Blog

Sering Jadi Pertanyaan, Berapa Biaya Cek Darah di Fasilitas Kesehatan?

danain-Berapa biaya cek darah di fasilitas kesehatan-gambar orang cek kesehatan

Berapa biaya cek darah di fasilitas kesehatan?

Salah satu cara untuk mendeteksi penyakit yang ada dalam tubuh manusia adalah dengan melakukan pemeriksaan darah. Yang jadi pertanyaan, berapa biaya cek darah di fasilitas kesehatan?

Darah punya peran vital bagi tubuh manusia. Cairan tersebut memiliki banyak fungsi, seperti pengangkut zat makanan, oksigen, pengontrol suhu badan, hingga menjaga sistem kekebalan tubuh.

Menurut ahli kesehatan, setiap orang diperkirakan punya darah sebanyak 7 persen dari berat badannya. Misal, seseorang dengan bobot 65-80 kg memiliki sekitar 4,7-5,5 liter darah dalam tubuhnya.

Nah, karena fungsinya yang sangat penting, pemeriksaan darah perlu dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya gangguan dalam cairan tersebut. Lantas, seberapa besar peran tes darah untuk kesehatan manusia?

Untuk diketahui, istilah darah lebih dikenal dengan hematologi dalam dunia kesehatan. Hematologi adalah ilmu yang secara khusus mempelajari tentang darah beserta gangguannya. Sejumlah penyakit yang terkait dengan bidang hematologi meliputi anemia, infeksi, hemofilia, hingga leukemia.

Baca juga: Wajib Tahu, ini Daftar Penyakit yang Tidak di-Cover BPJS Kesehatan!

Tes hematologi lengkap merupakan pemeriksaan darah yang meliputi sejumlah komponen, mulai dari sel darah putih, sel darah merah, hingga platelet. Tes ini dilakukan dengan mengambil sampel darah di laboratorium.

Caranya, petugas akan memasukkan jarum ke dalam pembuluh darah lengan. Kemudian, sampel tersebut akan diperiksa dan dievaluasi.

Berikut tujuan pemeriksaan hematologi lengkap, seperti dikutip dari laman halodoc.com:

  1. Menelisik kondisi kesehatan secara menyeluruh. Dengan melakukan pemeriksaan hematologi lengkap, kamu bisa mengetahui ada atau tidaknya penyakit dari peningkatan atau penurunan kadar sel darah.
  2. Mendiagnosis penyebab gangguan kesehatan. Melalui tes hematologi dan gejala-gejala yang terlihat (demam, bengkak, lemas, atau perdarahan), dokter bisa mendiagnosis penyakit yang diderita oleh seseorang.
  3. Memantau kondisi seseorang yang sudah terdiagnosis penyakit yang memengaruhi kadar sel darah.
  4. Memantau penanganan penyakit seseorang.

Sekadar informasi, tes hematologi lengkap bukanlah pemeriksaan mutlak dan satu-satunya dalam penegakan diagnosis. Pemeriksaan juga harus meliputi peninjauan keluhan, riwayat penyakit terdahulu, serta pemeriksaan fisik.

Baca juga: Dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah, inilah Biaya Cabut Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Jadi, jika kamu melakukan tes hematologi lengkap secara mandiri, kamu tidak boleh melakukan diagnosis sendiri berdasarkan hasil laboratorium saja. Kamu tetap harus berkonsultasi dengan dokter, meski hasil tes yang diterima menunjukkan hasil baik atau normal.

Terlebih lagi kalau kamu punya keluhan yang cukup mengganggu. Dengan adanya hasil laboratorium, dokter akan mencari tahu penyebab gangguan kesehatan tersebut, ditambah pemeriksaan penunjang lainnya.

BIAYA CEK DARAH

Setelah mengetahui fungsi darah dan tujuan pemeriksaan hematologi lengkap, kamu mungkin bertanya-tanya, berapa biaya cek darah di fasilitas kesehatan?

Mengutip sejumlah sumber, biaya cek darah pada dasarnya sangat bervariasi, tergantung fasilitas kesehatan yang dikunjungi, apakah klinik, rumah sakit, atau laboratorium swasta.

Namun, sebagai gambaran, biaya pemeriksaan hematologi lengkap di sejumlah fasilitas kesehatan di Jakarta dan sekitarnya berkisar antara Rp 90 ribu – Rp 200 ribu. Adapun di Puskesmas, harga yang dibandrol akan lebih murah.

FAKTA TENTANG DARAH

Bicara darah, kurang lengkap rasanya jika kita tak mengulas fakta menarik tentang cairan tersebut. Dilansir Detik.com, inilah sederet fakta tentang darah yang perlu diketahui:

  1. Darah punya karakteristik yang lebih berat dan lebih kental dibanding air.
  2. Darah punya bau yang khas.
  3. pH darah adalah 7,35 – 7,45.
  4. Darah memiliki warna bervariasi, sebab punya pigmen khusus yang disebut hemoglobin. Warna darah bisa merah terang hingga merah tua, tergantung pada kadar oksigen yang dibawa oleh sel darah merah.

Baca juga: Cek Nih, Biaya Tambal Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Ya, itulah ulasan singkat mengenai darah, mulai dari fungsi, tujuan pemeriksaan, hingga berapa biaya cek darah di fasilitas kesehatan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply