Blog

Wajib Catat, ini Daftar Perlengkapan Bayi yang Harus Dibeli Sebelum Melahirkan!

danain-Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan-gambar hasil USG

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan

Jelang waktu melahirkan, ada banyak hal yang harus dipersiapkan oleh orang tua. Salah satunya sebut saja kebutuhan si kecil. Berikut kami beberkan sederet daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan.

Tak hanya menyiapkan fisik dan mental, ibu hamil juga harus mempersiapkan perlengkapan bayi sebelum melahirkan. Peralatan ini harus disiapkan jauh-jauh hari, agar tidak kelabakan saat waktu lahir telah tiba.

Dalam banyak kasus, calon orang tua kerap sangat antusias saat membeli  berbagai kebutuhan si buah hati. Alhasil, banyak barang yang akhirnya dibeli, padahal sebenarnya tidak dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Mubazir!

Nah, agar kamu tidak membeli barang yang sejatinya tidak dibutuhkan dan bikin pengeluaran jadi membengkak, kami punya tips ampuh yang bisa kamu ikuti. Langsung saja, berikut daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

Popok

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan yang pertama adalah popok. Untuk diketahui, bayi yang baru lahir umumnya perlu mengganti popok sebanyak 10-12 kali dalam sehari. Kamu bisa menyiapkan stoknya untuk beberapa hari ke depan. Oh ya, untuk mempermudah penggantian, menggunakan popok sekali pakai bisa jadi pilihan tepat.

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan penunjangnya, seperti kapas, tisu basah, perlak, hingga tempat sampah kecil.

Baca juga: Mau Tahu Biaya Persalinan Normal yang Terbaru? Cek Ulasan Lengkapnya di Bawah ini!

Baju dan celana

Perlengkapan yang kedua adalah baju dan celana. Pilih yang praktis dan berbahan nyaman. Disarankan untuk membeli pakaian dengan model kancing depan guna memudahkan kamu saat memakaikan dan melepaskannya. Terkait jumlah, kamu bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan.

Bedong bayi

Selama dalam kandungan, posisi bayi seperti dibedong atau dibundel. Maka dari itu, kamu juga perlu menyiapkan perlengkapan ini sebelum melahirkan. Kamu bisa membeli bedong yang berbahan tipis untuk cuaca panas dan yang berbahan tebal untuk cuaca dingin atau ruangan AC.

Topi, sarung tangan, dan kaus kaki

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan selanjutnya adalah topi, sarung tangan, dan kaus kaki. Sejumlah barang ini penting untuk membuat bayi tetap merasa nyaman, terutama dalam kondisi dingin. Perlu kamu tahu juga, sarung tangan sangat berguna untuk mencegah si kecil melukai wajahnya karena menggaruk.

Tempat tidur

Barang yang tak kalah penting adalah ranjang khusus bayi. Pilih kasur yang berbahan empuk dan siapkan pula 4-5 sprei pengganti yang berbahan lembut.

Baca juga: Sudah Berkeluarga, ini Rincian Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga yang Perlu Diketahui!

Perlengkapan mandi

Di daftar berikutnya ada perlengkapan untuk mandi bayi. Barang yang harus disiapkan meliputi bak mandi, handuk bayi, sabun, sampo, kain lap lembut, dan lotion khusus bayi.

Peralatan menyusui

Bayi harus diberi makan sepanjang waktu. Karena itu, penting untuk menyiapkan perlengkapan menyusui, baik secara langsung atau lewat botol. Beberapa yang wajib dibeli adalah botol susu, sikat botol, keranjang pencuci, pompa ASI, bantalan menyusui, penadah iler, dan alat sterilisasi botol.

Tas bayi

Perlengkapan selanjutnya adalah tas bayi. Barang ini penting, apalagi saat berpergian ke luar rumah. Dalam hal ini, kamu bisa memilih tas bayi yang punya banyak kompartemen agar dapat menampung banyak barang.

Peralatan kesehatan bayi

Layaknya orang dewasa, bayi juga perlu peralatan kesehatan sebagai langkah antisipasi jika sakit. Kamu bisa menyiapkan beberapa perlengkapan, seperti gunting kuku, termometer bayi, kapas, pembersih telinga, serta obat-obatan yang disarankan oleh dokter.

Baca juga: Simak Baik-baik, ini Cara Membuat Kartu Keluarga Online!

Mainan bayi

Daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan yang terakhir adalah mainan. Tak perlu mewah, kamu bisa membeli beberapa jenis mainan, semisal kerincingan, mainan musik, atau mainan berbahan lunak lainnya yang notabene mampu merangsang perkembangan otak bayi.

Ya, itulah sederet daftar perlengkapan bayi yang harus dibeli sebelum melahirkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply