Blog

Apakah Thailand Negara Maju? Yuk, Simak Faktanya di Bawah ini!

danain-Apakah Thailand negara maju?-gambar ibukota Thailand

Apakah Thailand negara maju?

Perekonomian Thailand sangat diperhitungkan di kawasan Asia Tenggara. Lantas, apakah Thailand negara maju?

Ekonomi Thailand relatif berkembang dengan baik di wilayah Asia Tenggara. Menurut data, sekitar dua pertiga Produk Domestik Bruto (PDB) negara tersebut berasal dari ekspor elektronik, komoditas pertanian, mobil dan suku cadang, hingga makanan olahan.

Mengutip Investopedia, PDB Thailand pada tahun 2020 diketahui mencapai 501,64 miliar dolar AS. Adapun PDB per kapitanya adalah 7.186 dolar AS, dengan jumlah penduduk sebesar 69,8 juta orang.

Human Development Index (HDI) atau Indeks Pengembangan Manusia di Thailand pada tahun 2019 adalah sekitar 0,718. HDI yang disusun PPB tersebut adalah pengukur untuk menilai tingkat pembangunan sosial dan ekonomi di suatu negara. Kategori yang dinilai dalam HDI adalah usia harapan hidup, tingkat pendidikan, dan pendapatan.

Skala HDI adalah antara nol sampai satu. Makin dekat ke angka satu, maka semakin maju negara tersebut.

Pada prinsipnya, tak ada persyaratan nilai HDI minimum untuk menjadi negara maju. Namun demikian, sebagian besar negara maju HDI-nya lebih dari 0,8.

Baca juga: Daftar Negara yang Menggunakan Mata Uang Euro, Apa Saja?

Sekadar informasi, pemegang nilai HDI tertinggi adalah Norwegia dengan angka 0,957. Sementara di posisi terbawah dalam 20 besar adalah Jepang dengan angka 0,919. Demikian dilansir laman Kompas.com.

Nah, dengan fakta di atas, pertanyaan apakah Thailand negara maju tentu saja sudah terjawab. Intinya, Thailand adalah negara berkembang, sebab HDI-nya belum menyentuh angka 0,8.

PERKEMBANGAN EKONOMI DI THAILAND

Kamu mungkin bertanya-tanya, seperti apa sih perkembangan ekonomi di negara berjuluk Negeri Gajah Putih tersebut?

Menurut Bank Dunia, selama 40 tahun terakhir, Thailand sudah membuat kemajuan yang luar biasa dalam pembangunan sosial dan ekonomi. Kurang dari satu generasi, Thailand sukses bergerak dari negara berpenghasilan rendah ke negara berpenghasilan menengah.

Kisah sukses mereka banyak dikutip, dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan penurunan kemiskinan yang signifikan. Untuk diketahui, ekonomi Thailand rata-rata tumbuh 7,5 persen per tahun pada tahun-tahun booming sekitar 1960-1996.

Baca juga: Kamu Harus Tahu, ini 5 Fakta Menarik tentang Negara Indonesia!

Pertumbuhan ekonomi tersebut menciptakan jutaan lapangan kerja, yang pada akhirnya mengurangi jumlah kemiskinan. Di sisi kesejahteraan, manfaatnya juga tak kalah mantap, yakni makin banyak anak yang mendapat pendidikan dan hampir semua orang dilindungi oleh asuransi kesehatan.

Kendati begitu, prospek pertumbuhan dari model ekspor yang mendorong tingginya pertumbuhan ekonomi di Thailand tampaknya menurun signifikan. Penyebabnya, karena mengalami stagnasi dalam produktivitas.

Data menyebutkan, investasi swasta kian menurun, sementara aliran investasi asing menunjukkan tanda-tanda stagnasi. Sektor pariwisata yang menjadi andalan Thailand pun terkena imbasnya.

Di sisi lain, kemajuan Thailand dalam pengurangan kemiskinan juga melambat sejak tahun 2015 lalu. Hal ini mencerminkan bahwa pendapatan pertanian, bisnis, dan upah di negara tersebut juga mengalami stagnasi.

Menurut perkiraan, kemiskinan di Thailand masih akan terjadi di tengah pemulihan pasar tenaga kerja yang lambat dan bantuan pemerintah yang secara bertahap akan dihapus.

FAKTA MENARIK THAILAND

Bicara Thailand, kurang lengkap rasanya jika kita tak mengulas sederet fakta menarik tentang negara tersebut. Usut punya usut, Thailand merupakan satu-satunya negara di dunia yang tak pernah dijajah oleh bangsa asing. Mereka juga merupakan negara pengekspor bunga anggrek terbesar di dunia, dengan jumlah spesies sebanyak 1.500 jenis.

Satu hal yang tak kalah unik, masyarakat Thailand punya cara berbeda dalam menggunakan tisu toilet. Mereka memakai kertas toilet sebagai pengganti serbet dan kerap memanfaatkannya untuk membersihkan meja dan wajah.

Baca juga: Keren, ini Sederet Negara yang Tidak Memiliki Utang!

Demikianlah ulasan singkat mengenai perekonomian di Thailand dan sejumlah fakta menarik tentang negara tersebut. Semoga pertanyaan apakah Thailand negara maju bisa terjawab, ya!

Leave a Reply