Blog

Mau Tahu Biaya Persalinan Normal yang Terbaru? Cek Ulasan Lengkapnya di Bawah ini!

Danain-Biaya_persalinan_terbaru-gambar bayi baru lahir

Biaya persalinan normal yang terbaru

Biaya persalinan setiap orang akan berbeda satu sama lain, tergantung fasilitas kesehatan yang digunakan. Lantas, berapakah biaya persalinan normal yang terbaru?

Membayangkan punya anak yang lucu dan menggemaskan adalah impian setiap pasangan. Sayangnya, hal itu berbanding terbalik dengan proses yang harus dilalui saat istri menjalani masa kehamilan. Sebagai kepala keluarga, pria harus mempersiapkan biaya persalinan normal ataupun caesar yang makin mahal dan segala tetek-bengeknya.

Oke, dalam kesempatan ini, kami akan mengulas secara spesifik terkait persalinan normal yang menjadi salah satu metode medis untuk melahirkan. Kami pun akan membeberkan perihal biaya persalinan normal yang harus digelontorkan oleh setiap pasangan.

Simak ulasan lengkapnya sampai tuntas!

Perlu diketahui, melahirkan normal adalah sebuah istilah bagi ibu yang melahirkan bayi melalui vagina. Proses melahirkan ini umumnya terjadi antara minggu ke-37 hingga ke-42.

Tahapan melahirkan normal dimulai dengan kontraksi otot rahim, diikuti dengan pembukaan leher rahim secara bertahap. Setelahnya, otot panggul si ibu akan mendorong bayi dan plasenta keluar melalui vagina. Demikian seperti dikutip dari laman alodokter.com.

Baca juga: Dari Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah, inilah Biaya Cabut Gigi di Fasilitas Kesehatan!

Pada prinsipnya, setiap ibu hamil memungkinkan untuk menjalani proses persalinan secara normal. Meski begitu, melahirkan normal tidak disarankan apabila terjadi sejumlah kondisi sebagai berikut: Tali pusat menutupi jalan lahir bayi, kelainan posisi janin, kehamilan kembar, pernah melakukan operasi caesar, denyut jantung janin tidak stabil, kelainan letak plasenta, berat badan janin melebihi 4-4,5 kg, serta infeksi herpes genital.

PERSIAPAN SEBELUM PERSALINAN NORMAL

Melangsungkan persalinan secara normal perlu persiapan yang cukup matang. Adapun sejumlah persiapan yang disarankan, antara lain:

– Cari dokter kandungan yang tepat.

– Pelajari proses dan tahap melahirkan normal sejak masa awal kehamilan.

– Persiapkan mental, lakukan meditasi atau teknik relaksasi.

– Lakukan olahraga ringan yang bisa memperkuat otot panggul.

– Konsumsi makanan bergizi untuk mencegah berat badan berlebih.

Baca juga: Berapa Sih Biaya Operasi Usus Buntu? Simak Besarannya di Sini!

– Persiapkan kebutuhan bayi, seperti popok, baju, botol susu, serta kebutuhan lain untuk si ibu. Masukkan barang-barang tersebut ke dalam satu tas, sehingga mudah dibawa ketika tanda melahirkan mulai muncul.

TANDA-TANDA JELANG MELAHIRKAN

Dalam prosesnya, dokter kandungan akan memberitahu perkiraan tanggal persalinan, namun bisa maju atau mundur sekitar 2 minggu. Karena itu, penting bagi si ibu untuk mengenali tanda-tanda jika bayi akan lahir, seperti:

– Napas jadi lebih ringan, sebab kepala janin mulai turun ke rongga panggul, sehingga membuat tekanan terhadap paru-paru jadi berkurang.

– Keinginan untuk buang air kecil meningkat.

– Keluarnya lendir bercampur darah di area vagina.

– Nyeri pada punggung bagian bawah yang hilang-timbul.

– Kontraksi otot rahim yang muncul berkala tiap 10 menit.

– Keluarnya air ketuban.

PROSES MELAHIRKAN NORMAL

Proses melahirkan secara normal bisa berlangsung selama 2 jam atau lebih. Pada umumnya, akan terjadi kontraksi selama 60-90 detik dan akan mereda setiap 2-5 menit. Setiap kontraksi muncul, si ibu akan merasakan desakan kuat untuk mengejan.

 

Pada kondisi normal, bayi akan terdorong tiap kali terjadi kontraksi. Tapi, jika janin tak juga turun, biasanya dokter akan menyarankan si ibu untuk mengubah posisi menjadi jongkok, duduk, hingga berlutut.

 Baca juga: Sering jadi Pertanyaan, Berapa Sih Biaya yang Harus Dikeluarkan untuk Rapid Test di Puskesmas?

Nah, setelah kepala bayi sudah keluar dengan sempurna, dokter akan mengisap darah, lendir, serta cairan ketuban dari mulut dan hidung bayi menggunakan alat khusus. Pada tahap ini, si ibu tetap disarankan untuk mengejan hingga seluruh badan bayi bisa keluar.

Ya, itulah seluk beluk melahirkan normal yang perlu diketahui. Nah, balik ke pertanyaan awal, berapakah biaya persalinan normal yang terbaru?

Menurut data yang diperoleh dari berbagai sumber, rata-rata biaya persalinan normal di rumah sakit swasta di Jakarta berkisar di angka Rp 5 juta – Rp 20 juta. Angka tersebut belum termasuk biaya pengecekan rutin ke dokter selama masa kehamilan, USG, vitamin, dan lain sebagainya.

Karena itu, penting bagi kamu untuk mempersiapkan biaya persalinan normal sedini mungkin. Waktu ideal yang disarankan adalah mulai satu bulan setelah melangsungkan pernikahan. Jangan pernah berpkir jika waktu tersebut terlalu cepat, sebab makin cepat kamu mempersiapkannya, maka makin ringan pula beban yang akan kamu pikul di kemudian hari.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply