Blog

Bagaimana Peluang Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah, Apakah Menguntungkan?

danain-Bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah?-gambar kerajinan dari limbah

Bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah?

Dalam menjalani sebuah usaha, kreativitas jadi satu hal yang sangat diperlukan. Lantas, bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah, apakah bisnis ini menguntungkan?

Saat ingin terjun ke dunia bisnis, banyak orang yang langsung tertuju pada sejumlah bisnis yang telah banyak digeluti, seperti makanan, minuman, pakaian, dan lain sebagainya. Padahal, ada banyak jenis bisnis yang masih jarang digeluti, hanya saja belum disadari. Salah satunya sebut saja bisnis barang daur ulang.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah? Apakah bisnis ini menguntungkan untuk dilakoni? Yuk, simak faktanya di bawah ini!

PELUANG USAHA KERAJINAN LIMBAH

Bagi sebagian orang, sampah atau limbah seringkali dianggap tak berguna dan pada akhirnya berakhir di tempat pembuangan. Akan tetapi, bagi orang yang kreatif, limbah bisa disulap jadi produk berkualitas yang memiliki nilai jual tinggi.

Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan sejumlah limbah, seperti kayu untuk kemudian diolah jadi lampu hias, jam tangan, gelang, dan lain sebagainya. Ada juga limbah kaca yang bisa dijadikan pigura, lukisan, bahkan aksesoris.

Baca juga: Wajib Tahu, ini Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil yang Simpel!

Limbah lainnya bisa berasal dari plastik yang dapat diubah jadi celengan, keranjang sampah, hingga tempat pensil. Sementara itu, limbah yang berasal dari kertas bisa dijadikan tas jinjing, dekorasi pesta, sampai hiasan dinding. Adapun limbah dari bahan tekstil bisa diolah jadi boneka, keset, bahkan sarung bantal.

Intinya, ada banyak jenis limbah yang bisa dikreasikan jadi produk lain dan bermanfaat bagi kehidupan. Tak hanya itu, kamu juga telah berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan, di samping mendapatkan keuntungan secara finansial.

Nah, balik ke pertanyaan awal, bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah? Secara garis besar, peluang usaha ini bisa dikatakan cukup berpotensi!

Kita bisa lihat contohnya pada sejumlah fakta berikut ini:

HASILKAN RATUSAN JUTA RUPIAH DARI LIMBAH KAYU

Seorang pria asal Blitar bernama Andyk Widodo sukses mendirikan usaha kerajinan dekorasi rumah berbahan limbah kayu. Tak main-main, omset yang dihasilkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Pada awalnya, Andyk membuat berbagai kerajinan dekorasi rumah secara otodidak. Kayu yang dipakai merupakan kayu sisa yang diminta dari seorang rekannya. Demikian seperti dilansir Kompas.tv.

Baca juga: Tak Perlu Bingung, ini Usaha untuk Ibu Rumah Tangga yang Punya Anak Kecil dan Berpeluang Untung!

Tak disangka, banyak yang berminat untuk membeli, setelah Andyk mengunggah hasil karyanya di media sosial. Rata-rata penjualan produknya bisa mencapai 60 ribu unit setiap bulan. Ia pun telah memberdayakan sekitar 25 pemuda yang sempat kehilangan pekerjaan saat awal pandemi.

RAUP CUAN DARI BAN BEKAS

Hasyim, pria asal Bondowoso ini merupakan pelaku usaha yang menekuni kerajinan dengan bahan baku ban bekas. Awalnya, karena tak punya modal untuk usaha, ia meminta tiga buah ban bekas, kemudian diubah jadi tujuh pasang sandal berharga Rp 15 ribu per pasang.

Seiring berjalannya waktu, Hasyim juga memproduksi kerajinan lain, seperti pot bunga, tempat sampah, bak air, dan sangkar burung. Sebagaimana dikutip laman Bisnis.com, harga jual produk Hasyim cukup bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

BISNIS LIMBAH KAYU BEROMSET BELASAN JUTA RUPIAH

Lagi-lagi dari limbah kayu. Kali ini berasal dari Kota Magelang. Penggagasnya bernama Alterga Edi Tri Anggoro. Dilansir Kompas.com, salah satu produk olahannya berupa speaker rupanya disambut baik oleh pasar.

Banyak pelanggan yang membeli produk tersebut saat pandemi. Menurut pandangan Alterga, masyarakat membutuhkan speaker untuk bekerja atau sekadar untuk hiburan saat work from home.

Baca juga: Jangan Asal Pinjam, ini Tips Mengajukan Pinjaman Modal Usaha Secara Online yang Perlu Diketahui!

Selain speaker, Alterga juga membuat sejumlah produk lain, seperti peralatan rumah tangga, jam meja, jam digital, jam tangan, hingga kacamata. Produk-produk yang dijual punya rentang harga antara Rp 25 ribu – Rp 500 ribu. Dalam sebulan, Alterga mengaku bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp 20 juta.

Nah, sudah tahu kan bagaimana peluang usaha kerajinan dari bahan limbah? Semoga artikel ini bisa menginspirasi kamu untuk berkarya juga!

 

Leave a Reply