Blog

Sering Jadi Pertanyaan, Berapa Sih Biaya Vaksin Influenza di Fasilitas Kesehatan?

Vaksinasi merupakan salah satu langkah tepat untuk mencegah penyakit menular, seperti flu. Lantas, berapa biaya vaksin influenza di fasilitas kesehatan?

Meski Indonesia beriklim tropis, masyarakat tetap perlu waspada dengan penyakit influenza (flu). Penyakit ini umum terjadi saat memasuki musim penghujan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), vaksinasi adalah cara paling efektif untuk mencegah infeksi dan akibat parah yang disebabkan oleh virus influenza. Pemberian vaksin akan memberikan tubuh kesempatan untuk membentuk antibodi yang bisa melindunginya dari ancaman flu.

Kendati begitu, vaksin influenza tak 100 persen efektif dalam mencegah penyakit. Hanya saja, vaksin ini mampu membuat gejala yang muncul jadi lebih ringan.

Baca juga: Cara Daftar Vaksin Online itu Sangat Mudah, Simak Penjelasan Lengkapnya di Bawah ini!

Di Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, vaksin influenza diberikan secara tahunan. Hal ini dilakukan karena virus influenza terus bermutasi seiring berjalannya waktu. Oleh sebab itu, vaksin influenza diperbarui setiap tahun dan disesuaikan dengan jenis yang terbaru.

CARA KERJA VAKSIN INFLUENZA

Vaksin influenza berisi virus yang telah mati atau dilemahkan. Cara kerjanya pun hampir sama seperti vaksin pada umumnya, di mana virus yang telah dilemahkan akan dimasukkan ke dalam tubuh agar sistem imum bisa mengenali virus tersebut lebih dulu sebelum tubuh terinfeksi virus aktifnya.

Nah, setelah virus influenza dikenali, antibodi akan terbentuk sehingga tubuh sudah jauh lebih siap saat virus yang asli menginfeksi. Dengan begitu, tubuh bisa terhindar dari gejala berat flu yang notabene dapat membahayakan kondisi kesehatan.

JENIS VAKSIN INFLUENZA

Sebelum mendapatkan vaksin influenza, ada baiknya untuk tahu lebih dulu tentang jenis-jenis vaksin yang beredar di pasaran. Di Indonesia, ada dua jenis vaksin influenza yang tersedia, yakni vaksin trivalent dan vaksin quadrivalent.

Melansir laman alodokter.com, vaksin trivalent mampu memberikan perlindungan terhadap tiga jenis virus influenza, yakni influenza A (H1N1), influenza A (H3N3), dan influenza B. Sementara itu, vaksin quadrivalent bisa memberikan perlindungan terhadap dua varian virus influenza A dan dua varian virus influenza B.

Baca juga: Stres di PHK Akibat Pandemi Covid-19, ini Cara Tepat untuk Mengatasinya!

Jika dilihat dari komposisinya, vaksin quadrivalent dinilai lebih ampuh dalam memberikan proteksi terhadap tubuh. Ini karena kandungan virus dalam vaksin quadrivalent lebih banyak daripada yang terkandung dalam vaksin trivalent.

PERINGATAN SEBELUM MENERIMA VAKSIN INFLUENZA

Sebelum menerima vaksin influenza, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  1. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang dimiliki.
  2. Beri tahu dokter jika sedang mengalami demam atau penyakit infeksi lain. Vaksinasi akan ditunda sampai kondisi tubuh membaik.
  3. Beri tahu dokter jika menderita gangguan sistem saraf, seperti Guillain Barre Syndrome (GBS).
  4. Beri tahu dokter jika pernah atau sedang menderita gangguan pembekuan darah atau kejang.
  5. Beri tahu dokter jika sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal.
  6. Beri tahu dokter jika sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.

EFEK SAMPING VAKSIN INFLUENZA

Setelah mendapatkan suntikan vaksin influenza, ada sejumlah efek samping yang bisa muncul, di antaranya:

  1. Sakit kepala.
  2. Demam ringan.
  3. Nyeri atau kemerahan di area penyuntikan.
  4. Nyeri otot, lelah, dan lemas.
  5.  Pingsan

BIAYA VAKSIN INFLUENZA

Setelah mengetahui manfaat, cara kerja, jenis vaksin, peringatan sebelum vaksin, dan efek samping vaksin influenza, kamu mungkin bertanya-tanya. Sebenarnya, berapa biaya vaksin influenza di fasilitas kesehatan?

Baca juga: Pandemi Covid-19 adalah Waktu Terbaik untuk Memulai Bisnis, ini Alasannya!

Untuk diketahui, harga vaksin influenza akan berbeda satu sama lain, tergantung dari merek dan lokasi pemberian, seperti di Puskesmas, klinik, atau rumah sakit. Sebagai gambaran, harga vaksin influenza di Indonesia ada di kisaran Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu untuk sekali suntik.

Bagaimana, sudah tahu kan biaya vaksin influenza di fasilitas kesehatan? Semoga bermanfaat, ya!

 

1 Comment

  1. apakah vaksin influenza juga dapat menangkal virus covid 19 ?

Leave a Reply