Blog

Berapa Sih Biaya Haji 2022 dalam Rupiah? Yuk, Simak Ulasannya di Bawah ini!

danain-Biaya haji 2022 dalam rupiah-gambar seseorang menunaikan ibadah haji

Biaya haji 2022 dalam rupiah

Di tahun ini, biaya untuk pergi haji diperkirakan akan lebih mahal. Lantas, berapa biaya haji 2022 dalam rupiah?

Pandemi covid-19 mengakibatkan calon jemaah haji Indonesia sudah dua tahun tak berangkat ke tanah suci. Hal ini berimbas pada jumlah antrean calon jemaah haji yang makin membeludak.

Direktur Jendral Penyelenggaraan Umrah dan Haji Kementerian Agama, Hilman Latief , berharap agar pemerintah Arab Saudi bisa memberikan kuota maksimal pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 ini. Hal itu ia sampaikan saat melihat keberangkatan jemaah umrah Indonesia yang perdana beberapa hari lalu.

Lalu, berapakah biaya haji 2022 dalam rupiah? Berikut ulasan lengkapnya untuk kamu!

Sejauh ini, belum ada informasi resmi dari Kementerian Agama (Kemenag) terkait biaya haji 2022 dalam rupiah. Kabarnya, pihak Kemenang sedang menyusun Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 1443 Hijriah, termasuk mendata jemaah yang telah melunasi iuran pelaksanaan haji nanti.

Baca juga: Jadi Korban Penipuan, Apakah Ada Biaya Lapor Polisi Kasus Penipuan?

Meski begitu, biaya pelaksanaan haji tahun ini diperkirakan akan naik, seiring masih diberlakukannya ketentuan protokol kesehatan yang sangat ketat pada masa pandemi. Sebagai gambaran dan tolak ukur, kita bisa meilhat rincian biaya haji pada tahun lalu.

Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu menuturkan, biaya haji tahun 2021 akan lebih mahal Rp 9,1 juta dibanding tahun sebelumnya. Kata dia, biaya haji tahun 2021 mencapai Rp 44,3 juta.

“Yang diajukan itu Rp 44 juta, tahun 2020 Rp 35,2 juta. Jadi, ada kenaikan Rp 9,1 juta. Komponen dari Rp 9,1 juta itu paling banyak di program kesehatan. Biaya prokes (protokol kesehatan) itu Rp 6,6 juta sendiri,” ujar Anggito saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR tahun lalu, seperti dikutip dari laman Kompas.com.

Baca juga: Berapa Sih Biaya Operasi Usus Buntu? Simak Besarannya di Sini!

Di sisi lain, lanjut Anggito, ada kenaikan nilai tukar dolar yang berakibat pada penambahan biaya hotel dan katering. Adapun estimasi biaya haji plus tetap merujuk pada Keputusan Presiden (Keppres) yang sebelumnya, yakni minimal 8.500 dolar AS – 9.000 dolar AS atau jika dirupiahkan menjadi Rp 121 juta – Rp 128 juta.

BIAYA UMRAH TAHUN 2022

Nah, setelah mengulas biaya haji 2022 dalam rupiah, kini giliran kami membahas biaya umrah untuk tahun 2022. Untuk diketahui, pemerintah kembali membuka perjalanan umrah bagi masyarakat Indonesia.

Terkait biaya, hasil rapat final Kemenag bersama asosiasi perjalanan umrah menetapkan biaya umrah tahun 2022 sebesar Rp 28 juta. Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Nur Arifin, menjelaskan bahwa penetapan harga tersebut belum termasuk biaya test PCR dan masa karantina sebelum keberangkatan, kedatangan, hingga kepulangan.

Baca juga: Tak Perlu Calo, ini Syarat, Prosedur, dan Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor!

“Jadi biaya saat ini umrah standarnya Rp 28 juta, tahun lalu berdasarkan Menteri Agama Nomor 777 Tahun 2020 umrah di masa pandemi Rp 26 juta, saat ini sudah kita lakukan musyawarah dengan asosiasi, sepakat biaya Rp 28 juta di luar karantina dan PCR,” jelas Nur Arifin, seperti dilansir Sindonews.com.

Kendati demikian, Nur Arifin mengatakan bahwa biaya tersebut merupakan hasil rapat bersama dengan asosiasi, tapi belum mendapat persetujuan dari Menteri Agama. “Tapi, Rp 28 juta ini belum tanda tangan Menteri. Baru rapat final, tapi mungkin nanti akan ada penyesuaian,” pungkasnya.

Ya, itulah ulasan singkat mengenai biaya haji 2022 dalam rupiah dan biaya umrah tahun 2022. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply