Blog

Apa yang Dimaksud dengan Subsidi? Kenali Definisi dan Jenisnya!

danain-Apa yang dimaksud dengan subsidi-gambar kantung uang

Apa yang dimaksud dengan subsidi?

Sering disamakan dengan bantuan, apa yang dimaksud dengan subsidi? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Istilah subsidi tentu sudah tidak asing lagi di telinga kita. Biasanya, hal ini diidentikkan dengan bantuan dari pemerintah berupa barang maupun uang tunai.

Namun, sebenarnya, apa yang dimaksud dengan subsidi? Pada artikel berikut, kami akan memberikan informasi lengkap mengenai definisi serta jenis-jenisnya!

Apa yang Dimaksud dengan Subsidi?

Secara sederhana, subsidi adalah bantuan berupa uang tunai, barang, dan bantuan non-tunai lain, seperti pengurangan pajak, subsidi gas, BBM, dan lain sebagainya yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Hal ini biasanya digunakan untuk meringankan beban masyarakat secara umum, mengikuti isu atau permasalahan ekonomi yang terjadi di suatu daerah. Biasanya, subsidi diberikan dari pemerintah pusat melalui pemerintah daerah dan wakil rakyat yang berkepentingan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Baca juga: Agar Gaji tak Cepat Habis, ini Cara Membuat Rencana Keuangan Pribadi dengan Baik dan Benar!

Dalam dunia ekonomi, subsidi juga biasa digunakan pemerintah untuk mempertahankan atau mengembangkan sektor wilayah tertentu.

Jenis-jenis Subsidi

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan subsidi, kamu juga harus tahu bahwa subsidi memiliki berbagai macam jenis. Berikut di antaranya:

  1. Subsidi langsung

Jenis pertama adalah subsidi langsung. Biasanya, pendistribusiannya diberikan secara langsung melalui pembayaran aktual ke individu, kelompok, atau sektor industri tertentu.

Contoh subsidi langsung meliputi pemberian bantuan dana ke pelaku usaha untuk dapat mengembangkan bisnis mereka agar dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja.

  1. Subsidi tidak langsung

Selanjutnya, ada juga subsidi tidak langsung yang biasanya diimplementasikan dalam bentuk kebijakan tertentu. Misalnya, ketika pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) untuk membantu meringankan beban pengeluaran harian masyarakat.

Selain itu, menurunkan nilai pajak yang harus ditanggung atau dibayar oleh masyarakat juga menjadi contoh lain dari subsidi tidak langsung. Pada intinya, subsidi tidak langsung mencakup keseluruhan dari kebijakan yang meringankan beban masyarakat secara umum.

Apa Saja Subsidi yang Diberikan Pemerintah Indonesia?

Ada banyak jenis subsidi pemerintah yang diberikan pada rakyatnya. Di luar negeri misalnya, beberapa negara memberikan subsidi bagi para lansia atau pensiunan, sedangkan yang lain juga memberikan subsidi bagi mereka yang tidak memiliki pekerjaan (pengangguran).

Baca juga: Butuh Uang Cepat? Begini Trik Agar Pinjaman Online di -Acc!

Nah, di Indonesia, kita bisa melihat banyak contoh subsidi yang diberikan pemerintah pada masyarakatnya. Sebut saja Bantuan Langsung Tunai (BLT), paket bantuan sosial (bansos) sembako, Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), hingga subsidi langsung untuk pelaku usaha, seperti BPUM (BLT untuk Pelaku UMKM).

Di sisi lain, subsidi tidak langsung yang diberikan pemerintah juga cukup banyak kita rasakan manfaatnya. Mulai dari subsidi BBM dan gas 3 kg, peringanan pajak bagi para pelaku usaha, hingga subsidi KPR rumah bagi yang ingin memiliki hunian.

Selain itu, di sektor pertanian, pemerintah juga aktif memberikan subsidi atau bantuan berupa benih dan pupuk yang kerap dibutuhkan para petani.

Apa Saja Manfaat Subsidi?

Setelah membaca artikel di atas, tentu kamu sudah dapat menyimpulkan apa saja manfaat dari pengadaan subsidi.

Selain meringankan beban masyarakat secara garis besar, subsidi juga membantu produktivitas beberapa pelaku usaha dalam sektor industri tertentu.

Di sisi lain, subsidi juga membantu pemerintah dalam mempertahankan aktivitas ekonomi masyarakat agar tidak terpuruk. Pemberian subsidi juga ditujukan untuk menjaga stabilitas daya beli orang-orang dan harga barang di pasar. Dengan begitu, perekonomian bangsa dapat terus berputar tanpa mengalami keterpurukan.

Baca juga: Bagaimana Peluang Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah, Apakah Menguntungkan?

Itulah ulasan mengenai apa yang dimaksud dengan subsidi. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam memahami istilah subsidi lebih jauh!

Leave a Reply