Blog

Sering Jadi Pertanyaan, Apakah Emas Bisa Berkarat?

danain-Apakah Emas Bisa Berkarat?-

Apakah Emas Bisa Berkarat?

Selama ini, masih banyak masyarakat awam yang menanyakan, apakah emas bisa berkarat atau tidak. Untuk tahu fakta yang sesungguhnya, simak ulasan berikut ini hingga tuntas!

Emas punya banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Selain berfungsi sebagai instrumen investasi dan perhiasan, emas masih punya sederet manfaat lain yang tak kalah mantap, di antaranya sebut saja:

Material pembuat ponsel

Emas kerap dimanfaatkan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan ponsel pintar. Ini karena emas merupakan konduktor yang ideal bagi alat tersebut.

Bahan penambal gigi

Salah satu kelebihan emas adalah tidak mudah larut. Karena itu, emas juga sering digunakan sebagai bahan dasar untuk menambal gigi, meski harganya relatif mahal.

Baca juga: Banyak yang Penasaran, Gelang Emas Patah Apa Bisa Disambung?

Pelapis bangunan

Sebagian orang ada yang memanfaatkan emas sebagai bahan pelapis bangunan. Menurut sejumlah pihak, bangunan yang dilapisi emas akan lebih tahan lama dan makin indah untuk dilihat.

Komponen pesawat luar angkasa

NASA menggunakan emas sebagai salah satu komponen dalam pembuatan pesawat luar angkasa. Emas diklaim bisa menangkal radiasi yang berlebihan di permukaan pesawat tersebut.

Bahan produk kecantikan

Sejumlah ahli juga memanfaatkan emas sebagai produk kecantikan. Mereka percaya bahwa emas punya sejumlah khasiat, seperti mampu mengaktifkan sel-sel penting di dalam kulit, bisa mencegah penuaan dini, hingga sanggup mengurangi kekeringan pada kulit.

Hambat penurunan jumlah kolagen

Manfaat emas yang berikutnya adalah bisa menghambat penurunan jumlah kolagen pada manusia. Hal ini juga penting untuk merawat kecantikan kulit.

Baca juga: Kenapa Emas Berharga? Berikut Sederet Alasannya!

Mengobati alergi

Emas mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang lancar, jerawat dan alergi kulit lainnya dapat diatasi dengan mudah.

Dekorasi makanan

Sejumlah restoran ternama sering menawarkan menu unik bertemakan emas. Contoh makanan tersebut meliputi daun emas, donat emas, hingga es krim emas.

Tak perlu khawatir saat mengonsumsinya, sebab emas aman untuk dimakan.

Bahan pembuat medali

Selanjutnya, emas juga sering dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan medali atau piala. Emas jadi simbol penghargaan tertinggi atas prestasi yang diraih oleh seseorang dalam sebuah kompetisi.

Pemantul radiasi sinar matahari

Emas sering dicampurkan ke dalam bahan pembuat kaca khusus di gedung-gedung bertingkat. Tujuannya, agar kaca bisa memantulkan sinar matahari, sehingga gedung tetap berhawa sejuk.

SEBAGAI LOGAM, APAKAH EMAS BISA BERKARAT?

Emas punya karakteristik yang jauh berbeda dengan jenis logam lain yang ada di bumi. Emas dikenal dengan sebutan logam mulia yang menurut ilmu kimia tahan terhadap korosi dan oksidasi.

Untuk diketahui, korosi adalah kerusakan material yang disebabkan oleh pengaruh lingkungan. Korosi terjadi saat terdapat reaksi antara oksigen, hidrogen, dan perpindahan elektron.

Baca juga: Investasi Emas Fisik Vs Emas Digital, Lebih Baik Mana?

Korosi tak hanya terjadi pada kondisi basah, namun juga pada kondisi kering. Contoh korosi pada kondisi kering adalah akibat oksigen atau belerang dioksida, sementara korosi dalam kondisi basah terjadi ketika logam terendam larutan asam.

Nah, karena sifatnya yang tahan terhadap korosi, emas dapat dipastikan tahan terhadap karat. Ini berbanding terbalik dengan besi yang sangat mudah berkarat bila bertemu air dan udara.

Lebih lanjut, emas juga tidak mudah pudar, baik saat disimpan sendiri atau bersama-sama dengan logam lain dalam waktu lama.

Bagaimana, sudah terjawab kan apakah emas bisa berkarat atau tidak?

Leave a Reply