Blog

Mau Jadi Sales Andal? Simak Cara Berbicara Menjadi Sales Berikut ini!

danain-Cara berbicara menjadi sales-gambar seorang sales profesional

Cara berbicara menjadi sales

Bagaimana cara berbicara menjadi sales?

Salah satu keterampilan yang bisa menghasilkan banyak uang adalah keterampilan sales. Tidak semua orang tahu cara berbicara menjadi sales. Kemampuan ini tergolong unik, karena tidak mudah bagi seseorang menguasainya. Keterampilan komunikasi yang perlu dimiliki sales agar sukses adalah sebagai berikut:

Memulai dengan Sapaan

Salah satu cara berbicara menjadi sales bisa dimulai dengan sapaan, seperti “Selamat pagi, Bu.” Kalimat sapaan ini bisa kamu sesuaikan dengan jam bertemu calon pembeli. Yang terpenting, kamu menunjukkan keramahan.

Meskipun kamu mendapatkan impresi buruk dari calon pembeli, sebaiknya kamu tidak membalasnya juga dengan impresi buruk. Setelah membuka percakapan, kamu bisa menjelaskan kelebihan produk. Jika ada sampel produk, bisa persilakan calon konsumen melihatnya dari dekat.

Mengetahui Bahasa Tubuh

Biasanya, sales atau tenaga penjual sukses mempunyai satu kesamaan, yaitu menguasai bahasa tubuh dengan baik. Kemampuan ini menjadi hal penting, sehingga kamu harus bisa menggunakan bahasa tubuh yang tepat ketika berkomunikasi dengan calon pelanggan.

Baca juga: Agar Penjualan bisa Optimal, 10 Cara Menawarkan Produk ini Wajib Kamu Tahu dan Terapkan!

Terkait cara berbicara menjadi sales, seorang sales juga harus bisa membaca bahasa tubuh. Pendapat mengatakan bahwa komunikasi bahasa tubuh dianggap menjadi komunikasi paling jujur.

Ketika calon pelanggan Anda menunjukkan ketertarikan maupun penolakan, hal ini bisa diketahui secara jelas lewat bahasa tubuh.

Empati dengan Calon Pembeli serta Pelanggan

Seorang sales memang diharuskan mampu menjual produk, tetapi tidak dengan menghalalkan segala cara. Kamu harus berempati dengan calon pembeli. Kemampuan berempati ini dapat membantu kamu dalam menjual produk serta memperoleh respect dari calon konsumen.

Empati membantu seorang sales untuk mengetahui hal yang dirasakan calon konsumen. Ketika kamu mengetahui apa yang dirasakan calon pembeli, maka sales berpeluang menjual produk dengan cara efektif.

Menguasai Produk

Biasanya, orang-orang hanya ingin membeli barang maupun layanan yang benar-benar dipahami. Agar calon pelanggan benar-benar memahami suatu produk, sales harus memaparkan alasan produk terkait sesuai kebutuhan maupun keinginan calon pelanggan.

Baca juga: Cara Membuat Buku Kas Harian di Buku Tulis Sederhana untuk Bisnis

Meyakinkan calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan menjadi lebih sulit, jika sales kurang memahami produk yang dijualnya. Kamu bisa memilah informasi seperti apa yang sebaiknya disampaikan, ketika sudah benar-benar memahami produk.

Dengan menguasai produk, maka memudahkan kamu menyampaikan edukasi seputar produk dengan baik kepada calon konsumen.

Menjual Barang dengan Jujur

Hindari menjual barang maupun layanan dengan cara tidak jujur. Kebohongan memang menjadikan aktivitas berjualan lebih mudah. Perlu diingat bahwa kebohongan yang dilakukan akan berimbas pada kelangsungan bisnis dan tidak bisa memperoleh loyalitas pelanggan.

Jika ada hal yang tidak kamu ketahui, sebaiknya kamu tidak menutupinya dengan kebohongan. Kamu bisa memanfaatkan ketidaktahuan ini sebagai ajang membangun prospek, bahkan bisa menjadi alasan melakukan follow up dengan calon konsumen.

Selalu Ingin Tahu

Masih berkaitan dengan cara berbicara menjadi sales. Cara terbaik untuk mengetahui kebutuhan dari calon pelanggan maupun pembeli adalah dengan menanyakannya secara langsung.

Tetapi, tidak sedikit sales yang melupakan hal esensial seperti ini, karena memerlukan rasa ingin tahu untuk melakukannya. Jadi, rasa ingin tahu bisa menjadi salah satu bagian penting ketika membangun keterampilan komunikasi seorang sales.

Baca juga: Jangan Asal Lego, ini Cara Menjual Emas Tanpa Surat yang Perlu Kamu Tahu!

Selain mengetahui kebutuhan calon pelanggan, dengan bertanya langsung, kamu juga bisa merekomendasikan produk yang menjawab kebutuhan calon pelanggan. Bertanya juga bisa mengeratkan hubungan antara penjual dengan pelanggan.

Secara garis besar, ada beberapa keterampilan yang harus diperhatikan sales, untuk menerapkan cara berbicara menjadi sales yang tepat. Sebisa mungkin, sales mengusahakan terjalinnya hubungan baik antara calon pelanggan dengan penjual, agar aktivitas menjual barang jadi lebih mudah.

Leave a Reply