Blog

Nggak Perlu Berlarut-larut, Berikut 5 Cara Menghilangkan Rasa Kecewa karena Gagal!

danain-Cara menghilangkan rasa kecewa karena gagal-gambar seseorang sedang kecewa

Cara menghilangkan rasa kecewa karena gagal

Banyak orang kesulitan mencari cara menghilangkan rasa kecewa karena gagal. Sebab, setiap orang memiliki kemampuan mengatasi masalah yang berbeda-beda.

Seperti kata pepatah, “Roda selalu berputar” yang memiliki arti bahwa hidup tak selamanya berada di atas. Layaknya sebuah roda, kehidupanmu di hari ini bisa jadi berada di titik teratas, namun ada kalanya ia akan berada di titik terendah juga.

Salah satunya adalah ketika kamu dihadapkan pada suatu kegagalan. Entah karena pendidikan, karier, atau bisnismu yang tidak berjalan dengan lancar.

Kegagalan jadi salah satu momen yang terbilang tabu di kalangan masyarakat kita. Kamu mungkin kerap merasa sedih hingga malu jika mengalami fase ini dalam hidup. Apalagi jika kegagalan itu diketahui oleh orang-orang di sekitarmu, kamu akan merasa bahwa itu adalah sebuah aib yang tak selayaknya diketahui banyak orang.

Kamu akan mulai menyalahkan diri sendiri, hingga merasa kecewa pada diri sendiri. Tak sedikit pula orang yang menjadi banyak berdiam diri setelah mengalami kegagalan. Rasa kecewa membuatnya banyak memikirkan hal-hal negatif yang akan berdampak buruk pada menurunnya produktivitas dan semangat hidup.

Rasa kecewa karena sebuah kegagalan itu memang wajar, namun hal ini bisa berdampak buruk jika rasa kecewamu tak kunjung hilang dan menghalangi kamu untuk melanjutkan fase hidup yang lain.

Baca juga: Jangan Menyerah, ini 8 Jurus Jitu untuk Bangkit dari Kegagalan!

Bukan hal yang mudah untuk menghilangkan rasa kecewa karena gagal dan menemukan langkah-langkah yang cocok untuk dirimu berdamai dengan kegagalan yang telah terjadi.

Meski tidak mudah, kamu dapat melakukannya secara perlahan. Berikut beberapa cara menghilangkan rasa kecewa karena gagal yang akan membuatmu jadi orang dan pribadi yang lebih baik dan lebih kuat.

  1. Terima kegagalan dan hadapi kenyataan

Menerima kegagalan tentu bukan hal yang mudah. Namun, daripada harus terus menerus terpuruk dalam lubang yang sama, bukankah sebaiknya kamu bangkit dan belajar dari kesalahan yang sudah berlalu?

Meratapi kegagalan tidak akan mengubah takdir di masa lampau, tapi kamu masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki apa yang akan datang. Untuk itu, belajarlah bersikap legowo dan jadikan kegagalan sebagai guru untuk mencapai kesuksesan yang kamu dambakan.

  1. Biarkan dirimu bersedih atas kegagalanmu

Jadikan kesedihan sebagai hal yang wajar dalam tahap menerima kegagalan. Wajar jika kamu merasa sedih, kesal, malu, dan lain sebagainya.

Baca juga: Akrab dengan Kegagalan, Ini Kisah Hidup Jack Ma yang Sangat Inspiratif!

Yang tidak wajar adalah jika kamu terus menerus menyalahkan diri sendiri, sedangkan kegagalan bukanlah hal yang kita rencanakan dalam hidup. Kamu hanya bisa mengantisipasi kegagalan serupa terjadi di masa mendatang.

  1. Jangan terjebak dalam kesedihan

Jika sudah merasa cukup dengan bersedih dan menangis karena kegagalan, kamu harus kembali melanjutkan hidup.

Dalam fase ini, kamu harus mulai mendistraksi dirimu dengan berbagai kegiatan yang baru dan rutinitasmu. Kamu harus memulai harimu seperti biasanya, namun selipkan beberapa kegiatan baru yang akan membuat pikiranmu tetap sibuk dan menjauhkanmu dari perasaan sedih yang berlarut-larut.

  1. Renungkan penyebab kegagalanmu

Cara menghilangkan rasa kecewa karena gagal yang paling ampuh untuk pengembangan dirimu adalah merenungkan penyebabnya. Bisa jadi dari berbagai faktor yang bukan hanya datang dari dirimu.

Penyebab kegagalanmu bisa berasal dari berbagai macam faktor, baik internal maupun eksternal. Berusaha renungkan baik-baik apa saja faktor yang menyebabkan kegagalanmu.

Pada tahap ini, hentikan menyalahkan dirimu sendiri. Kamu harus bisa mengevaluasi dirimu, menjadikan kegagalan itu sebagai pelajaran yang akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik di masa depan.

  1. Berikan dirimu kesempatan dengan cara yang baru

Kegagalan datang bisa jadi karena kamu salah langkah metode dalam menggapai tujuan yang telah kamu rencanakan. Jangan pernah takut untuk mencoba dengan cara dan pendekatan yang baru.

Baca juga: Sering Tertukar, Inilah Perbedaan Efektif dan Efisien yang Perlu Kamu Tahu!

Berikan tubuh dan pikiranmu untuk beristirahat dan meningkatkan kemampuanmu sebagai penunjang dari cara untuk memperbaiki kegagalan yang telah kamu dapatkan. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang yang lebih ahli dalam bidangnya untuk mencari jawaban terkait kegagalan yang sudah kamu alami sebelumnya.

Itulah beberapa cara menghilangkan rasa kecewa karena gagal yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply