Blog

Tak Perlu ke Toko Emas, ini Cara Mengetahui Harga Emas Naik atau Turun dengan Mudah!

danain-Cara mengetahui harga emas naik atau turun-gambar emas batangan

Cara mengetahui harga emas naik atau turun

Harga emas bersifat fluktuatif, artinya bisa berubah setiap harinya. Oleh sebab itu, jika kamu ingin membeli instrumen investasi tersebut dalam waktu dekat ini, lakukanlah pemantauan harga emas dengan cermat. Berikut cara mengetahui harga emas naik atau turun dengan langkah sederhana.

Di era digital seperti saat ini, cara mengetahui harga emas naik atau turun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kamu tak perlu lagi repot-repot pergi ke toko emas hanya untuk melakukan pengecekan harga.

Singkat kata, perkembangan teknologi akan memudahkan kamu untuk bisa mengecek pergerakan harga emas hanya dengan memanfaatkan smartphone dan koneksi internet yang tersedia.

Lantas, bagaimana cara mengetahui harga emas naik atau turun dengan langkah mudah? Berikut uraian lengkapnya, seperti dikutip dari sejumlah sumber!

Cek melalui situs IndoGold

Pertama, kamu bisa mengecek pergerakan harga emas setiap harinya melalui situs IndoGold. Caranya sangat mudah, kamu cukup kunjungi website IndoGold di www.indogold.id. Jika sudah, pilih menu Harga Emas yang berada di bagian atas layar. Akan muncul informasi harga emas hari ini, lengkap dengan grafik harga beli dan harga jual yang bisa jadi pertimbangan.

Baca juga: Tak Melulu Emas, ini Macam-macam Logam Mulia yang Perlu Kamu Tahu!

Cek melalui situs Harga-emas.org

Cara mengetahui harga emas naik atau turun yang berikutnya adalah dengan melakukan pengecekan di situs Harga-emas.org. Di situs tersebut, kamu bisa melihat harga emas secara universal, mulai dari emas Antam, UBS, hingga emas dunia.

Menariknya, Harga-emas.org juga menampilkan informasi harga emas beberapa tahun belakangan hingga perbandingan antara harga emas saat ini dengan laju kurs dolar. Dengan begitu, kamu bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas.

Cek melalui situs Kitco

Selain dua website di atas, kamu juga bisa mengetahui harga emas sedang naik atau turun melalui situs Kitco.com. Tampilannya yang sederhana membuat situs ini mudah dipahami, sekalipun oleh orang yang baru pertama kali mengunjunginya.

Hanya saja, Kitco.com merupakan situs internasional yang khusus membahas harga logam mulia secara global. Jadi, kamu tak akan menemukan grafik harga emas Antam, UBS, atau merek emas lokal lainnya di situs tersebut.

PENYEBAB TURUNNYA HARGA EMAS

Sebagai instrumen investasi, emas sangat digandrungi oleh masyarakat. Alasannya, emas punya harga cenderung naik dari waktu ke waktu, tahan terhadap inflasi, dan mudah untuk dicairkan.

Kendati begitu, kamu juga perlu tahu bahwa harga emas bisa turun karena berbagai faktor. Berikut penyebab turunnya harga emas, seperti dilansir laman sikapiuangmu.ojk.go.id!

Ketidakpastian global

Harga emas bisa turun karena faktor politik, ekonomi, krisis, resesi, atau perang. Dalam kondisi tersebut, emas akan kekurangan peminat dan risk appetite investor akan datang untuk memburu aset-aset berisiko.

Baca juga: Mengapa Logam Mulia Seperti Emas Banyak Dicari? Ini Dia Jawabannya!

Penawaran dan permintaan emas

Pernah dengar hukum penawaran dan permintaan dalam ekonomi? Jika ya, itu juga berlaku terhadap emas. Intinya, naik-turunnya harga emas akan dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan.

Kebijakan moneter

Harga emas juga dipengaruhi oleh kebijakan moneter terkait perubahan suku bunga yang diambil oleh bank sentral Amerika Serikat, The Fed. Saat The Fed menurunkan suku bunga, maka harga emas akan naik. Begitu pun sebaliknya.

Inflasi

Saat terjadi inflasi, masyarakat lebih memilih untuk tidak menyimpan asetnya dalam bentuk uang yang nilainya mudah berkurang. Mereka lebih memilih emas karena harganya yang cenderung stabil dan aman.

Meski demikian, harga emas akan mulai turun jika kondisi negara sudah berangsur stabil. Perilaku investor akan berubah dan kembali mencari instrumen investasi yang lebih agresif.

Nilai tukar dolar Amerika Serikat

Harga emas di dalam negeri mengacu pada harga emas internasional yang dikonversi dari dolar ke rupiah. Kalau nilai tukar rupiah terhadap dolar melemah, maka harga emas lokal akan menguat atau tinggi. Sebaliknya, jika nilai tukar rupiah terhadap dolar menguat, maka harga emas lokal akan turun.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, ini Perbedaan Emas Putih dan Perak yang Sangat Mendasar!

Ya, itulah cara mengetahui harga emas naik atau turun serta sejumlah faktor yang menyebabkan harga emas bisa merosot. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply