Blog

Apa itu Skimming ATM? Berikut Penjelasan dan Cara Mencegahnya!

danain-Apa itu skimming ATM-gambar mesin atm

Apa itu skimming ATM

Skimming ATM jadi modus kejahatan yang telah memakan banyak korban di berbagai tempat. Berikut akan kami beberkan pengertian apa itu skimming ATM dan cara cerdas untuk mencegahnya.

Ada saja cara yang dilakukan oleh penjahat untuk membobol rekening para nasabah bank. Salah satunya adalah dengan modus skimming ATM.

Bagi kamu yang masih bingung tentang apa itu skimming ATM, kami akan beberkan penjelasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com.

Yuk, simak sampai tuntas!

PENGERTIAN SKIMMING ATM

Secara garis besar, skimming adalah metode pencurian data menggunakan alat khusus, skimmer. Cara kerja alat tersebut terbilang cukup sederhana, yakni dengan menduplikasi data strip magnetik yang ada di kartu ATM, debit atau kredit.

Tindak kejahatan skimming kerap terjadi di mesin Electronic Data Capture (EDC) dan ATM. Dalam melancarkan aksinya, pelaku melakukan modifikasi pada perangkat tersebut.

Baca juga: Kerap Diperbincangkan, Apa itu Deposito Bank?

Untuk diketahui, skimmer pada umumnya punya bentuk menyerupai mulut slot kartu ATM. Alat tersebut juga dilengkapi dengan spy camera yang berfungsi untuk merekam tangan korban saat tengah memasukkan kode PIN.

Adapun nasabah yang menjadi korban skimming akan kehilangan saldonya secara tiba-tiba dengan riwayat transaksi yang tergolong minim. Ini tentu sangat merugikan!

MODUS SKIMMING ATM

Setelah mengetahui apa itu skimming ATM, kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana cara pelaku menjalankan aksinya?

Saat kartu dimasukkan ke mesin ATM dan melalui skimmer yang telah ditempelkan, maka skimmer akan membaca dan merekam informasi yang ada di kartu tersebut. Selanjutnya, spy camera akan merekam gerakan tangan saat nasabah memasukkan PIN ATM.

Jika tahap skimming sudah selesai, pelaku bisa langsung menduplikat kartu ATM menggunakan data yang sudah didapat ke kartu lain yang masih kosong. Setelah itu, pelaku bisa menggunakan kartu ATM tersebut layaknya milik nasabah asli, lengkap dengan PIN ATM yang sudah diketahui.

Baca juga: Mengenal Sejarah Bank Indonesia dari Zaman Penjajahan Hingga Pra-Kemerdekaan

Pada prinsipnya, metode pembobolan seperti ini agak sulit untuk terdeteksi. Maka dari itu, para nasabah disarankan untuk selalu berhati-hati saat melakukan transaksi via kartu ATM.

CARA MENCEGAH SKIMMING ATM

Modus kejahatan skimming ATM bisa dihindari dengan menerapkan sejumlah tips berikut:

Ganti PIN ATM secara berkala

Agar terhindar dari kejahatan skimming ATM, nasabah perlu mengganti PIN ATM secara berkala. Dengan begitu, pelaku tidak bisa mengakses akun nasabah, meski sebelumnya telah berhasil melakukan perekaman PIN ATM.

Sekadar informasi, penggantian PIN ATM bisa dilakukan seminggu sekali, bahkan setiap hari.

Periksa alat transaksi

Saat melakukan transaksi di mesin ATM, perhatikanlah dengan teliti setiap sudut yang ada di mesin tersebut. Jika melihat ada kejanggalan seperti benda asing, sebaiknya batalkan transaksi dan segera lapor pada pihak keamanan sekitar.

Tutup tangan saat mengetik PIN

Tips berikutnya adalah menutupi tangan saat mengetik PIN. Jika hal ini dilakukan, maka spy camera akan kesulitan untuk merekam gerakan tangan.

Gunakan kartu berbasis chip

Perlu diketahui, kartu ATM berbabis chip dinilai lebih aman karena sudah mengaplikasikan teknologi enkripsi data. Jadi, kartu tersebut tidak akan terdeteksi oleh alat skimming. Data yang terekam di alat hanya berupa kode-kode dan simbol yang tidak bisa diartikan.

Baca juga: Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank dan Jenis-jenisnya

Bertransaksi di ATM kantor cabang

Yang terakhir, lakukanlah transaksi di ATM kantor cabang penerbit ATM yang notabene selaku dijaga petugas keamanan. Hindari menggunakan ATM di tempat sepi yang sangat mudah diakses oleh pelaku kejahatan skimming.

Ya, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu skimming ATM dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply