Blog

Terungkap, ini 5 Alasan Mengapa Orang Menggunakan Emas untuk Perhiasan!

danain-Mengapa Orang Menggunakan Emas untuk Perhiasan-gambar perhiasan emas

Mengapa Orang Menggunakan Emas untuk Perhiasan

Minat masyarakat terhadap perhiasan emas tak pernah lekang oleh waktu. Alasannya sederhana, emas dianggap sebagai sesuatu yang berharga, di mana punya harga relatif stabil, bahkan cenderung naik dari waktu ke waktu. Selain alasan tersebut, tahu kah kamu mengapa orang menggunakan emas untuk perhiasan?

Eksistensi emas telah diakui di mana-mana sejak zaman dahulu, bahkan ribuan tahun silam. Selain digunakan sebagai mata uang, emas juga dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuat perhiasan, sehingga tak heran jika banyak orang berlomba-lomba mengumpulkan emas dengan tujuan menyimpan nilai uang yang dimiliki.

Jika dibanding perak atau tembaga, emas dinilai lebih istimewa karena bahannya yang lebih kuat. Emas tak mudah hancur, sehingga bisa mempertahankan kemurniannya dalam waktu lama.

Menurut kabar, jika emas dikubur selama ribuan tahun lalu digali kembali, maka emas akan tetap kokoh dan tidak rusak. Ini tentu berbanding terbalik dengan besi yang mudah karat.

Baca juga: Banyak yang Penasaran, Gelang Emas Patah Apa Bisa Disambung?

Lebih lanjut, emas juga tidak mudah larut dengan cairan pelarut dan bisa dengan mudah dilapiskan ke logam lain untuk memberikan nilai tambah. Adapun alasan lain kenapa emas berharga adalah karena sifatnya yang sulit ditemukan. Kita bisa sama-sama lihat, ada berapa jumlah tambang emas yang ada di dunia ini. Jumlahnya tentu bisa dihitung dengan jari.

Bicara emas sebagai komoditas, pernah kah terbesit di pikiran kamu tentang, mengapa orang menggunakan emas untuk perhiasan? Usut punya usut, ternyata ada sejumlah alasan psikologis yang melatarbelakanginya, antara lain:

Simbol kekayaan

Alasan pertama, emas sudah sejak lama dianggap sebagai simbol kekayaan bagi seseorang. Dengan menggunakan perhiasan emas, seseorang bisa tampil lebih elegan dan percaya diri.

Cerminan kualitas diri

Sebagian orang mengukur kualitas diri mereka dari perhiasan emas yang diberikan oleh seseorang, misalnya kekasih. Sering kali, pemberian perhiasan tersebut akan mencerminkan sejauh mana seseorang percaya bahwa dirinya pantas untuk mendapatkannya.

Baca juga: Investasi Emas Fisik Vs Emas Digital, Lebih Baik Mana?

Sebagai gambaran, jika seorang pria menghabiskan beberapa bulan gajinya untuk membeli cincin pertunangan, maka pasangan wanitanya akan tahu seberapa berharga dirinya di mata pria tersebut.

Tanda sebuah pencapaian

Alasan berikutnya mengapa orang menggunakan emas untuk perhiasan adalah sebagai tanda sebuah pencapaian. Dengan menggunakan perhiasan emas, seseorang secara tidak langsung telah menunjukkan kepada orang lain bahwa dirinya sudah mampu untuk membeli barang tersebut.

Makin besar ukuran emas yang dipakai, maka makin tinggi pula penilaian orang lain terhadap dirinya. Bagi sebagian orang, kondisi ini jadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Bentuk ekspresi kepribadian

Beberapa orang percaya bahwa memakai perhiasan emas merupakan bentuk ekspresi kepribadian diri yang memesona. Apalagi jika perhiasan emas yang dipakai adalah model keluaran terbaru. Adapun ekspresi lain yang juga tercermin dari penggunaan perhiasan emas adalah keandalan, kekuatan, dan kestabilan.

Baca juga: 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Ingin membuat kesan

Yang terakhir, seseorang menggunakan perhiasan emas karena ingin membuat kesan bagi orang lain. Contoh nyatanya bisa kita lihat dalam kehidupan sehari-hari.

Saat kita melihat seseorang menggunakan perhiasan emas yang memukau, kita pasti menoleh dan membuat kesan bahwa orang tersebut adalah orang yang mapan. Sejalan dengan itu, kita juga akan merasa kagum dengan penampilan orang tersebut.

Bagaimana, sudah paham kan mengapa orang menggunakan emas untuk perhiasan? Semoga bermanfaat!

Leave a Reply