Blog

Apa Itu Perusahaan Sekuritas? Kenali Definisi, Peran Penting, dan Cara Memilihnya!

danain-Apa itu perusahaan sekuritas-gambar suasana kantor

Apa itu perusahaan sekuritas?

Apa itu perusahaan sekuritas? Bagi investor pemula, mungkin sempat dibingungkan dengan istilah tersebut. Nah, pada artikel berikut, kami akan berikan penjelasan lengkapnya!

Broker atau perusahaan sekuritas adalah istilah yang wajib dikenali oleh para investor pemula, khususnya mereka yang terjun dalam dunia investasi pasar modal, seperti saham, obligasi, valuta asing (forex), maupun komoditas.

Nah, sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan perusahaan sekuritas? Apa juga peran pentingnya dalam dunia investasi?

Apa Itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan sekuritas atau broker, sederhananya dapat dikenal sebagai perusahaan yang menjadi penengah atau yang menjembatani investor (pemilik modal) dengan pasar atau bursa efek.

Mereka berperan untuk mempermudah terjadinya transaksi pembelian aset investasi. Bahkan, beberapa perusahaan sekuritas terkadang juga memberikan rekomendasi instrumen yang potensial untuk dijadikan investasi jangka pendek maupun jangka panjang, sesuai dengan profil risiko investor.

Baca juga: Pengertian dan Contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Pada dasarnya, tanpa perantara perusahaan sekuritas, kamu tidak bisa melakukan transaksi pembelian di bursa efek mana pun. Sehingga, bisa dibilang, memilih perusahaan sekuritas merupakan langkah awal yang harus kamu tentukan sembari melihat kredibilitasnya.

Peran Penting Perusahaan Sekuritas

Mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), peran atau fungsi dari perusahaan sekuritas terbagi menjadi dua jenis, yakni:

  1. Pihak perantara perdagangan di bursa efek

Perusahaan sekuritas atau broker harus memberikan jaminan bahwa transaksi yang dilakukan oleh para investor aman dan berlangsung sebagaimana mestinya.

  1. Pihak yang menjamin emisi efek

Peran atau fungsi dari perusahaan sekuritas yang lain adalah memberikan jaminan terhadap emisi efek yang akan melantai di bursa. Nantinya, perusahaan sekuritas memiliki tanggung jawab untuk membantu perusahaan yang akan melakukan Initial Public Offering (IPO).

Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Apa itu Perusahaan Startup?

Cara Memilih Perusahaan Sekuritas yang Aman dan Terpercaya

Buat kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia investasi, berikut beberapa cara memilih perusahaan sekuritas yang aman dan bisa kamu ikuti.

  1. Pastikan terdaftar dan diawasi OJK

Perusahaan sekuritas yang baik adalah yang memiliki izin secara resmi dan terdaftar di OJK. Ini merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya.

Mengingat perusahaan sekuritas akan menjadi perantara transaksi di pasar modal, sehingga setiap aktivitas keuangan ini harus tetap dalam pengawasan pihak OJK.

  1. Cari tahu review-nya di internet

Kemudahan akses internet memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi dengan instan. Nah, kamu bisa memanfaatkannya untuk mencari tahu bagaimana ulasan atau review orang-orang mengenai perusahaan sekuritas yang akan kamu pilih.

Cari tahu bagaimana proses pendaftarannya, cara transaksinya, minimal transaksi awal, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mencari tahu fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan sekuritas tersebut, seperti rekomendasi saham terbaru, saham paling potensial saat ini, dan sejenisnya.

  1. Pilih perusahaan sekuritas yang memiliki software mudah digunakan

Dulu, untuk bertransaksi di pasar modal, investor harus datang ke cabang perusahaan sekuritas terdekat. Kini, dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan kamu dapat melakukan transaksi investasi dari mana saja hanya melalui genggaman.

Nah, saran kami, pilihlah perusahaan sekuritas dengan aplikasi yang memiliki tampilan mudah dipahami dan mudah untuk digunakan. Khususnya jika kamu adalah investor baru atau pemula, maka kemudahan penggunaan aplikasi layak dipertimbangkan.

Baca juga: Mengenal Proses Inti, Akun Perusahaan, dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Itulah ulasan mengenai apa itu perusahaan sekuritas, peran penting, serta cara memilih perusahaan sekuritas yang aman dan terpercaya. Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia investasi.

Leave a Reply