Blog

Kerap Diperbincangkan, Apa itu Pertumbuhan Ekonomi?

danain-Apa itu pertumbuhan ekonomi?-gambar setumpukan koin

Apa itu pertumbuhan ekonomi?

Topik mengenai pertumbuhan ekonomi sering diperbincangkan di sekitar kita. Lantas, apa itu pertumbuhan ekonomi?

Istilah pertumbuhan ekonomi tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Ya, kata tersebut sering muncul di pemberitaan media massa atau saat sedang berbincang dengan kerabat mengenai kondisi negara.

Sebenarnya, apa itu pertumbuhan ekonomi? Berikut ulasan lengkapnya, seperti dikutip dari laman Kompas.com!

DEFINISI PERTUMBUHAN EKONOMI

Secara garis besar, pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan nilai dan jumlah produksi barang atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat berkaitan dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya.

Beberapa indikator dari adanya pertumbuhan ekonomi adalah naiknya pendapatan nasional, pendapatan per kapita, jumlah tenaga kerja yang lebih banyak dari jumlah pengangguran, serta berkurangnya angka kemiskinan.

Definisi lainnya, menurut Investopedia, pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa ekonomi dari satu periode ke periode lainnya. Pertumbuhan ekonomi bisa diukur secara nominal atau riil.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Ekonomi Syariah? Simak Penjelasan Lengkapnya di Bawah ini!

Dalam konteks ini, pertumbuhan ekonomi dilihat dan diukur dengan cara membandingkan komponen yang dapat mewakili kondisi ekonomi negara saat ini dan periode sebelumnya. Komponen yang dimaksud adalah Produk Nasional Bruto (PNB) atau Produk Domestik Bruto (PDB).

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi juga punya arti lain, yakni proses perubahan berkesinambungan menuju kondisi yang lebih baik dalam perekonomian suatu negara. Intinya, ekonomi sebuah negara bisa dibilang mengalami pertumbuhan kalau kegiatan ekonomi masyarakatnya berdampak langsung pada kenaikan produksi barang dan jasa.

Adapun menurut buku Makroekonomi: Teori Pengantar (2010) karya Sadono Sukirno, pertumbuhan ekonomi adalah perkembangan kegiatan dalam perekonomian yang menyebabkan barang dan jasa yang diproduksi dalam masyarakat bertambah dan kemakmuran masyarakat meningkat.

Nah, dari sejumlah definisi di atas, bisa disimpulkan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan sebuah proses dari perubahan kondisi perekonomian yang terjadi di suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik dalam jangka waktu tertentu.

CIRI-CIRI PERTUMBUHAN EKONOMI

Pertumbuhan ekonomi punya ciri-ciri umum menurut Prof. Simon Kuznets. Ciri-ciri tersebut antara lain:

  1. Adanya laju pertumbuhan penduduk dan produk per kapita yang cepat.
  2. Perkembangan produktivitas masyarakat.
  3. Pertumbuhan tingkat struktural yang melesat.

Baca juga: Mengenal Kebijakan Moneter Ekspansif dan Kontraktif dalam Ekonomi

  1. Tingkat urbanisasi tinggi.
  2. Adanya ekspansi pada negara maju.
  3. Terjadi arus barang, modal, dan manusia di berbagai negara.

FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI

Setelah mengetahui apa itu pertumbuhan ekonomi dan ciri-cirinya, kamu mungkin bertanya-tanya. Sebenarnya, faktor apa saja yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi?

Setidaknya, ada beberapa faktor yang bisa disebutkan, di antaranya:

  1. Sumber daya alam

Faktor pertama adalah sumber daya alam, mencakup kesuburan tanah, mineral, iklim, air, hingga kelautan. Bagi pertumbuhan ekonomi, ketersediaan sumber daya alam sangat baik dalam menunjang pembangunan.

  1. Sumber daya manusia

Sumber daya manusia adalah individu produktif yang berperan sebagai penggerak suatu organisasi. Cepat atau lambatnya proses pembangunan tergantung pada sejauh mana sumber daya manusia selaku subjek pembangunan punya kompetensi yang memadai untuk melaksanakan pertumbuhan ekonomi.

  1. Akumulasi modal

Modal dibutuhkan manusia untuk mengolah sumber daya alam dan meningkatkan kualitas ilmu pengetahuan dan teknologi. Modal berupa barang sangat penting bagi perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi, sebab bisa meningkatkan produktivitas.

  1. Tenaga manajerial dan organisasi produksi

Faktor selanjutnya adalah tenaga manajerial dan organisasi produksi. Kedua hal ini sangat berperan penting dalam berbagai kegiatan ekonomi.

  1. Ilmu pengetahuan dan teknologi

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang makin pesat mampu mendorong proses pembangunan. Perubahan pola kerja yang semula menggunakan tangan manusia, kemudian digantikan oleh mesin akan berdampak positif pada aspek efisiensi, kualitas, dan kuantitas.

Baca juga: Kerap Diucapkan Dalam Dunia Bisnis, Apa yang Dimaksud dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN?

  1. Politik dan administrasi pemerintah

Struktur politik dan administrasi yang lemah merupakan penghambat bagi pembangunan ekonomi di negara-negara berkembang. Selain itu, politik yang tidak stabil dan pemerintahan yang korup juga akan menghambat kemajuan ekonomi.

  1. Sosial budaya

Faktor terakhir adalah sosial budaya. Hal ini meliputi sikap, tingkah laku, pandangan masyarakat, motivasi kerja, dan kelembagaan masyarakat.

Ya, itulah ulasan lengkap mengenai apa itu pertumbuhan ekonomi, ciri-ciri, dan faktor yang memengaruhinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply