Strategi promosi menempati posisi strategis untuk mencapai keberhasilan sebuah bisnis. Dalam kesempatan ini, kami akan membeberkan macam-macam strategi promosi yang bisa diterapkan agar sukses menggaet konsumen.
Sebuah bisnis akan sulit berkembang kalau tak diiringi dengan strategi promosi yang baik. Terlebih, risiko kalah saing akan mungkin terjadi, sehingga mempelajari ilmu tentang promosi sangat diperlukan dalam menjalankan sebuah usaha.
Pada prinsipnya, strategi promosi adalah kegiatan yang terdiri dari pelaksanaan gagasan dan perencanaan dalam bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan orang-orang tentang sebuah produk. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan lain sebagainya.
Promosi merupakan pondasi utama untuk menyampaikan seluruh manfaat produk atau layanan kepada masyarakat. Dengan promosi yang menarik, produk yang dihasilkan akan mendapat atensi tinggi dari khalayak ramai.
Baca juga: Mengenal Seluk Beluk Strategi Pemasaran 4P
Bagi kamu yang berkecimpung di dunia bisnis, membuat promosi tidak boleh sembarangan. Pasalnya, kesalahan dalam membuat promosi akan membuat masyarakat tidak percaya dengan produk yang dipasarkan. Maka dari itu, perlu strategi promosi yang jitu guna memastikan keberhasilan jangka panjang, menghasilkan keuntungan, dan meningkatkan jumlah konsumen.
Berikut kami jelaskan macam-macam strategi promosi yang bisa dimanfaatkan untuk memajukan sebuah bisnis. Simak sampai tuntas!
MACAM-MACAM STRATEGI PROMOSI
Melansir laman Bola.com, strategi promosi terbagi atas empat macam, yakni:
-
Periklanan
Periklanan adalah sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus diberikan imbalan atau pembayaran kepada sebuah organisasi atau media massa. Media yang digunakan biasanya televisi, surat kabar, hingga internet.
-
Promosi penjualan
Strategi yang kedua adalah promosi penjualan. Bentuk promosi ini merupakan insentif jangka pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa. Harapannya, konsumen bisa melakukan pembelian saat itu juga. Contoh promosi penjualan adalah obral, pemberian kupon, hingga pemberian contoh produk.
Baca juga: Ingin Sukses Gaet Pelanggan, Kamu Wajib Tahu 5 Strategi Pemasaran Berikut ini!
-
Penjualan tatap muka
Penjualan tatap muka adalah sebuah proses, di mana pelanggan diberi informasi dan dipersuasi untuk membeli produk melalui komunikasi secara personal dalam situasi perekrutan.
-
Publisitas atau Hubungan Masyarakat
Yang terakhir adalah publisitas, mirip-mirip dengan periklanan. Publisitas merupakan komunikasi non personal dalam bentuk informasi, sehubungan dengan usaha atau produk yang ditransmisi melalui perantara media massa.
MANFAAT PROMOSI
Setelah mengetahui macam-macam strategi promosi, kamu mungkin bertanya-tanya. Sebenarnya, apa sih manfaat dari promosi?
Setidaknya, ada beberapa manfaat yang diberikan, antara lain:
-
Meningkatkan kesadaran merek
Manfaat yang pertama adalah meningkatkan kesadaran merek. Dengan menyebarkan informasi tentang produk yang dijual, maka akan banyak orang yang mengetahuinya dan berpotensi melakukan pembelian.
-
Identifikasi segmen
Strategi promosi tidak akan berjalan baik jika dibuat tidak terstruktur. Sebaliknya, kalau dibuat dengan terstruktur dan dipikirkan secara matang, maka promosi yang dilakukan bisa mengidentifikasi segmen konsumen yang berbeda-beda.
Baca juga: Strategi Cerdas agar Investasi Berjalan Lancar
-
Tingkatkan loyalitas konsumen
Meningkatkan loyalitas konsumen bukan hanya sekadar menyediakan produk atau jasa yang berkualitas. Akan tetapi, pelaku usaha juga harus selalu menjalankan promosi agar konsumen selalu ingat dengan produk yang dijual.
-
Meningkatkan reputasi produk
Citra positif merek bisa meningkat dengan melakukan promosi. Di saat bersamaan, produk yang kamu jual juga akan lebih kuat dan menonjol dibanding pesaing yang ada.
-
Menjaga perputaran persediaan barang
Manfaat yang terakhir adalah menjaga perputaran persediaan barang. Untuk diketahui, promosi bisa mengurangi kerugian karena harus membuang barang-barang yang sudah tidak layak jual atau kedaluwarsa. Dengan begitu, konsumen akan tetap setia membeli produk yang kamu jual.
Ya, itulah macam-macam strategi promosi dan manfaatnya. Semoga berguna!
Leave a Reply