Blog

5 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses dan Terpercaya, Simak Baik-baik!

Danain-Cara_menjadi_dropshipper_yang_sukses-gambar orang main laptop

Cara menjadi dropshipper sukses

Menjalankan bisnis dropship bisa jadi cara cerdas untuk menambah penghasilan. Berikut kami beberkan cara menjadi dropshipper yang sukses dan terpercaya!

Memulai sebuah bisnis tak melulu harus punya modal yang sangat besar. Dengan modal yang kecil, bahkan tak perlu modal sama sekali, kamu tetap bisa menjalankan aktivitas bisnis jika menerapkan sistem dropship.

Dropship adalah bentuk jual beli barang yang dilakukan oleh perorangan, di mana si penjual (dropshipper) tidak melakukan penyetokan barang layaknya reseller. Singkat kata, dropshipper hanya  berperan sebagai perantara yang menawarkan produk dari pemasok (supplier) kepada pembeli (buyer).

Jika ada yang memesan barang dan melakukan pembayaran, dropshipper tinggal menghubungi pihak supplier dan menyetorkan uang dengan nominal yang telah disepakati di awal. Setelahnya, supplier akan mengirimkan barang kepada pembeli atas nama dropshipper.

Baca juga: 7 Buku tentang Bisnis ini Wajib Kamu Baca jika Ingin jadi Pengusaha Sukses!

Apa sih keuntungan menjadi seorang dropshipper?

Setidaknya, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menjadi seorang dropshipper. Di antaranya sebut saja, bisa menjalankan bisnis dengan modal yang kecil, operasional yang sangat mudah, lokasi dan waktu berjualan yang sangat fleksibel, punya banyak pilihan produk yang bisa dijual, hemat waktu, tenaga, dan pikiran, serta tak perlu menyewa gudang untuk tempat penyimpanan barang.

Lantas, bagaimana cara menjadi dropshipper yang sukses dan terpercaya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Menentukan produk yang tepat

Cara menjadi dropshipper sukses dan terpercaya yang pertama, pilihlah produk yang diminati oleh banyak orang, seperti baju, tas, sepatu, atau masker yang saat ini jadi sebuah kebutuhan. Dengan menentukan produk jual yang tepat, peluang barang kamu untuk laku di pasaran akan lebih besar.

Pilih supplier yang kredibel

Agar pembeli tidak kecewa, pilihlah supplier yang kredibel, yang memang berkomitmen untuk selalu menjaga kualitas produknya setiap saat. Jika memungkinkan, cari juga supplier yang dapat memberikan harga khusus untuk dropshipper, sehingga keuntungan yang kamu peroleh dari bisnis ini bisa lebih besar.

Baca juga: Mau Tahu Cara Jadi Pengusaha Sukses? Simak Rahasianya di Bawah ini

Membuat toko

Setelah menentukan produk yang ingin dijual dan memilih supplier, langkah berikutnya adalah membuat toko. Di era serba digital seperti sekarang, membuat toko secara online adalah pilihan tepat. Selain praktis dan tak butuh modal, toko online juga bisa menjangkau pasar yang lebih luas ketimbang toko konvensional. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkan media sosial, seperti Instagram dan Facebook, atau platform marketplace yang banyak tersedia di dunia maya. Itulah cara menjadi dropshipper yang berikutnya!

Buat sistem pemesanan yang mudah

Saat ingin membeli barang, setiap konsumen ingin bertransaksi dengan mudah dan cepat. Maka dari itu, selaku dropshipper, kamu harus membuat sistem pemesanan produk yang mudah, bisa melalui aplikasi belanja, website, atau aplikasi chatting yang memiliki fitur bisnis. Makin banyak pilihan yang kamu sediakan, makin mudah pula konsumen melakukan transaksi.

Lakukan branding

Cara menjadi dropshipper yang sukses dan terpercaya selanjutnya, lakukanlah branding yang tepat agar toko kamu mudah dikenal oleh pasar. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membuat jargon yang menarik, sehingga toko atau produk kamu mudah diingat oleh konsumen.

Baca juga: Bikin Cepat Sukses, ini Prinsip Keuangan Ala Etnis Tionghoa yang Wajib Kita Tiru!

Buat promosi

Untuk menarik minat konsumen, kamu harus melakukan promosi sebagai strategi bisnis. Kamu bisa memberikan potongan harga untuk sejumlah produk yang dijual atau memberikan layanan gratis ongkir (ongkos kirim) kepada konsumen yang telah melakukan pembayaran.

Memberikan layanan pasca jual

Cara menjadi dropshipper sukses dan terpercaya yang terakhir, berikanlah layanan yang terbaik kepada pelanggan pasca jual. Fakta di lapangan menyebutkan, banyak dropshipper yang memberikan pelayanan kurang baik setelah transaksi berhasil dilakukan. Maklum, bisnis dropship tak punya kendali atas kualitas barang, kecepatan pengiriman, atau pengembalian barang. Karena itu, agar bisnis dropship kamu berjalan lancar dan sukses, kamu harus punya tanggung jawab penuh untuk melayani setiap keluhan dari pelanggan, meskipun kerusakan produk atau masalah pengiriman berada di luar kendali kamu.

Bagaimana, siap jadi dropshipper yang sukses dan terpercaya?

Leave a Reply