Blog

Apakah yang Dimaksud Segmentasi Pasar? Berikut Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

danain-Apakah yang dimaksud segmentasi pasar?-gambar ilustrasi segmentasi pasar

Apakah yang dimaksud segmentasi pasar?

Istilah segmentasi pasar kerap diperbincangkan dalam dunia ekonomi, terutama bisnis. Lantas, apakah yang dimaksud segmentasi pasar?

Dalam dunia bisnis, kata segmentasi pasar adalah istilah yang penting untuk diketahui dan dipahami oleh para pelakunya. Segmentasi pasar adalah sebuah konsep yang mengacu pada penggabungan calon pembeli ke dalam kelompok atau segmen tertentu. Dengan memahami konsep tersebut, pemasar dapat menjangkau konsumen secara lebih tepat.

Untuk diketahui pula, segmentasi pasar merupakan bagian penting untuk menyusun strategi. Segmentasi pasar bisa mengurangi risiko kegagalan pemasaran yang dapat berujung pada kerugian.

Untuk tahu lebih dalam tentang segmentasi pasar, berikut kami beberkan penjelasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com.

DEFINISI SEGMENTASI PASAR

Segmentasi pasar merupakan perluasan dari riset pasar, di mana berusaha mengidentifikasi kelompok konsumen yang menjadi target. Langkah ini dilakukan untuk menyesuaikan produk dan merek dengan cara yang menarik bagi kelompok tersebut.

Baca juga: Simak, ini Karakteristik Dana Kas Kecil Dalam Dunia Bisnis!

Segmentasi pasar bertujuan untuk meminimalisir risiko dengan menentukan produk seperti apa yang punya peluang terbaik untuk mendapatkan pangsa pasar. Selain itu, segmentasi pasar juga dibutuhkan untuk menentukan cara yang tepat dalam mengirimkan produk ke pasar.

Definisi lainnya, segmentasi pasar adalah strategi pemetaan target konsumen berdasarkan karakteristik, kebutuhan, atau perilaku agar perusahaan bisa mengenali kelompok konsumen tersebut dengan lebih baik. Dengan segmentasi pasar, perusahaan bisa mengetahui target konsumen yang tepat untuk bisnisnya, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal di kemudian hari.

Sekadar informasi, istilah segmentasi pasar pertama kali  digunakan oleh Wendell R. Smith pada tahun 1956. Dosen sekaligus pakar ekonomi asal Amerika Serikat tersebut merumuskan istilah segmentasi pasar dalam jurnal yang dibuat.

Adapun sebelum istilah segmentasi pasar dikemukakan, persaingan pasar saat itu belum terlalu ketat. Produk-produk yang beredar di pasar umumnya masih didominasi oleh satu atau dua merek saja.

JENIS SEGMENTASI PASAR

Dalam dunia usaha, ada empat jenis segmentasi pasar yang paling umum digunakan, antara lain:

  1. Segmentasi pasar demografis

Segmentasi pasar yang pertama adalah demografis. Segmentasi ini mengelompokkan konsumen berdasarkan demografis mereka, seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pekerjaan, pendidikan, ras, hingga agama.

Baca juga: Pebisnis Wajib Tahu, ini Cara Menghitung Return of Investment!

  1. Segmentasi pasar psikografis

Yang kedua adalah segmentasi pasar psikografis. Segmentasi ini lebih spesifik, sebab berhubungan langsung dengan aspek psikologis pelanggan yang meliputi sifat, pendapat, minat, hingga gaya hidup.

  1. Segmentasi pasar perilaku

Berikutnya ada segmentasi pasar perilaku. Dalam segmentasi ini, perusahaan akan menganalisis pasar berdasarkan tingkah laku konsumen ketika melakukan kegiatan pasar. Tak hanya itu, segmentasi ini juga mengacu pada pengelompokkan konsumen berdasarkan sikap, reaksi, hingga loyalitas.

  1. Segmentasi pasar geografis

Di daftar keempat ada segmentasi pasar geografis, analisisnya berdasarkan variabel-variabel geografis. Adapun cakupannya meliputi wilayah, ketinggian, suhu, cuaca, kultur, hingga populasi.

Sebagai informasi tambahan, selain keempat segmentasi yang sudah disebutkan di atas, ada pula jenis segmentasi lain yang tidak umum, seperti segmentasi pasar harga, segmentasi pasar firmografis, segmentasi pasar generasional, segmentasi pasar fase kehidupan, segmentasi pasar musiman, serta segmentasi pasar teknografis.

Baca juga: 7 Fungsi Perencanaan Usaha yang Wajib Diketahui oleh Pebisnis

MANFAAT SEGMENTASI PASAR

Setelah mengetahui apakah yang dimaksud segmentasi pasar dan jenisnya, kini giliran kami menjelaskan tentang manfaat segmentasi pasar bagi perusahaan. Berikut sederet manfaatnya:

  1. Menyebarluaskan jangkauan produk.
  2. Membantu pengembangan produk.
  3. Mencari segmentasi pasar baru.
  4. Tingkatkan fokus bisnis.
  5. Tingkatkan kualitas bisnis.

Bagaimana, sudah paham kan apakah yang dimaksud segmentasi pasar dan seluk beluknya? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply