Blog

Kerap Diucapkan Pemerintah, Apa yang Dimaksud Indonesia Emas 2045?

danain-Apa yang dimaksud Indonesia emas 2045-gambar sebuah pilar

Apa yang dimaksud Indonesia emas 2045

Istilah Indonesia emas 2045 sering diucapkan oleh pemerintah beberapa waktu belakangan ini. Lantas, apa yang dimaksud Indonesia emas 2045?

Tahun 2045 mendatang adalah momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pasalnya, Indonesia akan genap berusia 100 tahun atau satu abad. Hal ini memunculkan ide, wacana, dan gagasan tentang Generasi Emas 2045.

Dalam kesempatan ini, kami akan beberkan penjelasan lengkap mengenai apa yang dimaksud Indonesia emas 2045 dan seluk-beluknya, seperti dikutip dari berbagai sumber. Yuk, simak sampai tuntas!

DEFINISI INDONESIA EMAS 2045

Indonesia emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Berbekal Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, Indonesia diproyeksikan akan menjadi negara yang sejajar dengan negara adidaya. Tak hanya itu, Indonesia juga diharapkan telah memiliki ketahanan nasional serta pemerintahan yang tangguh dan berwibawa di tahun tersebut.

Baca juga: Simak, ini Definisi dan Macam-macam Obligasi yang Ada di Indonesia!

Kalau dipikir-pikir, tahun 2045 memang masih cukup lama. Namun demikian, untuk mewujudkan Indonesia emas, butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari. Apalagi di tahun tersebut, Indonesia memiliki bonus demografi, di mana mayoritas penduduknya akan berusia produktif.

Nah, jika bonus demografi tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik, hal itu akan membawa dampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satunya sebut saja menimbulkan masalah sosial, seperti kemiskinan, kesehatan, dan pengangguran, yang pada akhirnya akan meningkatkan tindak kriminal di masyarakat.

Dalam sebuah kesempatan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa generasi yang akan mewujudkan Indonesia emas adalah generasi muda saat ini, khususnya yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan kisaran usia 20 tahun. Menurutnya, pada tahun 2045, usia mereka adalah 40 tahun ke atas. Itu merupakan usia puncak karier bagi seorang profesional.

Dijelaskan Muhadjir, generasi muda sekarang adalah SDM yang akan membawa sekaligus menentukan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang. Karena itu, ia pun berpesan agar generasi muda terus bekerja keras dan mengejar mimpi, sehingga bisa menjadi SDM yang unggul dan berkarakter.

Baca juga: 5 Pekerjaan dengan Gaji Besar di Indonesia, Apa Saja?

Sejalan dengan itu, Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa penyiapan SDM yang berkualitas jadi tantangan tersendiri di masa depan. Dalam konteks ini, pemimpin punya peran yang sangat penting untuk mempersiapkannya.

Intinya, untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 harus ditopang dengan pendidikan dan kesehatan penduduk yang baik serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mumpuni. Di saat bersamaan, struktur perekonomian juga akan bergeser dengan makin gencarnya ekonomi kreatif dan digital.

Secara garis besar, kondisi seperti ini berpotensi mengubah lanskap pasar kerja di Indonesia. Oleh sebab itu, sistem pendidikan di Tanah Air perlu beradaptasi agar bisa melahirkan lulusan hebat yang berdaya saing.

BAPPENAS MEREVISI VISI INDONESIA EMAS 2045

Beberapa waktu lalu, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menjelaskan bahwa pihaknya sedang merevisi visi Indonesia emas 2045. Menurut pihak Bappenas, hasil revisi tersebut akan dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, kemudian akan ditetapkan melalui undang-undang.

Baca juga: 10 Komoditas Impor Indonesia, Apa Saja?

Sekadar informasi, beberapa penyesuaian akan dilakukan mengikuti perkembangan global dan domestik pasca pandemi. Meski begitu, target Indonesia untuk menjadi negara maju sebelum 2045 akan tetap sama, hanya saja strateginya yang diubah.

Bagaimana, sudah paham kan apa yang dimaksud Indonesia emas 2045?

Leave a Reply