Blog

Sudah Berkeluarga, ini Rincian Pengeluaran Bulanan Rumah Tangga yang Perlu Diketahui!

danain-rincian pengeluaran bulanan rumah tangga-gambartangan

Rincian pengeluaran bulanan rumah tangga

Bagi kamu yang sudah berkeluarga, pengeluaran rumah tangga akan selalu ada terus-menerus setiap waktu. Entah itu untuk kebutuhan harian, mingguan, atau bulanan. Lantas, apa saja rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang perlu diketahui?

Kehidupan pasca menikah tentu tidaklah mudah. Butuh penyesuaian yang baik dalam menjalaninya, terutama terkait finansial. Maklum, banyak pasangan yang akhirnya bertengkar karena masalah keuangan.

Maka dari itu, penting bagi para pasangan untuk bisa memastikan agar penghasilan yang didapat tidak lebih besar daripada pengeluaran setiap bulan. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya utang yang tak diinginkan.

Intinya, setiap pasangan perlu mencari cara agar finansial keluarga bisa tetap terjaga dan terkendali. Salah satunya adalah dengan mengetahui pos-pos pengeluaran yang wajib dipenuhi setiap bulan.

Langsung saja, berikut kami beberkan rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang perlu diketahui oleh semua pasangan suami istri. Simak sampai tuntas!

Pengeluaran untuk tempat tinggal

Rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang pertama adalah untuk tempat tinggal. Ini merupakan prioritas, mengingat rumah adalah tempat untuk beristirahat setiap harinya.

Baca juga: Cara Mudah untuk Melacak Pengeluaran, Lakukan Sekarang Juga!

Meski begitu, bukan berarti kamu harus langsung punya rumah sendiri setelah menikah. Di tahap awal, kamu bisa mencicil rumah melalui fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) atau dengan cara mengontrak di tempat orang.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menyisihkan penghasilan bulanan untuk pos pengeluaran tempat tinggal, sehingga kebutuhan utama tersebut bisa terpenuhi.

Pengeluaran untuk makan

Di daftar kedua ada pengeluaran untuk konsumsi, yakni makanan sehari-hari. Kamu harus bisa memastikan bahwa kebutuhan ini juga terpenuhi, jangan sampai tidak. Tanpa asupan makanan, kamu tak bisa beraktivitas dengan ideal.

Sekadar saran, kamu bisa memasak sendiri di rumah agar lebih hemat. Kamu hanya perlu membeli bahan-bahan makanan di pasar tradisional atau supermarket.

Pengeluaran untuk konsumsi lain

Pengeluaran rutin rumah tangga selanjutnya adalah untuk tagihan listrik, air, telepon, hingga pulsa. Sisihkan gaji setiap bulan untuk sederet kebutuhan tadi agar kehidupan sehari-hari bisa berjalan lancar.

Pengeluaran untuk transportasi

Rincian pengeluaran bulanan rumah tangga berikutnya adalah untuk transportasi, baik itu bensin, ongkos transportasi umum, hingga parkir. Pengeluaran ini juga penting untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Baca juga: Hati-hati, 10 Pengeluaran tak ‘Berguna’ ini Bisa Kuras Tabungan Kamu!

Pengeluaran untuk biaya pendidikan

Jika sudah punya anak, kamu perlu menyisihkan uang untuk biaya pendidikannya. Selain uang sekolah, kamu juga harus menyiapkan uang untuk membeli buku atau kursus.

Pengeluaran untuk bayar utang

Rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang terakhir adalah untuk membayar utang (jika ada). Dalam hal ini, kamu bisa alokasikan penghasilan untuk membayar cicilan kartu kredit, kendaraan, atau cicilan lainnya. Jangan sampai telat bayar untuk menghindari denda.

TIPS MENGATUR KEUANGAN RUMAH TANGGA

Ahli keuangan menyarankan untuk membuka rekening bank bersama usai melangsungkan pernikahan. Dalam mengelolanya, kamu bisa terapkan metode 50/30/20 yang kerap direkomendasikan. Rinciannya, 50 persen untuk kebutuhan bulanan, 30 persen untuk gaya hidup, dan 20 persen untuk dana darurat serta investasi.

Baca juga: Hati-hati, 3 Pengeluaran ‘Bodoh’ ini Bikin Generasi Milenial Sulit Kaya!

Di saat bersamaan, susun juga anggaran dan rencana belanja tiap bulan secara rutin. Tak lupa, catatlah segala bentuk pengeluaran selama sebulan agar bisa dipantau. Terapkan pula gaya hidup hemat untuk meminimalisir utang konsumtif di kemudian hari.

Ya, itulah rincian pengeluaran bulanan rumah tangga yang perlu diketahui berserta tips mengelola keuangan yang bisa diterapkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply