Blog

Apa Saja Manfaat Sosial Ekonomi Terumbu Karang?

danain-Manfaat sosial ekonomi terumbu karang-gambar terumbu karang

Manfaat sosial ekonomi terumbu karang

Bagaimana manfaat sosial ekonomi terumbu karang dapat dirasakan?

Saat ini, tidak sedikit masyarakat yang penasaran dengan apa saja manfaat sosial ekonomi terumbu karang bagi kehidupan. Alasannya, terumbu karang jadi salah satu jenis batuan laut yang harus dilestarikan.

Berikut kami beberkan sederet manfaat sosial ekonomi terumbu karang yang perlu diketahui:

Terumbu karang punya pengaruh besar terhadap energi ombak yang datang dari laut menuju daratan. Dengan adanya batuan laut ini, energi ombak akan menjadi kecil, sehingga benda dan makhluk hidup tetap terjaga. Dengan kata lain, terumbu karang punya fungsi yang hampir sama dengan hutan bakau, yakni menjadi pelindung pesisir dan pantai.

  • Menjadi Tempat Tinggal Biota Laut

Selain menjaga kondisi pantai dan pesisir, manfaat sosial ekonomi terumbu karang yang selanjutnya adalah menjadi tempat tinggal biota laut. Berbagai jenis ikan dan biota laut, seperti rumput laut dan teripang hidup di terumbu karang. Tak hanya menjadi tempat tinggal, batuan laut ini juga menjadi penyedia makanan  bagi sejumlah biota laut.

Baca juga: Ngeri, ini Sederet Dampak Inflasi terhadap Perekonomian!

  • Sarana Rekreasi

Terumbu karang atau coral reefs hadir dengan varian yang cukup beragam dengan bentuk dan warna yang cantik. Pesona dari terumbu karang ini bisa membuat siapa saja yang melihatnya kagum, terlebih bagi pecinta diving dan snorkeling.

Tak hanya itu, keindahan dari batuan laut ini juga mengundang sebagian orang tertarik untuk melakukan aktivitas fotografi. Karena hal-hal itu lah, maka pada akhirnya terumbu karang dikembangkan jadi sarana rekreasi.

  • Bahan Baku Obat dan Kosmetik

Manfaat sosial ekonomi terumbu karang yang berikutnya adalah bisa dijadikan bahan baku obat dan kosmetik. Untuk diketahui, batuan laut ini mengandung zat kimia yang efektif untuk dijadikan bahan baku obat dan kosmetik. Berbagai jenis alga bisa diolah jadi bahan baku pembungkus kapsul obat, obat antikanker, antiradang, dan antibiotik.

  • Bahan Baku Perhiasan dan Industri

Tak hanya jadi bahan baku obat dan kosmetik, batu karang juga bisa digunakan sebagai bahan baku perhiasan dan industri. Terumbu karang pada dasarnya bertekstur keras, sehingga bisa diolah jadi aneka perhiasan, seperti kalung dan lain sebagainya. Manfaat lainnya, bisa digunakan sebagai bahan baku untuk kegiatan industri.

Baca juga: Terungkap, ini Alasan Mengapa Jepang Menerapkan Kebijakan Ekonomi Perang!

  • Sarana Pendidikan dan Penelitian

Terumbu karang juga kerap dijadikan sarana pendidikan dan penelitian oleh para pelajar dan peneliti. Manfaat sosial ekonomi terumbu karang ini terbilang cukup unik dan berdampak baik bagi kehidupan masyarakat.

Berkaitan dengan pendidikan dan penelitian, batu karang sering digunakan sebagai media pembelajaran mengenai ekosistem pantai dan laut. Sumber daya alam berupa batuan ini juga bisa membantu para peneliti untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

  • Mengurangi Pemanasan Global

Di tengah masalah pemanasan global yang terjadi saat ini, laut bisa jadi media yang tepat untuk menyerap karbon dioksida. Batu karang akan bersinergi dengan reaksi kimia yang nantinya mengubah karbon dioksida menjadi zat kapur.

Zat kapur yang dihasilkan dari proses perubahan karbon dioksida (klasifikasi) merupakan bahan baku terumbu karang itu sendiri. Dengan adanya batu karang, karbon dioksida bisa diserap, sehingga masalah pemanasan global yang terjadi bisa berkurang.

Baca juga: Kerap Ditanyakan, Apa itu Restrukturisasi Kredit dalam Dunia Ekonomi?

Manfaat sosial ekonomi terumbu karang terbilang cukup banyak, sehingga batuan laut ini harus dilestarikan agar tidak punah. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu bisa mendapat wawasan baru mengenai manfaat dari terumbu karang.

Leave a Reply