Blog

Menembus Awan, inilah 10 Gedung Tertinggi di Dunia!

danain-Gedung tertinggi di dunia-gambar gedung tertinggi di dunia

Gedung tertinggi di dunia

Gedung pencakar langit kerap jadi icon sebuah negara. Lantas, apa saja gedung tertinggi di dunia?

Sejumlah negara berlomba-lomba membangun gedung pencakar langit yang mengagumkan. Tujuan didirikannya bermacam-macam, namun yang paling umum adalah digunakan sebagai hotel, apartemen, pusat bisnis, hingga pusat perbelanjaan.

Berikut kami beberkan 10 gedung tertinggi di dunia, seperti dikutip dari laman Kompas.com:

  1. Burj Khalifa

Siapa yang tak kenal Burj Khalifa? Ya, inilah pemegang rekor gedung tertinggi di dunia!

Berada di pusat kota Dubai dengan ketinggian 828 meter, proses pembangungan Burj Khalifa memakan waktu yang cukup lama, sejak 2004 hingga 2010. Total lantai di gedung tersebut mencapai 163 dan untuk meningkatkan stabilitas bangunan, Burj Khalifa memiliki desain dengan tepian yang menonjol untuk memotong angin.

  1. Shanghai Tower

Di urutan kedua ada Shanghai Tower di China. Tingginya mencapai 631 meter. Dibangun pada tahun 2015 silam, gedung ini berfungsi sebagai kantor dan tempat rekreasi. Fakta menariknya, kecepatan lift di Shanghai Tower sangat luar biasa, bisa mencapai 20,5 meter per detik.

Baca juga: 5 Negara dengan GDP Tertinggi di Dunia, Apa Saja?

  1. Makkah Royal Clock Tower

Gedung tertinggi di dunia yang selanjutnya adalah Makkah Royal Clock Tower. Berada di kota Mekah, Arab Saudi, gedung ini punya ketinggian mencapai 601 meter. Dana yang digelontorkan untuk membangun Makkah Royal Clock Tower cukup fantastis, yakni 15 miliar dolar AS atau sekitar Rp 215,5 triliun.

  1. Ping An Finance Center

Terletak di Shenzhen, China, Ping An Finance Center selesai dibagun pada tahun 2017 lalu. Menjulang tinggi sekitar 598 meter, gedung ini diperuntukkan untuk banyak fungsi, mulai dari kantor, hotel, hingga pusat perbelanjaan.

  1. Lotte World Tower

Berikutnya ada Lotte World Tower di Korea Selatan. Memiliki tinggi sekitar 554 meter, gedung berlapis baja ini punya desain yang melengkung dan memakai kaca sebagai bentuk penghormatan pada sejarah keramik di negara tersebut.

  1. One World Trade Center

Gedung setinggi 541 meter yang berlokasi di New York, Amerika Serikat, ini didominasi oleh kantor. Memakan biaya yang sangat besar, gedung ini rampung dibangun pada tahun 2014 lalu. Sekadar informasi, One World Trade Center jadi gedung paling tinggi di Negeri Paman Sam.

Baca juga: Daftar Negara dengan Pajak Tertinggi di Dunia, Ada yang Sampai 50%!

  1. Tianjin CTF Finance Centre

Di daftar selanjutnya ada Tianjin CTF Finance Centre di China. Selesai dibangun pada tahun 2019 lalu, gedung yang berfungsi sebagai kantor, hotel, dan apartemen ini punya tinggi mencapai 530 meter.

  1. Guangzhou CTF Finance Centre

Guangzhou CTF Finance Centre selesai dibangun pada tahun 2016 lalu. Memiliki tinggi 530 meter, gedung ini punya 111 lantai di atas tanah dan 5 lantai di bawah tanah.

  1. CITIC Tower

CITIC Tower yang berlokasi di Beijing, China, punya tinggi sekitar 527 meter. Dikenal juga dengan nama China Zun, gedung ini jadi yang paling tinggi di Beijing dengan total lantai mencapai 109.

  1. Taipe 101

Gedung tertinggi yang ke sepuluh adalah Taipe 101, letaknya di Taiwan. Dikenal dengan nama awal Taipe World Financial Center, gedung ini punya tinggi sekitar 508 meter.

Baca juga: Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia Tahun 2021

Untuk diketahui, Taipe 101 sempat menjadi gedung tertinggi di dunia hingga muncul Burj Khalifa. Rampung dibangun pada tahun 2004, gedung perkantoran ini punya lantai mencapai 101, sesuai namanya.

Ya, itulah 10 gedung tertinggi di dunia yang sangat menakjubkan. Dari sederet gedung tersebut, manakah yang menurutmu paling keren?

Leave a Reply