Blog

Apa Keuntungan Laut yang Luas bagi Masyarakat Indonesia? Simak Ulasan Lengkapnya di Bawah ini!

danain-Apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia?-gambar ilustrasi panntai yang luas

Apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia?

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan laut yang sangat luas. Lantas, apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia?

Indonesia memiliki lautan yang sangat luas. Mengutip Sumber Belajar Kemendikbud, luas lautan Indonesia adalah 3.273.810 km², sementara luas daratannya mencapai 1.919.440 km².

Yang jadi pertanyaan, apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia? Usut punya usut, ternyata keuntungannya sangat beragam.

Berikut sederet poinnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

Oksigen melimpah

Laut yang luas membuat oksigen di daerah terdampak jadi sangat melimpah. Menurut NOAA’s National Ocean Service, lautan menyediakan sekitar 50 hingga 80 persen oksigen di bumi. Artinya, sebagian besar oksigen yang ada di bumi diproduksi oleh laut.

Baca juga: Penasaran Nggak, Kenapa Bank Indonesia Tidak Mencetak Uang untuk Membayar Utang?

Sekadar informasi, produksi oksigen di laut dilakukan oleh fitoplankton, bakteri fotosintetik, hingga alga atau ganggang.

Dapat mengatur iklim

Permukaan bumi sebagian besar ditutupi oleh laut. Dengan begitu, sebagian besar sinar matahari yang jatuh ke bumi akan diserap oleh laut.

Tak hanya itu, air laut juga punya kemampuan memerangkap panas dari atmosfer, sehingga keberadaan laut berperan penting dalam penyerapan panas dan pengaturan iklim di bumi ini.

Mengurangi efek rumah kaca

Laut mampu menyerap karbon dioksida dari atmosfer, bahkan hingga miliaran ton. Untuk diketahui, karbon dioksida merupakan gas rumah kaca yang menjadi pendorong utama pemanasan global. Singkat kata, penyerapan karbon dioksida oleh laut dapat membantu bumi dan manusia dalam mengurangi efek rumah kaca.

Sebagai jalur transportasi

Laut menyediakan jalur transportasi bagi manusia, baik untuk bepergian atau pengiriman barang. Dengan keberadaan laut yang luas, masyarakat bisa pergi dan mengirim barang ke tempat yang jauh dengan energi yang lebih sedikit ketimbang menggunakan jalur darat.

Baca juga: Kerap Diucapkan Pemerintah, Apa yang Dimaksud Indonesia Emas 2045?

Sumber pangan melimpah

Keuntungan laut luas yang berikutnya adalah menyediakan sumber pangan yang melimpah bagi masyarakat. Laut menyediakan berbagai jenis makanan, seperti ikan, udang, kepiting, cumi-cumi, gurita, kerang, rumput laut, dan masih banyak yang lainnya.

Sebagai mata pencaharian

Laut juga menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat Indonesia, baik dalam sektor perikanan, transportasi, maupun perdagangan. Menurut data, sekitar 80 persen barang perdagangan, terutama yang berskala internasional, diangkut menggunakan kapal laut.

Menjadi sarana rekreasi

Keuntungan laut luas bagi masyarakat Indonesia yang selanjutnya adalah menjadi sarana rekreasi yang bermanfaat. Dengan adanya laut yang luas, masyarakat dapat menikmati pemandangan laut yang eksotis, mencicipi makanan laut yang lezat, menyaksikan flora dan fauna yang indah, bahkan melakukan berbagai aktivitas lain yang tak kalah seru, seperti memancing, berlayar, hingga olahraga.

Sebagai sumber obat-obatan

Keuntungan yang terakhir dan tak kalah penting, laut yang luas juga menyediakan bahan alami untuk pembuatan obat-obatan. Tak hanya obat tradisional saja, namun juga bisa diolah menjadi obat-obatan modern.

Baca juga: Simak, ini Definisi dan Macam-macam Obligasi yang Ada di Indonesia!

Secara garis besar, ada banyak potensi sumber daya laut yang dapat dimaksimalkan oleh masyarakat Indonesia. Karena itu, penting bagi masyarakat untuk menjaga kelestariannya dengan baik, salah satunya tidak mencemari laut dengan sampah dan lain sebagainya. Dengan demikian, laut Indonesia akan tetap asri dan bisa dimanfaatkan untuk kelangsungan hidup orang banyak dari masa ke masa.

Bagaimana, sudah terjawab kan apa keuntungan laut yang luas bagi masyarakat Indonesia?

Leave a Reply