Blog

Pengertian dan Contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan

danain-Contoh standar operasional prosedur perusahaan-gambar ilustrasi SOP

Contoh standar operasional prosedur perusahaan

Seperti apa contoh standar operasional prosedur perusahaan yang tepat?

Standar Operasional Prosedur (SOP) menjadi salah satu aspek penting dalam perusahaan, sehingga pengusaha perlu mengetahui contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan yang baik dan benar. Tak hanya contoh, para pengusaha juga perlu mengetahui aspek dasar lainnya terkait SOP Perusahaan, mulai dari pengertian, manfaat, hingga fungsinya.

Mengenal Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Sebelum membahas contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan, kamu sebagai pengusaha harus tahu dulu pengertian dari SOP tersebut. SOP Perusahaan merupakan kumpulan peraturan atau acuan yang dibuat oleh sebuah perusahaan untuk melaksanakan aktivitas operasionalnya sehari-hari.

Sekumpulan peraturan dan acuan yang dibuat ini bertujuan untuk menjadi alat penilaian kinerja bagi perusahaan. Selain itu, SOP Perusahaan juga dibuat untuk mengatur aktivitas masing-masing individu dalam perusahaan supaya bisa bekerja sesuai tanggung jawabnya. Dengan kata lain, dokumen ini berisi prosedur untuk menyelesaikan pekerjaan, serta hal-hal yang berkaitan lainnya.

SOP Perusahaan dibuat dengan tujuan tertentu, di antaranya untuk menjadi rujukan pengetahuan bagi kegiatan operasional yang selalu diperbarui. Selain itu, dokumen operasional perusahaan ini juga berfungsi sebagai arsip pelacakan kegiatan operasional, penilaian, dan perbaikan.

Baca juga: Mengenal Proses Inti, Akun Perusahaan, dan Karakteristik Perusahaan Dagang

Manfaat Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Aspek berikutnya yang perlu kamu tahu sebelum masuk ke pembahasan mengenai contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan adalah manfaat dari SOP tersebut. Pada prinsipnya, SOP perusahaan bermanfaat sebagai standarisasi bagi karyawan dalam menyelesaikan tugasnya dengan benar.

Selain itu, SOP perusahaan juga bisa membantu karyawan untuk jadi lebih mandiri dan meningkatkan akuntabilitas. Kemudian, dokumen berupa peraturan dan acuan ini dapat menciptakan ukuran standar kinerja yang bisa memperbaiki kinerja karyawan. Satu hal yang tak kalah penting, SOP Perusahaan bisa menghindari tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Tahap Membuat Standar Operasional Prosedur Perusahaan

SOP Perusahaan bisa dibuat melalui beberapa tahapan penting yang harus dilakukan secara teliti dan sistematis. Tahap pembuatan SOP perusahaan bisa dimulai dengan membentuk dan membagi tim khusus pembuatan SOP. Setelah itu, tentukan sasaran penerapan SOP serta penentuan waktu dan tempat penerapannya.

Baca juga: Apa yang Dilakukan Perusahaan Bila Mengalami Over Production? Simak Jawabannya di Bawah ini!

Tahap berikutnya dalam proses pembuatan SOP perusahaan adalah mendokumentasikan jenis kegiatan operasional per divisi. Proses ini dilanjutkan dengan menyusun alur kerja, instruksi kerja, dan formulir pendukung. Jika sudah dibuat, silakan bertukar pendapat dengan sesama tim dan libatkan pelaksana SOP perusahaan.

Contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan

Setelah mengetahui proses pembuatannya, maka supaya lebih paham, kamu bisa melihat contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan berikut ini:

SOP PT Bumi Pertiwi

Tujuan:

  1. Perusahaan menyediakan layanan jasa pembuatan website.
  2. Menyediakan layanan jasa optimasi website secara profesional dan terpercaya.
  3. Menyediakan layanan jasa pembuatan aplikasi berbasis website.
  4. Memberikan solusi yang kreatif dan bagus untuk bisnis yang telah berkembang.
  5. Menyediakan layanan jasa pembuatan faktur dan pencatatan biaya.

Prosedur kerja:

  1. Karyawan masuk mulai dari hari Senin hingga Jumat.
  2. Semua karyawan sudah harus sampai di kantor pukul 09.00.
  3. Karyawan diperbolehkan istirahat pukul 12.00-13.00 di hari Senin hingga Kamis, karyawan diperbolehkan istirahat hingga pukul 13.30 di hari Jumat.
  4. Karyawan diperbolehkan pulang pukul 18.00 jika sudah menyelesaikan pekerjaan.
  5. Karyawan dibayar sesuai peraturan perusahaan jika lembur di atas pukul 19.00.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Contoh Perusahaan Dagang yang Perlu Kamu Tahu!

Itulah informasi mengenai pengertian, manfaat, tahap pembuatan, dan contoh Standar Operasional Prosedur Perusahaan. Semoga dengan adanya informasi ini, kamu bisa mengenal lebih dalam tentang SOP perusahaan.

Leave a Reply