Blog

Kerap Diandalkan untuk Penyimpanan, Apa itu Safe Deposit Box?

danain-apa itu safe deposit box-gambar deposit box

Apa itu safe deposit box?

Sebagian orang kerap memanfaatkan safe deposit box untuk menyimpan barang berharga yang dimiliki. Yang jadi pertanyaan, apa itu safe deposit box?

Sebagian dari kita mungkin punya barang berharga atau dokumen penting yang bernilai fantastis. Barang yang dimaksud bisa berupa emas, perhiasan, atau dokumen seperti sertifikat tanah atau rumah.

Dalam banyak kasus, pemilik barang seringkali tidak memperlakukan barang berharga tersebut sebagaimana mestinya. Biasanya, pemilik hanya menyimpan barang-barang itu di dalam lemari atau laci meja, yang notabene tidak memiliki perlindungan berlapis.

Padahal, seperti yang kita tahu, tempat-tempat tersebut sangat tidak aman sebagai tempat penyimpanan. Selain rawan pencurian, lokasi-lokasi itu juga sangat rentan terhadap bencana, seperti banjir atau kebakaran.

Baca juga: Kerap Diperbincangkan, Apa itu Deposito Bank?

Berangkat dari keresahan itu, muncul opsi menarik untuk tempat penyimpanan yang lebih aman. Namanya safe deposit box atau biasa disingkat SDB.

Berikut penjelasan lengkap mengenai apa itu safe deposit box beserta seluk beluknya. Simak sampai tuntas!

PENGERTIAN SAFE DEPOSIT BOX

Untuk diketahui, layanan safe deposit box merupakan jasa penyewaan kotak penyimpanan yang dirancang secara khusus dari bahan baja dan ditempatkan dalam ruang khasanah yang kokoh dan tahan api, sehingga memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Pada umumnya, barang yang disimpan dalam safe deposit box adalah barang bernilai tinggi, di mana pemiliknya merasa tidak aman saat menyimpannya di dalam rumah. Lembaga perbankan biasanya mengenakan biaya relatif lebih murah untuk penyewaan safe deposit box. Demikian seperti dilansir laman sikapiuangmu.ojk.go.id.

KEUNTUNGAN MEMAKAI SAFE DEPOSIT BOX

Ada sejumlah keuntungan yang bisa didapat ketika menggunakan layanan safe deposit box, antara lain:

Aman

Ruang penyimpanan dibuat kokoh dan dilengkapi dengan sistem keamanan tingkat tinggi selama 24 jam. Untuk bisa membuka safe deposit box, perlu kunci dari pihak penyewa dan pihak bank.

Baca juga: Mengenal Sejarah Bank Indonesia dari Zaman Penjajahan Hingga Pra-Kemerdekaan

Fleksibel

Safe deposit box yang disewakan biasanya tersedia dalam berbagai jenis ukuran. Jadi, bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyewa, baik individu atau badan usaha.

Mudah

Persyaratan untuk menyewa safe deposit box cukup mudah, hanya dengan membuka tabungan atau giro. Bahkan, ada pihak bank yang tidak mensyaratkan hal tersebut, namun mengenakan tarif yang berbeda.

HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT SEWA SAFE DEPOSIT BOX

Apa itu safe deposit box sudah dijelaskan, kini giliran kami membeberkan hal apa saja yang perlu diperhatikan saat menggunakan layanan tersebut. Berikut beberapa poinnya:

– Ada biaya yang dibebankan pada pihak penyewa, seperti uang sewa, uang agunan kunci, dan denda keterlambatan jika telat bayar.

– Dilarang menyimpan barang-barang berbahaya, seperti senjata api, bahan peledak, atau barang lain yang bisa membahayakan safe deposit box.

– Wajib menjaga kunci agar tidak hilang atau disalahgunakan oleh pihak lain.

– Harus memperlihatkan barang simpanan jika sewaktu-waktu diperlukan oleh bank.

– Jika kunci hilang, maka uang agunan kunci akan digunakan sebagai biaya pengganti.

– Memiliki daftar isi dari safe deposit box dan menyimpan salinannya di rumah sebagai referensi.

– Penyewa bertanggung jawab jika barang yang disimpan menyebabkan kerugian secara langsung maupun tidak langsung terhadap bank atau penyewa lainnya.

Baca juga: Mengenal Lembaga Keuangan Non Bank dan Jenis-jenisnya

Ya, itulah ulasan lengkap tentang apa itu safe deposit box. Sebagai informasi tambahan, bank tidak bertanggung jawab atas perubahan kuantitas dan kualitas, kehilangan, atau rusaknya barang yang bukan karena kesalahan dari pihak bank, serta akibat force majeure seperti gempa bumi, perang, dan lain sebagainya.

Leave a Reply