Blog

Sering Tertukar, Inilah Perbedaan Efektif dan Efisien yang Perlu Kamu Tahu!

Danain-Perbedaan_efektif_dan_efisien-gambar orang rapat

Perbedaan efektif dan efisien

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tentu sering mendengar seseorang melontarkan kata efektif dan efisien. Namun, tahukah kamu jika kedua kata tersebut punya makna yang berbeda?

Pada penerapannya, banyak orang yang sering tertukar saat menggunakan kata efektif dan efisien. Alasannya, mungkin karena kedua kata tersebut merujuk pada cara melakukan suatu pekerjaan dengan baik dan jika dilihat secara sekilas, kedua kata itu tidak jauh berbeda dari segi penulisannya, yakni sama-sama diawali dengan huruf “e” dan terdiri dari 7 huruf.

Meski begitu, efektif dan efisien tetap saja merupakan dua kata yang berbeda makna, sehingga jika disebutkan tidak sebagaimana mestinya, si penerima informasi akan mengartikannya dengan berbeda pula. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan efektif dan efisien agar penerapannya tidak salah tempat.

Berikut perbedaan efektif dan efisien, sebagaimana dikutip dari laman Merdeka.com:

Merujuk pada KBBI daring Kemendikbud, efektif dapat diartikan sebagai membawa hasil atau berhasil guna jika terkait dengan usaha atau tindakan. Efektif juga bisa dimaknai dengan tercapainya berbagai sasaran yang ditentukan tepat pada waktunya dengan menggunakan sumber-sumber tertentu yang sudah dialokasikan untuk melakukan suatu kegiatan.

Baca juga: Ini Dia, Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral yang Perlu Kamu Tahu!

Sedangkan efektivitas adalah tentang melakukan tugas yang benar, menyelesaikan suatu aktivitas, atau mencapai tujuan. Dalam hal ini, fungsi efektif adalah sebagai kata sifat dan didefinisikan memiliki efek yang diinginkan.

Berikut contohnya:

“Saya gagal dalam ujian terakhir. Saya perlu mengembangkan kebiasaan belajar yang lebih efektif.”

Perlu kamu tahu, kata efektif berfokus pada apakah sesuatu tercapai atau tidak. Kata efektif tidak berfokus pada bagaimana suatu hal dilakukan, melainkan jika itu berhasil dilakukan.

Bagaimana dengan kata efisien?

Masih menurut KBBI daring Kemendikbud, kata efisien memiliki arti tepat atau sesuai dalam mengerjakan (menghasilkan) sesuatu dengan tidak membuang-buang waktu, tenaga, atau biaya. Efisien bisa dibilang berfokus pada bagaimana sesuatu dilakukan. Misal: apakah dilakukan dengan sedikit pemborosan atau malah banyak biaya.

Baca juga: Wajib Paham, ini Perbedaan antara Kartu Debit dan Kartu Kredit!

Adapun efisiensi adalah tentang melakukan sesuatu hal dengan cara yang optimal. Misal: mengerjakan sesuatu dengan cara tercepat atau dengan cara yang paling murah. Keputusan ini mungkin saja tidak tepat atau bisa jadi hal yang salah, tapi tetap dilakukan dengan optimal.

Efisien juga berfungsi sebagai kata sifat. Umumnya, kata efisien didefinisikan sebagai bertindak atau memproduksi sesuatu secara efektif dengan pemborosan, biaya, atau usaha yang tidak perlu.

Berikut contohnya:

“Kami kehilangan banyak pendapatan. Kami butuh alat produksi yang lebih efisien.”

Efisien dalam hal ini punya konotasi ekonomi yang sangat kuat. Meski begitu, efisien juga bisa diartikan sebagai sebuah tindakan langsung untuk menghasilkan suatu efek. Dalam pengertian ini, sesuatu yang efisien adalah sesuatu yang menimbulkan perubahan dimulai atau dihentikan.

Contoh: Dalam kasus lukisan. Orang yang membelai kuaslah yang menyebabkan terjadinya perubahan. Di sini, sang pelukis akan disebut sebagai penyebab yang efisien.

Baca juga: Ingin Bebas Finansial? Ketahui Dulu Perbedaan Mendasar Pendapatan Aktif dan Pendapatan Pasif!

Masih bingung dengan perbedaan efektif dan efisien? Tenang, berikut kami berikan lagi contohnya agar semakin jelas!

Kita ambil contoh tentang pembicara publik. Simak baik-baik kalimat di bawah ini!

“Pemuda itu adalah pembicara publik yang sangat efektif.”

Kalimat di atas memiliki makna bahwa pembicara publik tersebut adalah seseorang yang meyakinkan atau persuasif, seseorang yang pembicaraannya mudah dipahami, atau seseorang yang pembicaraannya dapat diterima.

“Pemuda itu adalah pembicara publik yang efisien.”

Kalimat di atas memiliki makna bahwa pembicara publik tersebut adalah seseorang yang mengatakan apa yang perlu dikatakan dan tidak lebih. Ia adalah orang yang langsung ke inti pembicaraan dan tak membuang waktu untuk basa-basi.

Bagaimana, mudah bukan untuk memahami perbedaan efektif dan efisien?

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply