dan keahlian yang mungkin saja belum kamu kuasai. Karena itu, penting bagi kamu untuk mencari mentor yang tepat agar bisa membimbing kamu dalam menjalankan usaha tersebut. Bertemanlah dengan pengusaha yang telah lebih dulu berhasil, lalu jadikan mereka sebagai panutan dan minta saran mereka setiap kali ingin mengambil keputusan yang besar.

Jangan buang waktu urusi masalah orang lain

Cara jadi pengusaha sukses yang terakhir adalah dengan tidak membuang waktu untuk mengurusi masalah orang lain. Diungkapkan CEO Apple Tim Cook, aturlah waktu sebaik mungkin dan jangan pernah menyia-nyiakan waktu untuk sederet hal yang tidak penting.

“Waktu kamu sangat terbatas, karena itu jangan pernah menghabiskannya untuk mengurusi masalah orang lain. Dengan menerapkan langkah tersebut, kamu akan punya waktu lebih luang untuk bekerja dan mempersiapkan segala sesuatu guna meraih kesuksesan,” pungkasnya.

Bagaimana, siap jadi pengusaha sukses dengan sederet tips cerdas di atas?

Leave a Reply