Blog

8 Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Usaha

danain-Faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha-gambar ilustrasi lokasi usaha

Faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha

Apa saja faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha secara tepat dan anti gagal?

Sebelum membangun sebuah usaha, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha. Berikut sederet faktor penting yang turut berpengaruh dalam pemilihan lokasi usaha dan patut untuk dipertimbangkan:

  • Akses

Akses atau jalan masuk jadi faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha yang paling utama. Dalam menentukan lokasi usaha, kamu harus memilih lokasi yang mudah untuk dilalui atau dijangkau dengan transportasi umum. Jika lokasi usaha mudah diakses, maka kegiatan usaha bisa berjalan lancar dan jumlah konsumen bisa meningkat.

  • Lalu Lintas

Faktor berikutnya adalah lalu lintas atau traffic di lokasi yang dipilih jadi tempat berlangsungnya usaha. Berkaitan dengan lalu lintas, kamu harus mempertimbangkan, apakah lokasi yang dipilih bisa berpeluang besar terhadap pembelian atau tidak.

Tak hanya itu, kamu juga harus memperhatikan, apakah lokasi yang dipilih rawan kemacetan lalu lintas atau tidak. Jika lokasi yang dipilih rawan macet, maka hal tersebut bisa menjadi penghambat dalam bisnis, karena kemacetan bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Baca juga: Biar Nggak Rugi, Kenali Sederet Risiko Usaha Cuci Motor Berikut ini!

  • Ekspansi

Selain akses dan lalu lintas, ekspansi juga termasuk salah satu faktor berikutnya. Jika ingin membuat usaha jangka panjang, kamu harus memilih lokasi yang luas, sehingga bisa mendukung perluasan di kemudian hari.

  • Visibilitas

Faktor lainnya adalah visibilitas, lokasi yang dipilih harus bisa dilihat dengan jelas dari jarak pandang normal. Dalam hal ini, kamu bisa memilih lokasi usaha yang berada dekat dengan pusat kota atau fasilitas umum lainnya. Lokasi-lokasi seperti itu biasanya lebih mudah dilihat dan dijangkau oleh masyarakat.

  • Lingkungan

Berikutnya ada lingkungan yang juga termasuk sebagai faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha. Saat memilih lokasi untuk tempat usaha, kamu harus memilih daerah dengan lokasi yang mendukung dengan produk yang ditawarkan. Sebagai contoh, jika membuka usaha rumah makan, kamu bisa memilih lokasi yang berdekatan dengan kampus dan kantor.

Baca juga: Bagaimana Peluang Usaha Kerajinan dari Bahan Limbah, Apakah Menguntungkan?

  • Peraturan Pemerintah

Peraturan pemerintah juga termasuk faktor penting yang patut diperhatikan oleh pengusaha saat memilih tempat usaha. Sebagai warga negara yang baik dan supaya usaha bisa berjalan lancar, kamu sebagai pengusaha harus taat terhadap peraturan pemerintah.

Sebagai contoh, rumah makan tidak boleh mengganggu lalu lintas di jalan umum (tidak menggunakan trotoar sebagai tempat parkir, dan lain-lain.). Berkaitan dengan peraturan pemerintah ini, kamu bisa mengurus Surat Izin Usaha (SIU) supaya bisnis bisa beroperasi dengan baik.

  • Persaingan

Sama seperti beberapa faktor lainnya, persaingan juga termasuk sebagai faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha. Selain memperhatikan akses, ekspansi, dan visibilitas, kamu juga harus memperhatikan persaingan yang mungkin terjadi.

Saat memilih lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat usaha, kamu harus memperhatikan persaingan yang ada di sekitar. Misalnya, jika membuka bisnis warung kelontong, maka kamu harus mempertimbangkan apakah lokasi yang dipilih ada warung kelontong lainnya atau tidak.

  • Ketersediaan Sumber Daya

Saat memilih lokasi untuk tempat usaha, kamu harus memperhatikan ketersediaan sumber daya yang dibutuhkan untuk mendukung keberlangsungan usaha. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena nantinya sumber daya turut berperan penting dalam kegiatan operasional usaha.

Baca juga: Wajib Tahu, ini Cara Membuat Izin Usaha Mikro Kecil yang Simpel!

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan lokasi usaha yang patut dipertimbangkan oleh kamu selaku pengusaha. Semoga informasi ini bisa membantu kamu untuk lebih mudah memilih lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat usaha.

Leave a Reply