Blog

Mudah, ini Cara Cek Keberangkatan Haji Kemenag Tahun 2022!

danain-Cara Cek Keberangkatan Haji Kemenag-gambar kabah

Cara cek Keberangkatan Haji Kemenag

Apakah kamu telah mendaftar sekaligus membayar biaya haji secara resmi? Jika ya, berikut cara cek keberangkatan haji Kemenag dengan cepat dan mudah!

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi umat Islam terbesar di seluruh dunia. Tak heran, negara kita mendapat banyak kuota untuk menunaikan ibadah haji.

Namun demikian, pendaftar haji yang begitu banyak membuat kuota haji yang telah diberikan jadi tidak seimbang. Alhasil, daftar tunggu haji pun jadi semakin lama, bahkan sampai puluhan tahun.

Sekadar informasi, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) sudah menetapkan Kuota Haji 1443 H/2022 M beberapa waktu lalu. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 405 tahun 2022 tentang Kuota Haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M.

Dalam KMA tersebut, telah ditetapkan bahwa kuota haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M adalah sebanyak 100.051. Rinciannya, 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus.

Baca juga: Berapa Sih Biaya Haji 2022 dalam Rupiah? Yuk, Simak Ulasannya di Bawah ini!

Dijelaskan Menteri Agama, KMA tersebut merupakan kelanjutan alokasi kuota haji yang diberikan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Menurutnya, baik haji reguler atau haji khusus, kuota 1443 H/2022 M diperuntukkan bagi jemaah yang telah melunasi biaya Perjalanan Ibadah Haji 1441 H/2020 M, dan berusia paling tinggi 65 tahun per tanggal 8 Juli 2022 sesuai dengan urutan nomor porsi.

Adapun bagi jemaah haji yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji tahun 1441 H/2020 M yang tidak masuk alokasi kuota atau menunda keberangkatan pada tahun 1443 H/2022 M, maka akan diprioritaskan menjadi jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 H/2023 M, sepanjang kuota haji tersedia.

Nah, bicara ibadah haji, ada satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Bagaimana cara cek keberangkatan haji Kemenag dengan cepat dan mudah?

Berikut kami beberkan langkah-langkahnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com!

CARA CEK KEBERANGKATAN HAJI KEMENAG

Pada prinsipnya, cara mengecek jadwal keberangkatan haji bisa dilakukan dengan menyalin nomor porsi haji kamu. Nomor porsi haji merupakan nomor antrean pemberangkatan haji yang dikeluarkan oleh Kemenag. Nomor tersebut tertera dalam bukti setoran awal yang kamu dapatkan saat mendaftar haji di bank.

Baca juga: Anti Ribet, ini Cara Cek Perusahaan yang Terdaftar di OJK!

Nomor porsi haji terdiri dari 10 digit. Nomor ini akan kamu dapat setelah melakukan pembayaran setoran awal haji ke bank sebesar Rp 25 juta.

Berikut alur lengkapnya:

  1. Siapkan nomor porsi haji kamu.
  2. Buka laman https://haji.kemenag.go.id/v4/.
  3. Geser ke bawah hingga menemukan kolom Perkiraan Berangkat.
  4. Masukkan nomor porsi haji kamu ke dalam kolom Nomor Porsi.
  5. Jika sudah, klik
  6. Layar akan menampilkan informasi jadwal keberangkatan haji kamu.

Jika kamu tak bisa melihat estimasi keberangkatan, bisa jadi situs Kemenag sedang dalam perbaikan. Kamu bisa melakukan pengecekan lagi beberapa saat atau keesokan harinya. Sementara itu, kalau kamu jemaah haji plus, kamu bisa meminta bantuan dari travel haji tempat kamu mendaftar untuk mengecek jadwal keberangkatan.

KEBERANGKATAN HAJI BISA BERUBAH

Sebagai catatan, perkiraan keberangkatan haji bisa berubah sesuai perubahan kuota provinsi/kabupaten/kota/haji khusus, dan perubahan regulasi. Perkiraan keberangkatan hanya dihitung untuk jemaah yang belum batal atau belum berangkat.

Baca juga: Siapa Saja yang Wajib Memiliki NPWP? Cek Daftar Lengkapnya di Bawah ini!

Selama masa operasional haji, dilakukan perubahan tahun awal menjadi tahun berikutnya untuk antisipasi jemaah yang akan berangkat. Selesai masa operasional, perkiraan berangkat semua jemaah dimulai dari musim haji berikutnya.

Oh ya, kalau nomor porsi kamu mundur pada masa operasional haji, silakan cek kembali setelah masa operasional haji.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara cek keberangkatan haji Kemenag dengan cepat dan mudah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply